USDJPY Reaches 20-year Highs amid hawkish Federal Reserve

Kebijakan moneter yang cepat berbeda antara Federal Reserve dan Bank of Japan berubah menjadi pertempuran elang dan merpati karena USD/JPY mencapai tertinggi 20 tahun minggu ini.

USD terbang lebih tinggi dengan retorika hawkish setelah Presiden Federal Reserve St. Louis Bullard mengatakan dia mendukung kenaikan 0,75 persen dalam pedoman suku bunga untuk mengekang inflasi yang tinggi. Sebaliknya, Bank of Japan (BoJ) mempertahankan suku bunga jangka pendeknya di minus 0,1 persen.

Akankah BoJ terpaksa menaikkan suku bunga untuk mendukung yen? Seperti bank sentral AS, pembuat kebijakan Jepang menargetkan tingkat inflasi tahunan sekitar 2 persen dan inflasi korporasi lebih tinggi, yang berarti harga impor komoditas meroket. Di sisi lain, karena pelemahan yen, ekspor Jepang cenderung lebih cepat terjual, sehingga lebih kompetitif.

Terkait dengan hal ini, BoJ menjanjikan program pembelian obligasi pemerintah Jepang tanpa batas untuk mendukung yen dan memperkirakan pada pertemuan Maret bahwa “mengharapkan suku bunga kebijakan jangka pendek dan jangka panjang tetap pada level saat ini atau lebih rendah”. Pertemuan BoJ berikutnya adalah pada bulan Mei ketika akan menjawab pertanyaan apakah bank sentral dapat mempertahankan perkiraan suku bunga negatifnya mengingat hambatan inflasi saat ini.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang analisis fundamental? Daftar untuk webinar Laksamana!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Minyak mentah adalah akar penyebab semua sakit kepala akibat inflasi bagi para pembuat kebijakan moneter. Harga spot tetap tinggi dan ada kekhawatiran tentang berapa banyak harga yang mungkin naik ke depan di tengah tekanan ganda dari pemulihan dari COVID-19 dan konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.

Kebijakan moneter tetap menjadi tema utama minggu ini menjelang beberapa pidato Gubernur Bank of England Bailey, Ketua Federal Powell dan Presiden ECB Lagarde pada hari Kamis. GBP dan EUR berada di bawah tekanan dari USD yang lebih kuat dan mungkin ada lebih banyak pergerakan dalam pasangan mata uang jika Ketua Powell mendukung atau memperkuat retorika hawkish.

Berita pergerakan pasar yang harus diperhatikan oleh pedagang NZD muncul di kemudian hari dengan angka IHK kuartal pertama Selandia Baru yoy. Kiwi dapat bergerak melawan mata uang lain ketika angka harga terbaru dirilis. CPI diperkirakan akan masuk pada level 7,1 persen versus 5,9 persen sebelumnya dan – jika ekspektasi terpenuhi – Reserve Bank of New Zealand dapat bertindak untuk menaikkan suku bunga resminya lagi.

Tetap up to date dengan acara perdagangan terbaru di kalender Admirals Forex.

Berinvestasi dalam instrumen terbaik di dunia

Ribuan saham dan ETF di ujung jari Anda

MULAI INVESTASI

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.

BACA JUGA:   Federal Reserve, RNBZ In Focus, Global Growth Concerns Weigh