R Blog

How to Trade Three Line Strike Candlestick Pattern – R Blog

Artikel ini dikhususkan untuk pola candlestick yang disebut Three Line Strike, jenisnya, prinsip pembentukannya dan cara menggunakannya dalam trading.

Bagaimana Three Line Strike terbentuk

Pola candlestick Three Line Strike tidak sering menjadi tamu di grafik harga. Itu muncul di tinggi/rendah lokal dalam tren naik/turun.

Polanya terdiri dari empat kandil: tiga kandil pertama memiliki badan berukuran sedang dan berwarna sama, sedangkan kandil keempat memiliki warna berbeda, menunjukkan inversi, dan badan besar yang sepenuhnya menutupi badan tiga kandil pertama.

Beberapa sumber menggambarkan ini sebagai pola kelanjutan tren, tetapi logika analisis kandil menunjukkan bahwa ini adalah pembalikan.

Artikel ini didasarkan pada pendekatan trader terkenal Thomas Bulkowski dan bukunya Encyclopedia of Candlestick Charts. Dia menganggap pola ini sebagai pola pembalikan: menurut penelitiannya, harga memiliki peluang 84% untuk berbalik arah setelah pola ini muncul di grafik.

Ketika pola muncul di grafik, itu berarti tren saat ini melemah karena telah menghadapi resistensi yang kuat. Lilin pembalikan besar, yang tubuhnya menutupi tiga lilin sebelumnya, memprediksi koreksi yang nantinya dapat berubah menjadi pembalikan nyata.

Saya akan mengatakan bahwa Three Line Strike adalah jenis pola engulfing yang telah dibahas sebelumnya di blog.

Jenis Serangan Tiga Garis

Bergantung pada tempat munculnya pola dan warna kandilnya, dua jenis serangan tiga garis dapat dibedakan – bullish dan bearish.

Serangan tiga baris yang bullish

Ini terbentuk setelah aksi harga naik di tertinggi grafik lokal. Ini terdiri dari tiga kandil putih dengan tubuh berukuran sedang dan satu kandil hitam besar yang tubuhnya menutupi ketiga kandil sebelumnya.

Kandil hitam besar berarti beruang telah mengambil inisiatif dan siap untuk melakukan serangan balik. Penurunan harga lebih lanjut berarti awal dari koreksi ke bawah. Penurunan harus dikonfirmasi oleh harga yang jatuh di bawah titik terendah terakhir dari pola candle bearish.

Serangan Tiga Garis Bullish pada grafik
Serangan Tiga Garis Bullish pada grafik

Serangan tiga garis bearish

Itu muncul dalam gerakan turun di posisi terendah grafik lokal. Ini terdiri dari tiga kandil bearish hitam dengan badan berukuran sedang dan satu kandil putih besar, yang badannya menutupi badan tiga kandil sebelumnya.

Lilin putih besar berarti bahwa sapi jantan telah berhasil mengatasi beruang dan siap untuk membalikkan harga. Pertumbuhan lebih lanjut dari harga mengarah ke awal koreksi ke atas. Pergerakan ke atas harus dikonfirmasi oleh pertumbuhan harga di atas harga tertinggi dari candle putih terakhir.

Serangan Tiga Garis Bearish pada grafik
Serangan Tiga Garis Bearish pada grafik

Cara menggunakan Serangan Tiga Garis dalam perdagangan

Pemogokan tiga garis harus diperdagangkan pada ekstrem lokal dari grafik harga setelah pergerakan naik atau turun sebelumnya. Namun, sebaiknya tidak digunakan di apartemen.

Gunakan periode dari H1 dan aset yang lebih besar dan sangat likuid: pasangan mata uang, saham, indeks saham, komoditas berjangka.

Contoh Penjualan dengan Serangan Tiga Garis Bullish

  • Setelah harga tumbuh, pola pemogokan tiga garis bullish terbalik muncul di tertinggi grafik lokal;
  • Masuki pasar dengan posisi jual tepat setelah harga mulai turun, khususnya jatuh di bawah rendahnya kandil hitam besar (keempat dalam pola);
  • Setelah memasuki pasar, Anda dapat menempatkan stop loss sedikit lebih tinggi dari tinggi pola;
  • Profit dapat diambil setelah harga menyentuh level support yang kuat atau sejalan dengan garis Fibonacci.
Jual dengan pemogokan tiga garis bullish
Jual dengan pemogokan tiga garis bullish

Contoh pembelian dengan Pemogokan Tiga Garis bearish

  • Setelah pullback, pola strike tiga garis bearish terbentuk di posisi terendah lokal pada grafik harga;
  • Masuki pasar setelah harga naik di atas tinggi kandil putih besar (keempat dalam pola);
  • Saat membuka posisi, tempatkan stop loss sedikit lebih rendah dari pola low;
  • Take profit setelah harga menyentuh level resistance kunci atau melalui garis koreksi Fibonacci.
Beli melalui Serangan Tiga Garis bearish
Beli melalui Serangan Tiga Garis bearish

intinya

Pola pemogokan tiga garis terbentuk setelah pergerakan turun atau naik dan memprediksi pembalikan harga. Dalam sumber tertentu, pola ini dianggap sebagai pola kelanjutan tren, tetapi Thomas Bulkowsli telah menunjukkan dalam penelitiannya bahwa kemungkinan pembalikan setelah pola ini terjadi adalah 84%.

Pola tersebut dapat digunakan untuk trading baik sendiri atau bersama-sama dengan alat dan indikator analisis teknis lainnya. Sebelum Anda benar-benar menggunakan Three Lines Strike, pastikan Anda melakukan backtest.

Pelajari lebih lanjut tentang pola kandil lainnya di artikel:

Bahan disiapkan oleh

Trading di pasar keuangan sejak 2004. Pengetahuan dan pengalaman yang dia peroleh merupakan pendekatannya sendiri terhadap analisis aset, yang dengan senang hati dia bagikan dengan pendengar webinar RoboForex.

BACA JUGA:   A Week in The Market: The US FOMC meeting, and inflation data from Europe and Australia (25.07–29.07) - R Blog