Apa Itu dan Bagaimana Membuatnya (2022)

[ad_1]

Merek lebih dari sekedar logo mereka. Hari ini, merek ini tentang menciptakan kepribadian, suara, dan karakter yang menunjukkan kepada penonton apa yang diharapkan. Identitas visual merek harus tercermin dalam setiap elemen toko, termasuk logo, palet warna, foto, dan kemasan produk.

Ini adalah inti dari desain merek.

Desain branding sangat personal dan sangat langsung dan membuat nilai perusahaan menjadi nyata. desain merek meningkatkan penjualan dan pertumbuhan pendapatandan memiliki potensi untuk meningkatkan atau merusak profitabilitas jangka panjang perusahaan.

Namun, menciptakan identitas visual yang “menempel” tidak semudah kedengarannya.

Jika Anda memiliki pengalaman terbatas dalam seni, penerbitan, atau pemasaran, membangun desain merek yang kohesif mungkin tidak terasa di liga Anda. Tetapi branding lebih mudah diakses daripada yang disadari kebanyakan orang, terutama dengan munculnya perangkat lunak, alat, dan tutorial gratis.

Mari jelajahi desain branding dari awal, pelajari istilah kunci, evaluasi studi kasus, dan buat desain brand untuk anggaran berapa pun. Kami juga melihat alat dan sumber daya utama yang dapat membantu Anda membangun citra merek Anda.




Definisikan istilah penting dalam desain branding

Berlawanan dengan kepercayaan populer, branding tidak sama dengan merek atau desain pemimpin merek. Sebaliknya, itu adalah kombinasi dari dua elemen terpisah: merek dan identitas merek.

Merek adalah seperangkat perasaan, pikiran, dan emosi yang terkait dengan perusahaan tertentu, seperti yang dialami oleh audiens target atau dunia luar. Ini memberi makna atau nilai perusahaan, seperti Nike membuatnya mudah atau A Diamond Is Forever oleh De Beers. Konsep merek berkualitas tinggi harus diimplementasikan ke dalam identitas merek untuk hasil terbaik.

Identitas merek menggambarkan segalanya dan akhir dari semua desain merek. Logo, pilihan font, warna, dan pedoman merek diekspresikan melalui identitas merek di seluruh perusahaan. Beberapa organisasi memilih untuk menyimpan aset identitas mereka secara internal, sementara yang lain menyediakannya bagi siapa saja yang cukup penasaran untuk melihatnya. Bagaimanapun, identitas merek dibangun di atas fondasi merek.

Desain branding menggabungkan nilai merek dengan elemen visual identitas merek. Ini menjelaskan proses memadatkan kepribadian merek menjadi elemen yang lebih nyata. Daripada menggunakan kata satu warna untuk menyampaikan maksud, desain merek menggunakan warna, font, gambar, dan logo untuk mencerminkan nilai inti, keyakinan, dan sifat. Sederhananya, desain branding adalah tampilan fisik dan nuansa emosional dari sebuah bisnis.

BACA JUGA:   35 Efek IG yang Ada Lagunya dan Bikin Viral Terbaru 2022

Contoh branding yang sukses

Contoh desain merek

Memahami ide buku teks desain merek saja tidak cukup. Di dunia di mana identitas merek dapat membuat atau menghancurkan bisnis, lebih penting dari sebelumnya untuk memiliki pemahaman yang kuat tentang praktik terbaik yang patut dicontoh. Sebelum beralih ke proses pengembangan, mari kita lihat beberapa desain merek yang sukses dan bagaimana mereka menonjol di pasar.

AirBnB

Desain merek airbnb

Perusahaan persewaan dan liburan semalam AirBnB menampilkan salah satu logo yang paling dikenal di industri perhotelan. Foto cerah, terang, dan lapang, dengan fokus yang berpusat pada orang terlihat di seluruh saluran. Situs web berbasis teks dan gambar segera menciptakan harapan dan mencerminkan nilai-nilai inti dari orang, tempat dan cinta.

kecil


Kombinasi anggur berkualitas dengan program berlangganan kotak, kecil menawarkan rasa eksplorasi dengan setiap Botol Bulan Ini. Warna-warna pastel dan garis keras di semua saluran distribusi memancarkan nilai kemewahan, eksklusivitas, dan minimalis. Bahkan logo dibuat dengan kesederhanaan dalam pikiran dan berbicara langsung kepada audiens yang elegan dan canggih.

Serigala meong

desain merek terbaik

Perusahaan seni yang imersif seperti Serigala meong mengkhususkan diri dalam melakukan hal-hal yang berbeda. Ini membuat desain branding menarik secara visual dan sangat dinamis. Kunjungan singkat ke situs mengungkapkan rangkaian warna primer yang cerah, font tebal, dan aset bergerak yang mengesankan. Identitas merek yang kreatif dan mudah dikenali membantu Meow Wolf mencerminkan nilai dan cita-citanya – tanpa kata-kata.

Ada ratusan desain branding lain untuk dijelajahi, termasuk beberapa perusahaan favorit Anda. Merek luar biasa seperti Coca-Cola dan Kellogg’s memanfaatkan kekuatan desain untuk berkembang selama lebih dari 100 tahun, sementara perusahaan yang lebih muda seperti Netflix dan Mailchimp semuanya memperkuat tempat mereka di pasar dengan identitas visual mereka.

Pastikan untuk mengambil satu halaman dari buku merek mega saat membuat desain pertama Anda.

Buat desain branding yang bagus untuk setiap anggaran Buat desain branding yang bagus untuk setiap anggaran

Desain branding terbaik membutuhkan penelitian, perawatan, dan kerja keras yang ekstensif untuk berhasil. Mulailah dengan kuat dengan menyelesaikan penelitian awal dan membangun merek Anda sedini mungkin.

  1. Buat merek cerita Anda. Apa yang dimaksud dengan merek Anda? Bagaimana orang lain melihatnya di pasar? Pastikan untuk mencatat ini dalam Alkitab bermerek atau portofolio lengkap.
  2. Lakukan riset pasar. Pahami apa yang dicari pengguna dalam identitas visual Anda dan apa yang sudah dilakukan oleh merek lain.
  3. Datang dengan slogan kemenangan. Ringkas apa yang membuat merek Anda lebih baik dari orang lain dalam tidak lebih dari tujuh kata.
BACA JUGA:   3 Cara Transfer DANA ke ShopeePay dan Syaratnya Lengkap

Ketika pekerjaan dasar sudah selesai, saatnya memasuki tahap desain.

  1. Lanjut bekerja Memilih palet warna. Cobalah untuk tetap menggunakan warna komplementer atau kontras bila memungkinkan. Itu Alat palet sangat membantu dalam memilih aksen dan nada yang serupa dan menyediakan simulasi penglihatan untuk menyesuaikan buta warna.
  2. Pertimbangkan opsi font Anda. Beberapa merek memilih untuk membuat font mereka sendiri, sementara yang lain memilih dari kumpulan yang sudah ada.
  3. Buat logo. Ini bisa berbasis teks (Sutra), berbasis gambar (Target) atau kombinasi keduanya (Burger King).

Iterasi pertama dari desain merek Anda tidak akan dan tidak boleh menjadi identitas abadinya. Secara teratur memantau dan memperbarui materi branding dari waktu ke waktu dan melakukan proses rebranding sesuai kebutuhan.

  1. Periksa perkembangannya. Evaluasi setiap perubahan dalam nilai, persepsi, atau audiens merek Anda. Manfaatkan kesempatan ini untuk memperbarui pedoman merek yang sesuai.
  2. Pikirkan desain. Pikirkan kembali warna merek, logo, dan identitas visual. Apakah ada yang perlu diperbarui? Mengapa atau mengapa tidak?
  3. Terapkan perubahan Anda. Kembangkan strategi rebranding yang akan memudahkan audiens Anda untuk menerima desain baru. Penting untuk memantau umpan balik pada tahap ini dan bertindak sesuai dengan itu.

Desain branding bisa membosankan pada tahap kedua pengembangan, terutama saat membuat logo, memilih warna, atau mencari font tambahan. Meskipun Anda dapat mengandalkan seniman internal atau desainer grafis untuk mengerjakannya, sangat mungkin untuk membuat tampilan kustom Anda sendiri.

Sebuah desain branding tidak harus menghabiskan biaya ribuan dolar atau memakan waktu ratusan jam. Faktanya, desain yang efektif dan sesuai anggaran dimulai hanya dengan beberapa alat dan sumber daya.

Di bawah ini adalah tiga kategori alat desain branding yang penting, termasuk perangkat lunak grafis, pembuat logo, dan sumber belajar online.

Perangkat Lunak Desain Merek

Ada ratusan program desain branding yang tersedia secara online, melayani anggaran dan tingkat pengalaman yang berbeda.

  • kanvas adalah program online gratis dengan akses berbayar dan gratis.
  • Fontjoy membandingkan font pelengkap untuk membuat tema responsif untuk desain branding.
  • Adobe Creative Cloud paling cocok untuk profesional desain yang berpengetahuan luas dan mulai dari $9,99 per bulan untuk paket Express.
BACA JUGA:   Meluncurkan Lava Blaze dengan lapisan kaca dan pengaturan tiga kamera

Pembuatan logo merek

Merancang logo bisa jadi menantang, terutama jika Anda tidak memiliki pengalaman seni atau desain sebelumnya. Pembuat logo dapat membantu memberikan landasan bagi ide Anda—atau setidaknya titik awal.

  • merek penjahit memberikan logo yang dihasilkan AI dari $9,99 per bulan.
  • Shopify’s Hatchful menawarkan ratusan template berbeda untuk hampir setiap industri.
  • Desain Logo Gratis menawarkan persis seperti namanya, dengan opsi yang dapat diperluas untuk layanan tambahan.

Tutorial dan Sumber Daya

Belajar dari blog, artikel, dan video online adalah cara yang bagus untuk membangun keterampilan desain merek Anda. Ada beberapa opsi untuk dipilih:

Jika Anda masih merasa tidak nyaman hanya mengerjakan desain merek, ingatlah bahwa ada ahli desain merek profesional yang dapat membantu Anda dalam berbagai kapasitas. Agensi, pekerja lepas, dan butik bisa menjadi pilihan yang baik untuk merek dengan anggaran pemasaran yang lebih besar. Namun, pendekatan DIY berpotensi sama bagusnya atau lebih baik dari proses pengembangan usaha.

Ada baiknya untuk memahami kebutuhan dan keterbatasan Anda sebelum menyewa bantuan tambahan.

Memulai dengan desain merek Anda


Desain branding paling terkenal di dunia tidak dibuat dalam semalam. Saat Anda mulai mengembangkan aset, memilih warna, dan membandingkan font, penting untuk mundur dan melacak kemajuan Anda. Hasilnya mungkin tidak sempurna, tetapi ini tentu saja merupakan langkah ke arah yang benar.

Biarkan ekspresi merek Anda berkembang secara alami dari waktu ke waktu, dan bersiaplah untuk beradaptasi saat elemen individu berubah. Cari cara untuk meningkatkan, mintalah umpan balik yang jujur, dan perhatikan apa yang dikatakan audiens Anda.

Desain merek Anda layak mendapatkan rasa hormat yang dinikmati oleh merek induknya. Berdayakan bisnis Anda untuk mengendalikan identitas visualnya dengan alat sederhana, kiat ahli, dan saran dari pakar industri. Dengan sedikit kreativitas dan kekuatan, Anda siap untuk menciptakan identitas yang akan menonjol di antara pelanggan selama bertahun-tahun yang akan datang.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?

[ad_2]
Source link