Asian Markets Wary Ahead of PBoC Rate Decision

Sentimen investor di pasar Asia berhati-hati dalam perdagangan semalam di tengah ketidakpastian atas keputusan suku bunga People’s Bank of China (PBoC) pada hari Rabu.

Awal pekan ini, China mengatakan pertumbuhan PDB untuk kuartal pertama lebih baik dari perkiraan 4,8 persen secara tahunan. Sentimen di ekonomi terbesar kedua di dunia itu tetap diliputi oleh wabah COVID-19 dan risiko dari konflik di Ukraina.

PBoC memangkas persyaratan rasio cadangan untuk bank-bank China sebesar 0,25 basis poin untuk mendukung pemulihan ekonomi negara itu, tetapi tanda tanya masih menggantung atas keputusan suku bunga yang akan jatuh tempo pada 20 April.

Dalam topik bank sentral lainnya hari ini, Presiden Swiss National Bank (SNB), Yordania, berbicara tentang kemungkinan implikasi pergerakan pasar untuk pasangan mata uang CHF. SNB dan PBoC tetap dovish pada suku bunga, tetapi Federal Reserve memerangi kebakaran inflasi yang sama dalam harga minyak mentah yang dapat menyebar ke ekonomi China dan Swiss. Pertanyaannya mungkin bukan jika, tetapi kapan SNB dan PBoC harus menaikkan suku bunga mereka sendiri untuk menjaga inflasi tetap terkendali.

Lebih banyak berita penggerak pasar datang minggu ini dari Kanada, yang akan merilis hasil inflasi Maret pada hari Rabu. Harga konsumen adalah 4,8 persen pada Februari dan diperkirakan akan berkisar sekitar 5 persen pada Maret. Kekecewaan atau kejutan di CPI Kanada dapat menggerakkan pasangan mata uang CAD.

Akhirnya, pada hari Rabu, Selandia Baru akan merilis angka IHK kuartal pertama tahun-ke-tahun. Inflasi diperkirakan telah meningkat menjadi 7,1% dari 5,9% pada pembacaan sebelumnya, mendorong Reserve Bank of New Zealand untuk menaikkan suku bunga resminya menjadi 1,5%. Berita hari Rabu bisa menggerakkan pasangan mata uang NZD.

BACA JUGA:   Trading News for Beginners Meaning of Fed's Target Interest Rate

Beberapa berita terbesar bagi investor pasar saham termasuk pendapatan kuartal pertama dari perusahaan besar Johnson & Johnson, Netflix dan Lockheed Martin Corp.

Berinvestasi dalam instrumen terbaik di dunia

Ribuan saham dan ETF di ujung jari Anda

MULAI INVESTASI

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.