10 Aplikasi Transfer Uang Antar Bank Gratis, Sudah OJK!

Selama ini apabila ingin melakukan transfer ke bank lain akan dikenakan tarif sebesar rp6.500. Tarif ini terbilang cukup besar apalagi kamu sering melakukan transfer hingga berkali-kali dalam 1 hari. Salah satu alternatif yang bisa dipakai lebih hemat adalah dengan menggunakan aplikasi transfer uang antar bank gratis.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan transfer antar bank tanpa perlu mengeluarkan biaya administrasi lagi. Apalagi kamu adalah Seorang pebisnis yang akan sering melakukan proses transfer kepada banyak orang. Jika harus mengeluarkan biaya administrasi kemungkinan besar akan merugi.

Itulah kenapa tidak ada salahnya untuk menggunakan aplikasi transfer uang antar bank gratis yang akan dibahas di bawah ini. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu bisa melakukan transfer dengan lebih mudah dan tidak akan dipusingkan dengan biaya administrasi.

Rekomendasi Aplikasi Transfer Antar Bank Gratis

Pasang di bawah ini akan berfokus pada aplikasi transfer antar bank gratis. Maksud dari gratis di sini adalah gratis biaya admin yang biasanya akan dibebankan kepada pengirim. Selain itu juga gratis untuk digunakan meskipun ada biaya admin yang lebih kecil.

1. Flip

Flip

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk melakukan transfer uang antar bank secara gratis adalah Flip. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan transfer ke 14 bank yang ada di Indonesia tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan sama sekali.

Konsep yang diberlakukan oleh aplikasi ini adalah dengan melakukan transfer ke rekening yang dimiliki. Selanjutnya dari rekening yang sama itu dan akan diolah lalu ditransfer ke rekening milik orang lain yang berbeda bank sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali.

Apabila menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan transfer setiap hari meski akan ada batasan. Selain itu kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai dompet digital untuk melakukan berbagai jenis transaksi seperti pembayaran hingga melakukan jual beli pulsa.

Aplikasi ini juga tersedia versi yang lebih profesional yaitu untuk perusahaan besar. Apabila menggunakan aplikasi yang lebih profesional ini maka akan selalu dikenakan biaya transport sehingga disarankan untuk memakai aplikasi yang gratis saja.

2. OVO

OVO

Aplikasi transfer uang antar bank gratis kedua yang bisa digunakan adalah OVO. Beberapa tahun yang lalu aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan transfer ke berbagai jenis rekening tanpa perlu membayar biaya sama sekali. Itulah kenapa jumlah penggunanya ada banyak.

Saat ini sudah dikenakan biaya transfer karena terjadi perubahan kebijakan. Tetapi aplikasi masih gratis dipakai tanpa ada biaya tambahan sama sekali. Dengan menggunakan OVO kamu bisa melakukan transfer ke berbagai bank yang ada di Indonesia dengan biaya yang sangat rendah.

Setiap satu kali transaksi yang dilakukan dengan menggunakan OVO, kamu akan dikenakan biaya sekitar rp2.500 saja. Biaya ini cenderung lebih maka Apabila dibandingkan dengan menggunakan aplikasi Mobile banking standard atau ATM.

3. Dana

Dana

Aplikasi Dana merupakan salah satu pilihan dompet digital yang banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan pembelian atau melakukan transaksi digital dan lebih mudah dan cepat. Bahkan bisa membeli pulsa dengan mudah di sini.

Apabila ingin melakukan transfer ke bank lain biasanya kamu harus melakukan proses verifikasi akun terlebih dahulu. Proses ini dilakukan dengan melakukan beberapa prosedur seperti menggunakan KTP dan juga beberapa foto penting lainnya.

Aplikasi ini awalnya bisa digunakan untuk melakukan transfer secara gratis. Tetapi lambat laun pengguna akan dikenakan biaya operasional atau biaya administrasi seharga Rp2.500 untuk satu kali transaksi. Biaya ini termasuk lebih murah Apabila dibandingkan dengan transfer secara manual.

BACA JUGA:   Aplikasi kebugaran terbaik untuk diunduh agar jam tangan pintar Anda tetap bugar -

4. OY! Indonesia

OY-Indonesia

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melakukan transfer ke pengguna rekening bank lain. Proses transfer tidak akan memakan biaya tetapi masih ada biaya administrasi yang harus diterapkan kepada seluruh penggunanya.

Gunakan aplikasi ini dalam kondisi darurat sehingga kamu bisa melakukan transfer dengan lebih mudah. Tetapi Selama masih ada aplikasi lain yang bisa memberikan layanan gratis dan biaya admin yang besarnya nol rupiah, kamu tidak perlu khawatir sama sekali.

Aplikasi ini bisa diunduh secara langsung dengan menggunakan Play Store. Selanjutnya kamu bisa langsung melakukan proses registrasi sesuai dengan data atau identitas yang dimiliki. Apabila sudah selesai aplikasi bisa langsung digunakan.

5. LinkAja

LinkAja

LinkAja juga bisa digunakan untuk melakukan transfer antar bank dengan lebih mudah dan juga cepat. Aplikasi ini bahkan bisa dimanfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi secara online tanpa harus membuka rekening secara resmi dengan datang ke bank secara langsung.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan transfer asalkan sudah melakukan proses verifikasi atau upgrade akun. Untuk melakukan verifikasi atau upgrade akun ini kamu harus melakukannya secara manual atau bisa langsung datang ke gerai dari GraPARI terdekat.

Setelah melakukan upgrade, kamu bisa melakukan transfer ke banyak pengguna ataupun ke rekening bank lain dengan lebih mudah. Apalagi proses transfer ini tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar dan prosesnya juga realtime sehingga tidak perlu menunggu beberapa jam atau hari.

6. GoPay

GoPay

Aplikasi untuk melakukan transfer selanjutnya adalah go-pay. Selama ini aplikasi go-jek yang di dalamnya ada kopi digunakan untuk melakukan transaksi seperti pembelian dan juga membayar transportasi umum dengan lebih mudah dan efisien.

Ternyata apabila ingin melakukan transfer ke bank lain secara gratis juga bisa dilakukan di sini. Syarat yang harus dipenuhi adalah kamu sudah melakukan upgrade pada akun go-pay yang dimiliki agar menjadi go-pay Plus. Untuk melakukannya kamu harus melakukan beberapa pengunggahan data.

Proses transfer yang dilakukan dengan cara ini akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2500. Biara ini terbilang cukup rendah dibandingkan melakukan transfer dengan menggunakan bank secara langsung atau memanfaatkan ATM.

7. Aplikasi Jenius

Aplikasi-Jenius

Aplikasi jenius merupakan aplikasi yang dikelola oleh Bank BTPN. Apabila kamu memiliki transaksi yang cukup besar di sini serta memiliki saldo bulanan dengan rata-rata di atas Rp1.000.000 biasanya akan diberikan gratis transfer ke rekening bank lain.

Meski demikian, disarankan untuk selalu berhati-hati sebelum melakukan transfer. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap saldo terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kamu memiliki kuota untuk transfer atau tidak sama sekali.

Apabila memiliki kuota transfer maka bisa langsung dimanfaatkan untuk mengirim uang ke rekening bank lain. Tetapi jika kuota sudah habis biasanya akan tetap dikenakan biaya seperti biaya administrasi ketika melakukan transfer dengan menggunakan ATM.

8. YourPay ID

YourPay-ID

Aplikasi ini juga bisa dipakai untuk melakukan transfer antar bank atau transfer ke rekening bank lain yang ada di Indonesia atau luar negeri. Setiap transaksi khususnya pada rekening lokal tidak akan dikenakan biaya tambahan atau gratis.

Tetapi apabila transfer ke rekening bank lain yang ada di luar negeri biasanya akan dikenakan biaya tambahan. Jadi sebelum melakukan transfer ada baiknya untuk mempertimbangkan hal ini terlebih dahulu agar tidak mengalami kerugian.

9. Transfez

Transfez

Hampir sama dengan aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, apabila menggunakan aplikasi ini kamu bisa melakukan transfer ke banyak bank yang ada di Indonesia dan juga di luar negeri.

BACA JUGA:   Aplikasi BPJS Kesehatan Android, iOS Download Terbaru 2022

Meski demikian ketika akan melakukan transfer kamu harus mempertimbangkan biaya administrasi yang nantinya akan dibebankan. Apalagi transfer ke luar negeri biasanya biayanya akan semakin besar atau tergantung dengan nominal yang ditransfer.

10. Wise

Wise

Aplikasi terakhir yang bisa digunakan untuk melakukan transfer antar bank bahkan bank yang ada di luar negeri secara gratis adalah Wise. Masih bisa digunakan secara gratis kamu tetap harus membayar biaya untuk melakukan transfer apalagi melakukan pemindahan dana yang kursnya berbeda.

Jadi, kamu hanya perlu membayar biaya administrasi karena transfer dilakukan antar bank. Apabila transfer dilakukan antar bank yang ada di Indonesia kemungkinan besar biaya transfernya tidak akan lebih besar dibandingkan transfer dengan menggunakan uang asing.

Meski sudah diunduh oleh 10 juta orang yang ada di Play Store. Rating dari aplikasi ini memang tidak terlalu baik. Jadi disarankan untuk menggunakan aplikasi lain yang memiliki ulasan cukup baik apalagi hanya melakukan transfer antar bank di dalam negeri.

Transfer Antar Bank yang Aman

Transfer-Antar-Bank-yang-Aman

Melakukan proses transfer dengan menggunakan aplikasi dan dilakukan ke bank lain bisa saja berisiko. Salah satunya adalah akan dikenakan biaya yang lebih besar atau jika salah memasukkan nomor, dana bisa hilang begitu saja.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak disukai atau yang merugikan ada baiknya untuk mengikuti beberapa cara atau tips melakukan transfer antar bank di bawah ini.

1. Tidak Transfer Terlalu Banyak

Aturan pertama yang harus dipenuhi apabila ingin menggunakan aplikasi untuk melakukan transfer antar bank adalah tidak menggunakan nominal yang terlalu tinggi. Apabila nominalnya yang akan ditransfer cukup tinggi disarankan untuk menggunakan ATM atau langsung datang ke bank.

Apabila nominalnya tinggi tidak akan ada masalah jika biaya transfer yang akan dikenakan adalah Rp6.500. Tetapi keamanan saat melakukan transfer sangat tinggi. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika nantinya dana yang ditransfer itu tidak sampai kepada penerima atau terjadi masalah.

Itulah kenapa disarankan untuk selalu mempertimbangkan terlebih dahulu jumlah nominal yang akan ditransfer. Apabila yang ditransfer hanya ratusan ribu saja tidak ada masalah. Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan transfer. Jadi kalaupun terjadi gangguan seperti salah transfer pun juga tidak akan kebingungan.

2. Kenali Syarat dan Ketentuan Aplikasi

Pastikan untuk mengenali apa saja syarat dan ketentuan yang dimiliki oleh aplikasi transfer tersebut. Setiap aplikasi memiliki syarat yang berbeda-beda sehingga kamu harus membaca terlebih dahulu agar tidak melakukan kesalahan ketika akan melakukan transfer.

Beberapa persyaratan yang biasanya harus dipenuhi adalah ketika kamu akan melakukan transfer dalam jumlah yang cukup besar. Biasanya proses transfer ini harus dilakukan apabila akun tersebut sudah terverifikasi dengan baik. Misal dengan menggunakan scan KTP.

Selain itu dalam satu hari biasanya ada batasan transfer sebanyak beberapa kali atau dengan jumlah tertentu. Apabila sudah melebihi batas itu maka proses transfer tidak akan bisa dilakukan lagi atau akan dikenakan biaya yang lebih besar.

3. Pastikan Nomor Rekening Tepat

Sebelum melakukan transfer antar bank dengan menggunakan aplikasi kamu wajib memasukkan nomor rekening. Jangan melakukan transfer ke nomor rekening yang salah karena tidak akan bisa dikembalikan lagi. Jadi wajib berhati-hati dan mengetahui siapa nama dari penerima.

Pada beberapa kasus biasanya transfer ke nomor rekening yang salah biasanya tidak akan bisa dilakukan. Biasanya nomor rekening tersebut memang sudah tidak digunakan atau tidak ada. Tetapi jika tidak beruntung bisa saja nomor itu ada yang memakai sehingga masuk ke sana.

BACA JUGA:   11 Cara Mendapatkan Uang dari Internet untuk Pemula Jelas!!

Sebelum melakukan transfer kamu bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap pemilik dari rekening itu. Beberapa aplikasi biasanya bisa digunakan untuk melakukan pengecekan secara langsung. Jadi tidak perlu khawatir apabila ingin melakukan proses transfer.

4. Hanya Transfer di Rekening Resmi

Biasanya ketika akan melakukan transfer ke rekening bank lain dengan memanfaatkan aplikasi. Kamu akan diminta untuk melakukan transfer ke rekening yang dimiliki aplikasi itu sesuai dengan jenis rekening yang kamu gunakan.

Apabila kamu menggunakan rekening BCA biasanya akan diminta untuk melakukan transfer ke rekening BCA. Selanjutnya dana akan dipindahkan ke rekening tujuan sehingga tidak akan terkena biaya administrasi sejumlah Rp6.500.

Jadi pastikan untuk transfer ke rekening yang tepat agar tidak menyebabkan masalah. Apabila kamu transfer ke rekening yang salah bisa saja dana itu tidak masuk sehingga tidak bisa dialihkan ke rekening tujuan. Belum lagi kamu masih akan terpotong biaya admin dalam jumlah yang cukup lumayan.

5. Segera Hubungi CS Jika Ada Masalah

Apabila kamu merasa memiliki banyak sekali kesulitan atau sulit untuk melakukan transaksi disarankan untuk segera menghubungi customer service. Dengan menghubungi customer service kamu bisa langsung mendapatkan bantuan untuk melakukan tindakan tertentu.

Hanya diam tanpa menghubungi customer service terlebih dahulu jika menemukan hal-hal yang cukup mencurigakan. Selain itu kamu juga tidak perlu memaksakan diri apabila ingin melakukan transfer. Daripada hilang dalam jumlah yang lebih besar lebih baik kehilangan 6500 aja.

6. Cek Nominal Transfer

Hal terakhir yang harus diperhatikan dengan baik oleh semua orang ketika akan melakukan transfer adalah dengan selalu mengecek nominal. Karena transfer dan salah satu nominal saja bisa menyebabkan transaksi gagal diproses atau kamu mengalami kerugian.

Itulah kenapa beberapa aplikasi biasanya akan melakukan verifikasi atau menanyakan terlebih dahulu ketika akan bertransaksi. Kamu akan diminta untuk melakukan pengecekan. Apabila jumlah nominal yang dicek sudah sesuai transaksi bisa langsung berjalan.

Sebaliknya apabila jumlah nominal terlalu banyak atau melakukan kesalahan ketik. Kamu bisa mengembalikan ke posisi awal untuk diedit lebih dahulu. Apabila sudah selesai bisa langsung melakukan transaksi sesuai dengan keinginan.

Aplikasi transfer uang antar bank gratis bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya ketika melakukan transfer ke rekening lain tanpa perlu khawatir akan digerogoti oleh biaya administrasi. Apalagi satu kali transaksi akan dikenakan Rp6.500.

Dalam waktu dekat pemerintah mungkin akan menurunkan biaya administrasi untuk transfer antar bank menjadi rp2.500. tetapi jumlah itu tetaplah tinggi khususnya bagi seseorang yang akan banyak melakukan transaksi dalam satu hari. Jika dibiarkan bisa saja menurunkan jumlah untung.

Itulah kenapa beberapa aplikasi transfer antar bank gratis yang sudah dibahas di atas wajib dipakai. Dengan menggunakannya kamu tidak perlu khawatir apabila harus mengeluarkan uang untuk biaya administrasi berkali-kali dengan jumlah yang cukup besar.

 

Lihat Juga :