Cara Menjual Buku Secara Online Melalui Toko Buku Digital Sendiri (2022)

Kita semua pernah mendengar cerita tentang bagaimana Amazon dan pengecer besar lainnya telah “membunuh” toko buku seperti yang kita kenal. Tapi cerita-cerita ini tidak lebih dari fiksi.

Memang benar bahwa merek-merek besar ini telah mengubah permainan – dalam segala bentuk perilaku konsumen, bukan hanya buku. Tetapi juga benar bahwa tak terhitung banyaknya toko buku, merek, dan pengecer khusus memiliki bagian khusus.

Merekalah yang menyadari bahwa pasar ini sangat besar dan fleksibel. Mereka juga menyadari bahwa pecinta buku bahkan bersedia membayar mahal jika toko-toko ini menawarkan pengalaman pelanggan yang istimewa atau bakat kepribadian yang unik.

Dalam artikel ini, kami membahas pro dan kontra dari menjual buku secara online. Dari membuka toko buku independen hingga menjual kembali untuk menerbitkan karya Anda sendiri, kami akan menemani Anda dalam perjalanan Anda untuk menyediakan bacaan yang baik kepada massa.




Cara memulai bisnis penjualan buku online

1. Tentukan ide bisnis

Ada selusin cara untuk memulai bisnis buku. Anda dapat memulai dengan model toko buku tradisional yang mencakup banyak genre untuk menarik basis pecinta buku yang lebih luas. Pilihan lainnya adalah fokus pada genre khusus (misalnya, aksi-petualangan, fantasi) dan membangun bisnis di sekitar tema khusus itu. Berikut adalah beberapa ide bisnis penjualan buku lainnya:

  • Tulis dan terbitkan buku Anda sendiri dan jual langsung ke klien.
  • Tawarkan jenis buku tertentu (misalnya buku mewarnai, buku teks, komik).
  • Jual buku bekas, tidak dicetak, langka atau antik secara langsung atau online.
  • Targetkan pemirsa khusus (misalnya wanita, LGBTQ+, anak-anak).
  • Mulai paket atau kotak berlangganan bertema buku.
  • Jual buku audio atau e-book online dengan pengiriman digital.
  • Memulai bisnis yang berhubungan dengan buku (misalnya pembersih kertas dan buku, kios buku)

cara jual buku online

2. Biasakan diri Anda dengan kondisi perdagangan


Sebagai calon penjual buku, ada baiknya kita mengenal istilah-istilah yang biasa digunakan dalam industri buku. Beberapa yang paling penting untuk dipelajari adalah:

Nomor Buku Standar Internasional (ISBN): Kode numerik yang digunakan untuk mengidentifikasi buku. Perpustakaan, penerbit, pengecer, dan perusahaan lain di sepanjang rantai pasokan buku menggunakan nomor unik ini untuk memesan dan mengontrol inventaris. Semua buku yang diterbitkan setelah tahun 2006 memiliki ISBN 13 digit, sedangkan buku yang diterbitkan sebelum periode ini memiliki ISBN 10 digit.

Edisi pertama: Salinan buku pertama yang dicetak dan didistribusikan secara komersial.

Membaca salinan (ARC): Salinan pra-penerbitan, hampir lengkap dari buku yang akan segera diterbitkan. ARC didistribusikan kepada pembeli buku, pengulas, dan pemberi pengaruh untuk mendapatkan pengakuan awal untuk sebuah judul.

Daftar Belakang: Daftar penerbit buku lama yang masih dicetak dan pernah dengan senang hati digantung di rak depan toko buku.

BACA JUGA:   Cara membuat ponsel cerdas Anda lebih bermanfaat

Kehabisan stok (OP): Judul buku yang tidak lagi dicetak atau dicetak ulang oleh penerbit.

grosir buku: Perusahaan yang membeli buku dalam jumlah besar dari penerbit dan menjualnya ke pengecer, perpustakaan, dan institut. Pedagang grosir biasanya mendapatkan diskon volume dari penerbit dan dapat menjual dengan harga lebih rendah tanpa memengaruhi margin mereka.

distribusi buku: Sebuah perusahaan yang menyimpan buku atas nama penerbit dan menjualnya ke pengecer, perpustakaan, dan terkadang grosir.

Penjual Buku Komersial: Nama lain untuk penjual buku retail atau toko buku retail. Penjual buku eceran menjual kepada masyarakat umum dan termasuk toko online, pengecer rantai besar, dan toko buku independen.

Daftar Harga: Harga eceran atau sampul buku, sering kali tercetak di sampul belakang atau sampul depan.

3. Pilih model bisnis Anda

Berbagai model bisnis tersedia untuk penjual buku yang sedang naik daun. Namun, mereka akan memilih salah satu dari dua opsi ini: menerbitkan sendiri untuk menjual buku mereka sendiri; atau menjual buku bekas dan antik.

Penerbitan mandiri jauh lebih mudah akhir-akhir ini berkat berbagai alat yang tersedia online untuk membantu Anda. Setelah Anda menulis buku dan mengedit serta memformatnya, Anda dapat membawanya ke platform penerbitan buku seperti Amazon atau apeluntuk membuat ebook, hardcover, paperback, atau buku audio baru Anda. Anda juga dapat melewati saluran distribusi tradisional dan menjual buku Mencetak berdasarkan permintaan atau dengan menggunakan situs web Anda sendiri dalam format digital.

Tetapi jika Anda ingin memulai toko buku independen, menjual buku bekas dan antik memberi Anda lebih banyak pilihan untuk dikerjakan. Anda dapat menargetkan ceruk tertentu dengan mencari dan menjual buku dari periode waktu atau genre tertentu, atau hanya menjual berbagai buku dari sumber yang berbeda, mis. B. Toko barang bekas, penjualan garasi, dan penjualan izin perpustakaan. Sumber inventaris potensial lainnya adalah:

  • Pasar online seperti eBay
  • Penawaran beli dan jual lokal
  • Toko buku bekas

Kecuali buku bekas Anda sangat langka, Anda biasanya menjualnya di bawah harga jual biasanya. Ini berarti Anda harus selektif tentang buku yang Anda bawa karena mungkin sulit untuk memanfaatkan buku anggaran, terutama setelah pengiriman dan biaya lainnya.


4. Kenali proses pengadaannya

Jika Anda membuka toko buku dan berencana menjual buku yang berbeda, Anda perlu mencari pemasok. Anda dapat memilih untuk membeli buku dari a distributor atau grosir atau bekerja secara langsung dengan berbagai penerbit. Either way, Anda harus membangun hubungan yang kuat dengan vendor karena hal ini dapat menyebabkan diskon dan penawaran dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:   WhatsApp memungkinkan Anda keluar dari grup secara diam-diam: Begini caranya

Meskipun sebagai pendatang baru di pasar buku, Anda mungkin merasa lebih mudah bekerja dengan pedagang grosir, tetapi mudah untuk membuat akun langsung dengan penerbit. Tentu, beberapa penerbit memiliki persyaratan pesanan minimum, tetapi banyak yang mengizinkan penjual buku memesan hanya satu salinan buku. Penerbit juga dapat menawarkan Anda sedikit tambahan, seperti surat dari penulis dan pelat buku yang ditandatangani, saat hubungan Anda semakin erat.

5. Siapkan toko buku online Anda

Setelah memilih model bisnis Anda dan menyempurnakan pemasok Anda, Anda dapat mengatur toko online Anda menggunakan platform e-niaga seperti Shopify.

Shopify memiliki sejumlah tema preset yang cocok untuk toko buku. Anda dapat menempatkan teks, logo, dan visual Anda ke dalam tema seperti Minimal atau etiket untuk membuat desain toko Anda. Banyak tema yang sepenuhnya dapat disesuaikan, memungkinkan Anda memilih elemen halaman dan warna yang sesuai dengan tata letak Anda.

Shopify juga menawarkan add-on dan aplikasi yang berguna untuk mempermudah menjalankan bisnis penjualan buku. Berikut adalah beberapa yang layak untuk dicoba:

Meskipun mungkin untuk melewatkan pengembangan toko online Anda dan hanya menjual melalui pasar dan grup media sosial, memiliki situs web sendiri lebih menguntungkan dalam jangka panjang. Bisnis Anda akan membantu Anda membangun koneksi jangka panjang dan meningkatkan persepsi pelanggan tentang merek buku Anda.

6. Perluas ke saluran lain

Di luar toko online Anda sendiri, Anda dapat menjual buku Anda melalui saluran seperti:

  • pasar online. Etsy adalah platform yang bagus untuk penjual buku dengan buku-buku langka dan tua eBay sangat ideal untuk menjual semua jenis buku bekas dan baru. Anda juga dapat menjual di Pasar Facebooksehingga orang-orang di dekat Anda dapat membeli buku Anda.
  • penjualan massal. Ini bisa menjadi pilihan yang menguntungkan bagi penulis non-fiksi yang menjual buku dalam jumlah besar ke toko buku dan institut. Penulis buku medis dapat menjual ke rumah sakit, sementara penulis hukum, misalnya, dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan menjual dalam jumlah besar ke firma hukum.
  • situs crowdfunding. halaman seperti kickstarter dan Tidak terikat memungkinkan penulis untuk menjual buku secara langsung, yang pada dasarnya membantu mengumpulkan uang untuk pencetakan.
  • penjualan offline. Jika Anda biasanya menjual secara eksklusif secara online, membuka toko batu bata dan mortir, pop-up, atau pasar petani Anda sendiri dapat menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan Anda. Mulailah dengan sesuatu yang kecil, seperti pop-up di lingkungan Anda, untuk melihat apakah menjual secara offline sepadan.

Tempat Menjual Buku: Pasar Offline

Menjual buku secara online lebih mudah dari yang Anda kira

Meskipun tampaknya toko buku kuno sudah tidak ada lagi, Anda masih memiliki banyak peluang untuk mewujudkan impian toko buku Anda.

BACA JUGA:   Bagaimana cara mengambil tangkapan layar di Apple iPad apa pun?

Penting untuk memahami tempat unik Anda di pasar, bagaimana Anda dapat menemukan dan menargetkan audiens yang tepat, dan bagaimana Anda dapat melakukannya sambil tetap menghasilkan keuntungan.

Yang dibutuhkan hanyalah penelitian yang solid, perhatian terhadap detail, dan imajinasi Anda.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang menjual buku secara online

Di mana saya bisa menjual buku secara online?

Tempat terbaik untuk menjual buku secara online adalah di situs e-niaga Anda sendiri karena memungkinkan Anda membuat merek independen yang akan membantu membangun pengakuan dan kepercayaan pelanggan. Namun, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual buku melalui saluran lain untuk memperluas jangkauan Anda.

AbeBooks adalah situs web yang memungkinkan toko buku independen menjual di seluruh dunia; Platform media sosial seperti Twitter dan Facebook ideal untuk buku yang diterbitkan sendiri; dan penjual buku antik dapat berkembang pesat di pasar tempat orang mencari buku antik dan langka.

Di mana saya bisa menjual buku bekas secara online?

Anda dapat menjual buku bekas melalui situs web Anda sendiri, pasar online, saluran media sosial, dan acara tatap muka. Anda juga dapat memasuki pasar buku antik dengan menjual buku-buku langka, antik, dan tidak dicetak lagi melalui platform seperti Etsy.

Sebagai pengecer yang menjual buku bekas, Anda dapat menetapkan parameter untuk jenis audiens yang Anda targetkan sehingga Anda dapat membangun basis pelanggan setia untuk genre atau ceruk tertentu.

Bagaimana cara menjual buku di Amazon?

Anda dapat memulai perjalanan penjualan buku Amazon Anda dengan mendaftar sebagai pengecer atau penjual profesional di situs web Amazon. Untuk membuat daftar buku yang akan dijual, buka halaman daftar produknya dan klik tombol Jual di Amazon.

Amazon memudahkan Anda menemukan halaman produk untuk buku yang ingin Anda jual: cukup ketik ISBN buku ke bilah pencarian dan Amazon akan menampilkan halaman daftarnya.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?


Source link