How to Buy NFTs – R Blog

NFT, atau Non-Fungible Token, adalah tautan baru dalam rantai evolusi cryptocurrency. Ini adalah aset digital unik yang dapat berupa karya seni atau musik, klip dari film, animasi atau game olahraga, item game, dll.

Masing-masing token ini ditulis dalam blockchain di bawah ID unik dengan metadata – inilah yang membuat file tersebut tidak dapat dipertukarkan. Hari ini artikel dikhususkan untuk detail pasar NFT: bagaimana dan di mana membeli token, dan detail bekerja pada platform perdagangan dan dengan dompet kripto.

Dimana untuk membeli NFT

Saat ini ada banyak pasar di mana seseorang tidak hanya dapat membeli tetapi juga menjual NFT. Namun, setiap platform memiliki aturan dan batasannya sendiri.

Sebagian besar pasar didasarkan pada blockchain Ethereum. Perbedaan dapat ditemukan dalam kebanyakan kasus dalam format file dan harga NFT. Biasanya, detail ini penting bagi pembuat konten, bukan pembeli.

jenis platform

  • platform perdagangan massal. Ini biasanya sumber daya terbesar di mana NFT tersedia. Salah satu contohnya adalah pertukaran OpenSea, yang didirikan pada tahun 2017 dan merupakan salah satu platform besar pertama di dunia.
  • pasar terbuka. Ini adalah sumber daya gratis yang tersedia untuk semua orang. Konten di sana berbeda dalam kualitas dan topik, karena dapat dibuat lagi oleh siapa saja.
  • Pasar Pribadi. Platform semacam itu melakukan pemilihan pembuat NFT yang akurat untuk memastikan reputasi dan katalog token tertentu. Contohnya adalah Super Langka.
  • platform game. Mereka ada berkat permainan komputer dan realitas virtual. Contohnya adalah Sorare, di mana Anda dapat bermain di liga sepak bola virtual, mengumpulkan kartu pemain sebagai NFT dan menggunakannya dalam kompetisi.
  • pasar olahraga. Ini adalah situs web populer yang memungkinkan pengguna membeli acara olahraga sebagai NFT. Contohnya adalah NBA Top Shot. Diluncurkan pada tahun 2020 dan sejak itu telah membeli lebih dari 2 juta NFT seharga lebih dari $300 juta.
  • pasar khusus. Mereka berspesialisasi dalam memperdagangkan satu jenis token, seperti B. Tweet, negara virtual masa depan, dan NFT spesial lainnya.

Dompet dan cryptocurrency mana yang harus dipilih

Setelah pengguna menemukan NFT yang diinginkan, sekarang saatnya untuk mendaftar di platform perdagangan dan menautkan dompet kripto mereka ke sana. Yang terakhir berfungsi untuk menyimpan crypto dengan aman dan merupakan bagian penting dari blockchain.

Sebelum memasang dan mengatur dompet, pastikan dompet itu mendukung mata uang kripto yang Anda perlukan untuk membeli token yang Anda inginkan. Biasanya, sebagian besar layanan NFT berbasis ETH dan menggunakan ETH sebagai alat pembayaran.

jenis dompet

  • peduli. Dompet semacam itu dibangun di fasilitas teknis pertukaran kripto. Jenis ini dianggap paling ramah pengguna dalam pengaturan. Keuntungan seriusnya adalah kemampuan untuk memulihkan akses jika kata sandi atau kunci hilang. Kerugian utama adalah keamanan yang rendah terhadap kemungkinan tinggi peretasan dan kehilangan uang Anda.
  • non-penahanan. Dompet ini dibuat di fasilitas teknis dari sumber daya terpisah yang tidak berafiliasi dengan pertukaran kripto. Keamanan adalah prioritas di sini. Kelemahannya adalah proses pemulihan akses yang rumit jika seseorang kehilangan kunci pribadinya atau frasa khusus dari kata-kata yang dibuat secara otomatis.
  • perangkat keras. Ini adalah perangkat terpisah yang terhubung ke PC dan jaringan khusus untuk operasi kripto. Jenis dompet seperti itu mahal dan sulit digunakan, tetapi menawarkan tingkat keamanan yang sangat tinggi. Hal ini terutama digunakan sebagai penyimpanan jangka panjang.

Cara membeli NFT

  • lelang. Ini adalah format perdagangan paling umum untuk NFT. Ada dua cara untuk mengatur lelang: Inggris dan Belanda. Yang pertama mengasumsikan bahwa setiap pengguna berikutnya menaikkan harga, sedangkan yang kedua mengasumsikan bahwa setiap pengguna berikutnya menurunkan harga. Dalam kedua kasus, siapa pun yang menawar harga tertinggi memenangkan tiket lotre.
  • tetes. Di sini, NFT dijual dengan harga minimum dalam waktu yang sangat singkat. Untuk berpartisipasi dalam drop, daftar di platform terlebih dahulu, setor akun Anda dan tunggu pengumumannya.
  • Harga pas. Di sini NFT diperdagangkan dengan harga tetap dan waktu tidak terbatas. Untuk pengguna, ini adalah cara termudah untuk membeli token independen, karena mereka tidak harus berpartisipasi dalam lelang dan membayar harga yang terlalu tinggi – atau menunggu penurunan.

Saat membeli NFT, ingatlah bahwa pasar membebankan komisi, jadi jumlah di dompet kripto Anda harus cukup untuk membayar token dan biaya komisi. Selain itu, tidak semua platform menunjukkan harga dalam USD, lebih memilih ETH.

Pikiran Akhir

Membeli NFT online tidak sesulit kelihatannya. Seseorang harus mendaftarkan dompet kripto, menyimpannya, mendaftar di pasar dan memilih NFT.

Para ahli memperkirakan bahwa pasar NFT akan tetap populer dan kapitalisasinya akan terus tumbuh. Namun, ada risikonya: tidak semua token juga bertambah – menemukan file yang cocok untuk diinvestasikan membutuhkan waktu. Pastikan juga transaksi dan penyimpanan aset Anda aman.

Bahan disiapkan oleh

analis keuangan dan pedagang yang sukses; lebih memilih instrumen yang sangat fluktuatif dalam praktiknya. Menyediakan webinar perdagangan harian dan draf materi pendidikan RoboForex.

BACA JUGA:   4 Stocks for Trading in Uncertainty - R Blog