10 Contoh Rencana Pemasaran dan Takeaways Utama (2022)

Apa kesamaan mendaki gunung, mengemudi ke rumah teman, dan menjalankan kampanye pemasaran? Masing-masing mengharuskan Anda untuk mengikuti instruksi dengan hati-hati.

Petunjuk arah adalah bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Digunakan dengan benar, mereka dapat mengarahkan proses pengambilan keputusan, membuat pekerjaan lebih efisien dan mencapai tujuan Anda secepat mungkin.

Tetapi jika Anda tidak memperhatikan petunjuknya, Anda mungkin akan dikenakan biayadan bukan hanya uang bensin. Dalam hal strategi pemasaran, kurangnya tujuan yang jelas memperlambat lalu lintas web, menyebarkan minat merek, dan membebani bisnis di Amerika Serikat. sebuah kekalahan $400 miliar tahun.

Merancang rencana pemasaran tentu bukan tugas yang mudah, tetapi dapat dibuat lebih mudah dengan praktik terbaik, kiat strategis, dan contoh nyata dari perusahaan sukses di seluruh dunia.




Apa itu rencana pemasaran?

Rencana pemasaran adalah dokumen strategis yang berfungsi sebagai panduan untuk kampanye dan strategi pemasaran. Peta jalan penting ini merinci di mana Anda berada, ke mana Anda akan pergi, dan bagaimana Anda berencana untuk sampai ke sana.

Itu rencana pemasaran rata-rata terdiri dari tujuh bagian utama:

  1. Menulis ringkasan
  2. Diskusi pernyataan misi
  3. Buat daftar tujuan pemasaran
  4. menjalankan analisis SWOT
  5. Penyelesaian riset pasar
  6. Desain strategi pasar
  7. Tetapkan anggaran

Semakin rinci rencana pemasaran, semakin efisien akan mencapai tujuannya.

Seperti yang Anda bayangkan, pemasar yang bersusah payah menulis rencana pemasaran yang konkret nikmati banyak manfaat:

  • Pemasar terorganisir 674% lebih mungkin untuk berhasil
  • Pengiklan yang menetapkan sasaran 377% lebih sukses daripada mereka yang tidak

Jelas bahwa rencana pemasaran yang sukses membuka jalan ke bentuk lain dari kesuksesan bisnismeskipun prosesnya kurang dimanfaatkan. Lebih dari tiga dari empat pemilik usaha kecil tidak memiliki rencana pemasaran keseluruhan jika mereka tidak memiliki jalur pertumbuhan yang jelas. Membuat rencana pemasaran holistik mutlak diperlukan untuk menskalakan merek di setiap tahap pengembangan.

10 contoh rencana pemasaran dari semua industri

Jauh lebih mudah untuk membuat rencana tindakan ketika dasar-dasarnya sudah ada. Di bawah ini adalah 10 Rencana Pemasaran, yang bersumber dari bisnis dan merek nyata di seluruh dunia, yang menyoroti pendekatan unik untuk meneliti, menyusun, dan menerapkan strategi pemasaran.

1. Puas

SaaS Populer Puas mengembangkan rencana pemasaran visual untuk pengembangan kampanye masa depan. Strategi menyajikan rencananya dalam format “air terjun”, menggabungkan tujuan dengan metode aplikasi yang pada akhirnya mengarah pada metrik keberhasilan. Meskipun jauh lebih longgar daripada contoh lain dalam daftar ini, karya ini memberikan gambaran yang sangat baik tentang komponen yang diperlukan dari rencana pemasaran.

BACA JUGA:   Bagaimana cara memeriksa saldo kartu metro offline dan online? Cari tahu di sini

Rencana pemasaran yang memuaskan

2. Kunjungi Baton Rouge

Wilayah Baton Rouge di Louisiana menghasilkan jutaan dolar setiap tahun dari pariwisata saja. Itu Kunjungi Baton Rouge Rencana pemasaran muncul dari kebutuhan untuk memposisikan area dengan lebih baik dan mengembangkan strategi jangka panjang untuk membangkitkan minat. Dokumen setebal 38 halaman ini merinci berbagai tujuan, acara, dan kalender, termasuk ukuran keberhasilan yang disarankan.

Contoh rencana pemasaran teratas: Baton Rouge

3. HubSpot

Dibuat oleh perusahaan SaaS HubSpotTemplate ini mencakup ringkasan bisnis, matriks SWOT, strategi pasar, anggaran, dan aspek penting lainnya dari rencana pemasaran. Dengan menyelesaikannya, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi tentang memposisikan bisnis Anda dan pemasaran Anda secara umum.

Rencana Pemasaran HubSpot

4. Evernote

Evernote menawarkan template rencana pemasaran yang komprehensif untuk bisnis dari semua ukuran. Buat rencana yang mencakup ikhtisar, garis waktu, penelitian, persona, dan semua elemen lain dari kampanye yang mulus. Jika mau, Anda juga dapat menerapkan template ini ke akun Evernote Anda untuk segera mulai mengembangkan rencana pemasaran.

contoh bagus dari rencana pemasaran: Evernote

5. Universitas Illinois

Lembaga pendidikan juga membutuhkan rencana pemasaran. Itu Universitas Illinois membuat dokumen yang sangat sederhana yang merangkum konteks pasar, upaya penelitian, dan kampanye saat ini. Sasaran dan metrik keberhasilan diselesaikan di bagian ketiga, dengan total sekitar 40 halaman.

6. Monday.com

Senin.com adalah platform manajemen proyek yang menyediakan templat internal untuk semua pengguna aktif. Rencana pemasaran ini menawarkan berbagai kategori dan subkategori yang melacak kemajuan proyek dengan visualisasi data. Sasaran dan KPI terperinci dapat diidentifikasi di aplikasi, termasuk kolom untuk kisaran perkiraan biaya.

Rencana Pemasaran Monday.com

7. subur

Merek kesehatan dan kebersihan yang populer Subur merilis rencana pemasaran komprehensif yang membahas beberapa produk, penentuan posisi, dan kalender pemasaran untuk rilis produk mendatang. Salah satu yang menarik adalah analisis SWOT terperinci dengan grafik yang mudah dibaca. Ini sangat membantu untuk merek di industri perawatan pribadi, antara lain.

Rencana pemasaran yang subur

8. Coke

titanium industri minuman bersoda merilis video strategi yang mencakup ketujuh elemen rencana pemasaran holistik. Proposal tersebut terutama menguraikan inisiatif konten besar untuk tahun mendatang dan berfokus pada bagaimana ide awal merek dapat secara praktis diterjemahkan ke dalam strategi yang ada.

BACA JUGA:   Download Hola VPN Apk Mod Pro Versi Lama dan Terbaru


Distrik Taman ke-9 Naperville

Taman hiburan yang didanai publik seringkali memiliki akses terbatas ke sumber daya, itulah sebabnya Distrik Taman Naperville membuat rencana pemasaran strategis sejak awal. Dokumen yang sangat rinci ini membahas misi perusahaan, analisis situasi, strategi, dan anggaran pada tingkat mikro.

Rencana Pemasaran Taman Nashville

10. Starbucks

Bertentangan dengan dokumen bentuk panjang yang telah kita lihat, Starbucks mengambil pendekatan yang lebih ringkas. Publikasi enam halaman ini menjelaskan strategi untuk mempromosikan CX dan duta merek di seluruh dunia. Rencana pemasaran menyentuh strategi dan taktik individu, serta metode yang digunakan untuk memastikan kesuksesan. Penting untuk memperhatikan profil perjalanan pelanggan terperinci yang sesuai dengan strategi lima tahun.

Rencana Pemasaran Minuman: Starbucks

Bagaimana mendekati rencana pemasaran

Sekarang setelah Anda mengetahui seperti apa rencana pemasaran, saatnya untuk memeriksa tahap awal pembuatan dan penerbitan rencana pertama Anda. Setelah Anda menetapkan beberapa titik awal dasar, hanya diperlukan sedikit riset untuk memulai.

Tentukan tujuan Anda

Arah tidak menjadi masalah tanpa memikirkan titik akhir. Tetapkan sasaran yang berarti untuk kampanye pemasaran Anda yang mencakup nilai, sasaran, dan rencana akhir tahun merek Anda. Yang terbaik adalah menggunakan kerangka tujuan SMART:

  • Spesifik
  • terukur
  • Dapat diakses
  • Relevan
  • Tepat waktu

Semakin spesifik tujuan Anda, semakin efektif rencana pemasaran Anda.

Periksa pesaing Anda

Pada tahap awal rencana pemasaran, mengikuti pesaing dan pangsa pasar Anda sangat penting. Menggunakan alat analisis kompetitif atau proses internal, luangkan waktu untuk mengevaluasi pendekatan yang digunakan orang laindan bagaimana Anda bisa membuatnya lebih baik.

Mungkin Anda ingin:

  • Memperkenalkan analisis kompetitif
  • Awasi terus berita industri
  • Jelajahi konten media sosial pesaing

Ingatlah bahwa tergantung pada kebutuhan dan batasan waktu Anda, dimungkinkan untuk menyewa pekerja lepas untuk melakukan analisis kompetitif untuk Anda.

Identifikasi audiens Anda

pemahaman tentang Anda sasaran pasartermasuk tujuan, usia, nilai, dan demografi merekaadalah aturan emas pemasaran. Ini dapat dilakukan dengan beberapa cara, baik dengan menggunakan tanggal, membuat persona, atau fungsi jarak jauh dalam dokumen.

Sebaiknya pertimbangkan segala sesuatu yang mungkin relevan dengan audiens target Anda dalam rencana pemasaran, termasuk bagaimana memposisikan produk agar relevan. Misalnya, pelanggan dengan gelar IT akan lebih tertarik pada iklan yang berbicara tentang pengalaman dan kelemahan mereka di industri.

Jika Anda belum memikirkan audiens, pertimbangkan untuk menggunakan program seperti Google Analytics atau wawasan dalam platform dari Facebook mengidentifikasi segmen tertentu.

BACA JUGA:   Penawaran Penjualan Komunitas OnePlus: Periksa semua detailnya di sini - Berita dan ulasan ponsel cerdas terbaru | Baca berita teknologi terbaru

Buat KPI akhir

Perbedaan antara rencana pemasaran yang baik dan rencana pemasaran yang hebat dimulai dengan indikator kinerja penting (KPI). Ini digunakan untuk mengukur efektivitas kampanye Anda dan memberikan informasi terperinci tentang apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang dapat Anda ubah di masa mendatang.

Setiap rencana pemasaran harus didasarkan pada rangkaian metrik uniknya sendiri, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan individu. Jika Anda mencari contoh konkret, Anda dapat mencoba yang berikut ini:

  • Meningkatkan jumlah pengikut di akun media sosial
  • Hasilkan sejumlah prospek situs web tertentu
  • Raih tarif buka email yang lebih tinggi

Ingatlah bahwa metrik akhir Anda harus SMART untuk hasil terbaik.

Lakukan revisi Anda

Rencana pemasaran adalah dokumen hidup dan perlu diperbarui secara berkala agar tetap terkini. Paket rata-rata hanya memiliki umur simpan satu sampai lima tahundan harus direvisi secara berkala untuk sementara waktu.

Lihat lebih dekat tujuan, pesaing, audiens, dan KPI Anda sebelumnya. Apakah ini ketinggalan jaman atau tidak selaras? Apa yang berubah bagi perusahaan sejak pertama kali diterbitkan? Lakukan penyesuaian ini sesuai (dan mudah-mudahan dengan anggota tim atau komite).

Buat rencana pemasaran yang memandu bisnis Anda dengan baik

Tidak cukup hanya menulis rencana pemasaran. Dalam dunia strategi ketat yang semakin kompetitif, pemasar harus meluangkan waktu untuk mengembangkan rencana yang langgeng. Contoh di atas adalah tempat yang baik untuk memulai, terutama jika Anda mengembangkan pendekatan khusus untuk industri Anda.

Mengawasi pertumbuhan bisnis Anda setelah rencana pemasaran Anda mencapai rak. Terus temukan cara baru untuk mengubah, menyempurnakan, dan menjadikan apa yang Anda miliki lebih baik dari sebelumnya. Dengan rencana pemasaran kedap udara di sisi Anda, kemungkinannya hampir tidak terbatas.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?


Source link