Blockchain scheme

What Is Blockchain – R Blog

Artikel hari ini dikhususkan untuk teknologi blockchain: sejarahnya, nuansa pekerjaan, jenis utama dan bidang aplikasi – semua jawaban utama akan diberikan.

Apa ide dari blockchain

Blockchain adalah database digital yang diakses sebagian besar pengguna secara online. Ini adalah daftar informasi digital terdistribusi yang tidak dapat diubah yang berisi, antara lain, data tentang transaksi.

Teknologi ini menulis data dalam blok khusus yang terkait erat. Setiap blok rantai memiliki wadah khusus untuk penyimpanan data yang menutup saat penuh dan mengikat ke blok yang diterima sebelumnya, menciptakan rantai.

Setiap blok dalam rantai diberi cap waktu yang akurat saat ditambahkan ke rantai. Selama setiap blok berisi informasi tentang yang sebelumnya, rantai berisi informasi tentang setiap operasi yang pernah dilakukan pada database.

Blok yang ada tidak dapat dihapus atau diedit – hanya blok baru yang dapat ditambahkan. Keunikan ini membuat tidak mungkin untuk meretas dan mengedit isi register.

Skema Blockchain
Skema Blockchain

Kapan dan bagaimana blockchain muncul

Teknologi seperti blockchain pertama diusulkan oleh seorang kriptografer David Chaum pada tahun 1982. Pada tahun 1991, dasar-dasar blockchain dijelaskan dalam sebuah artikel oleh Stuart Haber dan Scott Stornetta. Mereka memperkenalkan solusi komputer khusus untuk dokumen digital dengan cap waktu sehingga file tidak dapat diedit lagi setelahnya.

Pada tahun 2004, seorang programmer dan aktivis crypto, Hal Finney, menciptakan sebuah algoritma yang disebut RPoW (Reusable Proof of Work). Teknologi ini menjadi populer dalam sistem cryptocurrency.

Pada tahun 2008, teknologi blockchain membantu menciptakan Bitcoin. Penciptanya diyakini adalah seseorang atau sekelompok orang dengan nama samaran Satoshi Nakamoto. Penerima bitcoin pertama adalah Hal Finney: pada 12 Januari 2009, Satoshi Nakamoto mengiriminya 10 BTC.

Cara kerja blockchain

  • transaksi adalah pertukaran data antara dua orang. Semua transaksi dalam jaringan (penyetoran dan penarikan uang) memiliki nomor 256-bit unik yang disebut “hash”. Biasanya terlihat seperti kombinasi acak dari huruf dan angka. Urutan hash yang dihubungkan bersama membentuk rantai yang aman dan saling berhubungan.
  • konfirmasi adalah proses verifikasi kepatuhan transaksi dengan protokol. Transaksi diverifikasi di node. Setelah validasi berhasil, transaksi ditulis dalam blok.
  • penyelidikan adalah kontrol data dalam satu blok. Sebelum blok ditautkan ke rantai, algoritme memeriksanya untuk pengeditan sebelumnya. Aturan dengan mana pemeriksaan dilakukan disebut konsensus.
  • Pertambangan adalah proses “memecahkan persamaan” (membuat blok baru) dengan pemilihan variabel. Algoritma ini disebut Proof of Work.
  • Perlindungan menghapus blok yang diproses dari rantai. Perubahan pada satu blok mengakibatkan perubahan pada semua blok berikutnya. Sistem mengenalinya dengan cepat dan bereaksi sesuai dengan itu.
skema transaksi
skema transaksi

Apa jenis blockchain yang ada?

  • Publik Blockchain adalah jaringan komputer terdesentralisasi terbuka yang tersedia bagi siapa saja yang ingin mengklaim atau mengonfirmasi transaksi. Penambang yang mengkonfirmasi transaksi diberi imbalan untuk melakukannya.
  • Pribadi Blockchain adalah sistem tertutup dengan akses terbatas. Untuk masuk ke sistem, Anda memerlukan izin dari administrator sistem. Blockchain semacam itu biasanya dikelola hanya oleh satu objek, yaitu terpusat.
  • konsorsium Blockchains menggabungkan tipe publik dan pribadi. Proses pemungutan suara dilakukan oleh beberapa orang terpilih dengan hak yang sama. Misalnya, konsorsium 10 bank setuju untuk menganggap blok-blok tersebut valid yang memiliki multi-signature minimal 5 bank.

Di mana blockchain digunakan

Sistem ini secara aktif berkembang dan mengakar di berbagai bidang ekonomi:

  • cryptocurrency,
  • NFT,
  • sektor perbankan dan keuangan,
  • Bursa saham,
  • industri permainan,
  • keamanan cyber,
  • sistem pemilu dalam pemilu.

intinya

Blockchain adalah teknologi pemrosesan data untuk memproses, menyimpan, dan mengirim data. Setiap hari menikmati permintaan yang terus meningkat. Sistem ini dibuat sejak lama, tetapi mulai berkembang setelah cryptocurrency muncul dan menjadi populer. Saat ini, blockchain telah menjadi arus utama dan terintegrasi ke berbagai bidang masyarakat dan sektor ekonomi global.

Bahan disiapkan oleh

Trading di pasar keuangan sejak 2004. Pengetahuan dan pengalaman yang dia peroleh merupakan pendekatannya sendiri terhadap analisis aset, yang dengan senang hati dia bagikan dengan pendengar webinar RoboForex.

BACA JUGA:   Emergency in US: Solar Energy Attracts Attention Again - R Blog