Saham yang sedang turun

Tak Perlu Panic, Ini 8 Tips Jitu Hadapi Saham yang Sedang Turun

Pandemi telah berdampak negatif pada hampir semua sektor termasuk di sektor pasar modal, akibatnya banyak pasar yang mengalami kinerja tidak, hampir semua kompak mengalami penurunan grafik.

Hal ini tentu saja membuat banyak Investor merasa khawatir terlebih dahulu bagi mereka yang telah mengalokasikan dana yang cukup besar di pasar modal, kondisi ini semakin rumit karena tidak ada jawaban pasti kapan semua akan kembali normal.

Analisis para memperkirakan bahwa pasar saham akan kembali turun dan beberapa seperti yang diperkirakan memerah, seperti emiten perbankan, ritel, hingga jalan tol.

Lantas, bagaimana kiat-kiat yang bisa dilakukan investor ketika mengalami situasi tertentu seperti ini agar tetap bisa meraih keuntungan?

Kamu tak perlu risau, Investasimuda.com telah merangkum dari berbagai sumber mengeai beberapa tips yang harus dilakukan ketika saham turun seperti saat ini. Simak ulasannya berikut ini!

Factor Naik Turunya Harga Saham

Sebelum kamu menyikapi ketika saham sedang turun kamu harus tahu dulu faktor yang menyebabkan naik turunya harga saham, karena ketika kamu tahu faktornya maka kamu akan lebih bijaksana dalam memutuskan.

Dikutip dari ojk.go.id faktor yang mempengaruhi naik dan turunya harga saham terbagi menjadi 2 faktor yaitu internal dan eksternal.

Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam perusahaan. Sementara faktor eksternal adalah faktor yang bersumber dari luar perusahaan.

Faktor Eksternal:

  • Kondisi Fundamental Ekonomi Makro
  • Tingkat fluktuasi Rupiah Terhadap Mata Uang Asing
  • Kebijakan Pemerintah
  • faktor panik
  • Faktor Manipulasi Pasar

Faktor internal:

  • Faktor Fundamental Perusahaan
  • Aksi Korporasi Perusahaan
  • Proyeksi Kinerja Perusahaan Pada Masa Mendatang

Tips Atasi Saham Turun dan Sedang Turun

sahamturun

1. Tenang dan Lihat Perkembangan Investasi

Hal yang pertama ketika saham kamu anjlok adalah kendalikan diri agar tidak panik, namun kamu harus bisa mangalahkan rasa panik tadi dengan beberapa cara seperti berkonsultasi dengan rekan yang sudah berpengalaman dan membuat tubuh serilek mungkin.

BACA JUGA:   5 Tips Memulai Use for Karyawan dengan Sampoerna, Plafon hingga Rp25 Miliar!

Karena ketika kamu kalah dalam mengatasi panic kamu bisa mengalami kerugian yang bertambah banyak.

Contohnya saja ketika rasa panik datang dan kamu tidak bisa mengendalikannya dengan baik, maka kamu bisa saja mengambil keputusan yang justru bisa menjadi masalah baru, maka kendalikan rasa panik tadi dan lawanlah.

Saat ini kamu harus bisa tenang sebagai seorang Investor, situasi seperti ini sebenarnya merupakan salah situ risk yang harus bisa kamu kelola dengan baik karena jika kamu bisa lolos dari masalah ini kamu jadi seorang Investor yang matang.

Dalam kondisi seperti ini lebih baik kamu fokus dengan solusi dan selalu mengikuti perkembangan saham cari tahu informasi mengeai perkembangan investasi saham di beberapa hari ke depan.

2. Jangan langsung dicairkan

sebagian investor khususnya bagi pemula ketika menghadapi masalah yang sedang turun langsung mencari dananya, sedangkan jika dilakukan kamu akan mengalami kerugian.

Lebih baik kamu coba tahan dulu danamu dan lihat berkembangan secara berkala, saham bersifat cair, harga saham saja bisa turun drastis namun juga bisa sebaliknya. Jadi coba tahan dulu ya!

Karena ketika saham yang kamu koleksi tiba-tiba naik drastis maka kamu akan mendapatkan keuntungan berlipat yang akan menambah pemasukanmu.

3.Kaji Anggaran Keuangan Kembali

Ketika saham yang kamu koleksi turun satu hal yang perlu kamu lakukan adalah mengkaji anggaranmu kembali. Hal ini harus kamu lakukan karena akan berpengaruh pada keputusan yang akan kamu ambil.

Ketika evaluasi anggaran dilakukan kamu juga harus bisa hidup hemat, dan segeralah pisahkan pos-pos pengeluaran penting seperti kebutuhan pokok dan mungkin cicilan serta biaya kebutuhan lainnya.

Jika hasil evaluasi uang kamu masih aman untuk memenuhi kebutuhan, setidaknya meski saham sedang menurun kamu masih bisa tenang menghadapi situasi seperti ini, jikapun hasil evaluasi keadaan keuangmu buruk, setidaknya kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan.

BACA JUGA:   Xiaomi menghadirkan robot berkaki empat yang terinspirasi bio "CyberDog" di India

4. Ingat Tujuan Jangka Panjang Investasi Saham

Pada dasarnya investasi merupakan investasi jangka panjang, maka tujuan ketika saham turun kembali ingat tentang awal investasi yang kamu lakukan.

Dengan Begitu, Apapun Kondisi Saham Baik Sedang Turun Maupun Naik, Kamu Akan Bertahan dan Tetap Melanjutkan Investasi Saham. Hanya saja, kamu tetap perlu melakukan pematauan perkembangan secara berkala.

5. Meskipun Sedang Menabung

Investasi saham yang disimpan, untuk sekarang kamu bisa berinvestasi saham dengan uang 100 ribu saja, maka dianggap saja kamu sedang menyimpan sehingga yang kamu alami tidak meningkat ketika nilai saham sedang turun.

Percaya bahwa investasi merupakan cara terbaik untuk menabung karena terdapat pelbagai keuntungan seperti deviden dan capital gain yang tidak bisa kamu peroleh dari cara menabung konvensional.

6. Saham Turun Manfaarkan Beli Saham Fundamental

Saham sedang turun bagi sebagian investor bisa menjadi ladang untuk menambah koleksi saham yang diincar. Karena siapa tahu di kemudian hari nilai saham akan kembali naik yang mebuat kamu justru mendapat untung besar dengan harga beli saham yang murah.

Namun jangan juga memilih saham yang dipilih perusahaan yang fundamental bagus, kredibel dan terbukti berhasil mengatasi krisis ketika mereka turun.

Pada saat seperti ini kamu harus memilih dengan jeli saham murah yang mungkin akan cepat naik. Maka jika Anda ingin membeli, belilah saham perusahaan terpercaya seperti BUMN dan sebaginya

Pilih saham blue chip atau LQ45 untuk lebih jelasnya kamu bisa membaca daftarnya dari situs PT. Bursa Efek Indonesia.

7. Sabar dan Tingkatkan Ilmu Investasi Saham

Tidak ada yang bisa kamu lakukan lagi selain sabar dan tingkatkan pengetahuan investasi ketika kondisi pasar sedang lesu.

BACA JUGA:   Realme meluncurkan smartphone GT Neo 3T pada 7 Juni: ini semua detailnya

Naik Turunnya Harga Saham Adalah Kondisi Sangat Wajar, Maka Sangat Penting, Bagi Setiap Investor Saham untuk Menanamkan Kesabaran Dalam Diri Jika Ingin Mendapatkan Keuntungan Yang Diinginkan dan Mencapai Tujuan Jangka Panjang.

Tidak hanya sabar sebagai seorang investor juga wajib meningkatkan ilmu pengetahuan tentang dunia investasi, tidak usah bingung di zaman seperti sekarang kamu bisa dengan mudah mendapatkan ilmu itu di blog investasi atau berbagi dengan seseorang yang sudah berpengalam di dunia saham.

8. Biarkan opsi lain terbuka

jika yang mungkin berbeda harus terjadi pada keterampilan yang kamu miliki jika harus mengambil pekerjaan yang atau memulai pekerjaan baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Opsi ini bisa kamu ambil ketika kondisi sahammu kian hari kian turun dan kamu sudah tidak memiliki keyakinan serta gairah untuk melanjutkan investasi di dunia saham.

kesimpulan

Tidak mudah memutuskan dalam keputusan ketika saham terus terkoreksi turun, namun kamu harus tetap tenang dan bisa mengedalikan diri serta ingat tujuan awal kamu berinvestasi saham.

Bahwa naik dan turunya harga saham adalah hal yang lumrah, dan yang perlu digaris bawahi segala macam bentuk investasi tidak ada yang tanpa risiko. Dan segala risiko itu harus bisa kamu taklukan dengan terus belajar serta tak sungkan untuk mau berbagi dengan teman yang sudah berpengalam.

Itulah 8 tips yang bisa kamu lakukan ketikah saham sedang turun, tips tersebut disesuaikan dengan tujuan dan nahginan kamu dalam melakukan investasi, semoga bermanfaat dan salam cuan!

Baca juga: Deretan Saham Yang Paling Banyak Diminati Investor