Bagaimana Mengembangkan Suara Merek Anda: Panduan + Contoh (2022)

Dalam bisnis, kepribadian adalah segalanya. Ini terutama benar ketika menyangkut suara merek – cara perusahaan menampilkan dirinya melalui teks, audio, dan bentuk komunikasi lainnya. menurut Survei HubSpot88% pemasar setuju bahwa suara merek yang jelas adalah kunci untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

Digunakan dengan benar, suara merek Anda memiliki kekuatan untuk menunjukkan kepada dunia siapa Anda, apa yang Anda perjuangkan, dan apa yang ingin Anda capai. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkannya ke dalam kata-kata.

Mari kita periksa alasan untuk membangun suara merek yang hebat, bersama dengan beberapa contoh yang dapat memberikan inspirasi dan panduan.




Apa itu Suara Merek?

Suara merek adalah cara perusahaan berbicara, menulis, atau berinteraksi dengan audiens. Ini dapat mencakup elemen infleksi, kata-kata tertentu, atau bahkan struktur kalimat. Suara merek memberikan dasar untuk mengembangkan kepribadian merek, yang dapat memengaruhi cara perusahaan dipahami oleh pelanggan, pemegang saham, dan audiens internal.

Mengapa suara merek penting?

Pelanggan dibombardir oleh ribuan suara merek setiap hari. Suara lembut atau tidak spesifik tidak menonjol dari keramaian dan tidak menarik bagi konsumen modern. Jika merek Anda terdengar sama dengan setiap merek lain, Anda tidak akan berbuat banyak untuk membedakannya dari ratusan pesaing lainnya.

Menurut ratusan penelitian yang dilakukan selama dekade terakhir, suara merek yang baik memiliki kemampuan untuk:

  • Libatkan pelanggan. Sembilan puluh persen pelanggan Ingin berbelanja dari merek yang terdengar autentik – tidak hanya seperti sedang mengadakan pertunjukan.
  • Mempromosikan kepercayaan. Ketika pelanggan dapat melihat bahwa Anda adalah seperti yang Anda katakan, mereka cenderung mempercayai Anda dan produk Anda. Hari ini, 81% pelanggan perlu mempercayai merek sebelum membeli dari mereka.
  • Menciptakan konsistensi. Konsistensi adalah kunci loyalitas pelanggan. Merek yang tetap konsisten di semua platform penjualan menikmati Tingkat konversi 33% lebih tinggi.
  • tetapkan harapan. Perusahaan yang menggunakan bahasa formal lebih cenderung terlihat profesional atau eksklusif. Sebaliknya, perusahaan yang mengandalkan frase tajam cenderung menggunakan nada kurang ajar.

Semakin cepat Anda menemukan dan menyempurnakan suara merek Anda, semakin cepat Anda dapat menciptakan ekspektasi untuk perusahaan Anda di pasar.

pola dasar merek

Cara membuat suara merek Anda dalam 3 langkah

1. Pertimbangkan target pasar Anda

Setiap merek harus memiliki target pasar, terlepas dari apa yang dijualnya. Lakukan riset menyeluruh tentang orang-orang yang membeli dari merek Anda (atau buat persona jika bisnis Anda belum ada).

Selesaikan tugas-tugas dasar ini:

  • Kumpulkan data keras tentang usia rata-rata dan demografi. Ini akan membantu Anda membuat pedoman yang lebih bertarget untuk menyusun suara merek Anda. Lagi pula, Anda mungkin tidak berbicara dengan milenium seperti Anda berbicara dengan Gen Z atau Gen Alpha.
  • Periksa pesaing Anda. Bagaimana mereka berbicara dengan pelanggan mereka?
  • Mintalah umpan balik langsung. di atas satu dari tiga orang Berikan umpan balik saat diminta – dan 77% pelanggan cenderung lebih memilih merek Anda.
  • Jalankan pengujian A/B ekstensif dengan salinan tertulis. Bagaimana pelanggan merespons iklan dengan emoji versus iklan tanpa emoji?
BACA JUGA:   Hadiah Teknologi Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan Untuk Ayah Anda

Proses pengumpulan data benar-benar mendasar bagi keberhasilan suara merek. Jangan berhemat atau terburu-buru dalam prosesnya; Luangkan waktu beberapa bulan untuk mengorientasikan diri Anda.

2. Kembangkan pola dasar merek Anda

Meskipun ada ribuan suara bermerek yang berbeda di pasaran saat ini, kebanyakan dari mereka adalah variasi dari stereotip yang sudah ada sebelumnya. Ini biasanya disebut sebagai “arketipe merek.”

Arketipe merek adalah konsep kepribadian yang telah ada selama ribuan tahun dan hampir dapat dikenali secara instan terlepas dari budaya atau bahasanya. Karena itu, arketipe merek dapat membantu audiens langsung terhubung dengan merek dan pesan yang mereka coba sampaikan.

di atas 77% pelanggan Terhubung dengan merek yang berbagi nilai Anda, itulah sebabnya mengetahui pola dasar Anda sangat penting untuk kesuksesan. Memilih arketipe merek (atau campuran arketipe) membantu mengembangkan gagasan yang lebih konkret tentang suara yang harus digunakan merek Anda. Sebagai contoh:

  • Merek yang memiliki pola dasar pesulap (Disney, Dyson, dan Disney) mengandalkan kata-kata yang menyenangkan, imajinatif, dan menenangkan.
  • Perusahaan dengan pola dasar badut (Dollar Shave Club, Old Spice, dan M&M’s) fokus pada bahasa yang lucu, unik, atau lucu.
  • Sebagian besar merek mewah yang termasuk dalam pola dasar penguasa (Rolex, Lamborghini, dan Gucci) menekankan suara merek tanpa basa-basi yang menunjukkan kekuatan.

Luangkan waktu untuk mengenal merek Anda dan pola dasarnya. Jangan ragu untuk mencampur dan mencocokkan untuk menghasilkan nada yang sesuai dengan bisnis Anda.

3. Tulis salinan dengan suara merek Anda

Meskipun teori buku teks memiliki tempatnya, cara terbaik untuk mengembangkan suara merek Anda adalah dengan membuat beberapa contoh tulisan yang sebenarnya.

Mulailah menulis kalimat Aliran Kesadaran seolah-olah Anda adalah merek Anda yang berbicara kepada pelanggan. Gunakan pernyataan “Saya” dan bicarakan misi, nilai, dan RRP Anda. Jadilah sekreatif yang Anda inginkan!

Mari kita gunakan perusahaan e-commerce fiktif bernama StichLich untuk membuat paragraf pendek.

“Saya benar-benar mengerti bahwa kehilangan celana jeans favorit Anda seperti memutuskan hubungan jangka panjang. Saya menghidupkan kembali pakaian “mati” dengan perubahan dan perbaikan ahli yang akan memperbaikinya seperti baru! Dan oh ya – saya juga benci solusi DIY yang jelek. Semua yang saya tambal dijamin cantik.”

BACA JUGA:   Vi-SIM hilang? Cara memblokir SIM Vodafone Anda

Selanjutnya, cobalah menulis paragraf pendek tentang merek Anda dari sudut pandang orang luar. Mari kita gunakan merek yang sama untuk perbandingan:

“StichLich adalah merek menjahit yang menghargai humor, ringan, dan transparan. Seperti teman baik, perusahaan itu lugas dan jujur ​​tentang apa yang ditawarkannya. Ini otentik dan sangat terbuka tentang harapan dan harga. Terlepas dari humornya, itu juga hangat dan menghibur.”

Lakukan latihan ini beberapa kali (selama beberapa hari) untuk memberi diri Anda waktu untuk berpikir. Saat Anda membuat paragraf baru dan menyempurnakan pendekatan Anda, Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik tentang bagaimana suara merek Anda harus disajikan.

Contoh suara merek

Suara merek terbaik adalah yang jelas, langsung, dan mudah dikenali. Semakin khas suara merek Anda, semakin koneksi yang Anda buat dengan prospek, pelanggan, dan duta merek.

Ini sangat benar mmlsebuah perusahaan streetwear yang berfokus pada kesederhanaan dan minimalis (jika nama mereknya tidak memberi tahu Anda itu).

Contoh suara merek

Merek berbicara dalam kalimat yang sangat singkat dan menggunakan bahasa yang ringkas untuk mengkomunikasikan ide-idenya. Gaya formal mengingatkan pada merek mewah yang menjangkau kelompok sasaran dengan baik.

Merek lain yang menggunakan suaranya dengan baik adalah Huel. Berwibawa dan relatable, ia menetapkan dirinya sebagai teman relatable yang memahami perjuangan persiapan makan.

suara merek huel

Tidak seperti mnml, Huel tidak takut untuk membumbui segalanya dengan humor. Merek tersebut menyebut pelanggannya sebagai “Hueligans” dan memberikan tanda seru untuk sentuhan ekstra.

merek pakaian tembem mengambil pendekatan yang sama sekali berbeda. Tidak hanya merek yang suka bersenang-senang ini sangat terbuka dengan suara merek mereka, tetapi mereka juga mendekati target pasar mereka dengan cara yang lebih ringan.

Suara merek Chubby

Perhatikan penggunaan istilah slang di sini, termasuk “heck” dan “em”. Juga digunakan dalam teks adalah beberapa singkatan yang membedakan Chubbies dari pesaing lainnya.

Pertahankan suara merek Anda tetap konsisten di seluruh platform


Seiring pertumbuhan merek Anda, menjadi lebih sulit untuk menjaga agar suara merek tetap konsisten. Seiring pertumbuhan bisnis Anda dari band satu orang menjadi operasi multisaluran, Anda pasti ingin membuat semua orang di halaman yang sama.

Ini dia Panduan gaya merek memasuki permainan.

Seperti cerita Alkitab, peran panduan gaya merek adalah untuk memformalkan suara dan nada merek di semua saluran. Ini dapat mencakup item seperti:

  • Istilah referensi yang disukai
  • penggunaan koma
  • Panjang kalimat yang diinginkan
  • Penggunaan tanda seru atau tanda tanya
  • Kata atau frasa yang harus dihindari
BACA JUGA:   Hacks Pertumbuhan Instagram Terbaik dan Tip untuk Meningkatkan Bisnis Anda -

Anda memiliki beberapa opsi untuk mengembangkan panduan gaya merek. Beberapa merek mempekerjakan pembuat konten profesional untuk membuat dokumen internal multi-halaman. Lainnya membuat panduan gaya yang tersedia untuk masyarakat umum.

Anda dapat mulai membuat panduan gaya bermerek menggunakan tidak lebih dari Microsoft Word dan sedikit imajinasi. Gunakan contoh kalimat untuk membuat pedoman tentang bagaimana anggota tim lainnya harus menggunakan suara merek Anda. Beri tahu penulis apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan—secara sederhana.

merek setuju tips

Santai menggunakan format listicle untuk mengkomunikasikan harapan kata-kata dan nada. Sebuah paragraf faktual membantu membawa suaranya ke cahaya.


Perusahaan juga menetapkan pedoman tegas untuk kata-kata yang dapat diterima dan tidak dapat diterima. Kalimat sederhana membantu menempatkan pedoman ini dalam cahaya yang dapat dimengerti. Siapa pun yang membaca ini dapat dengan mudah mengilustrasikan suara merek di akun media sosial, email, posting blog, dan lainnyaterlepas dari berapa lama mereka telah bekerja untuk perusahaan.

Ingat: Panduan Gaya Suara Merek Anda adalah dokumen hidup. Jangan takut untuk memperbarui atau menambahkan hal-hal baru seiring perkembangan perusahaan.


Hidupkan suara merek Anda dalam satu kalimat

Sekarang Anda tahu apa itu suara merek, mengapa itu penting, dan bagaimana mewujudkannya. Yang tersisa hanyalah beralih dari konsep ke kenyataan dengan penelitian, penulisan, dan pembuatan template. Membaca beberapa contoh suara merek dapat membantu memformalkan proses pengembangan, sementara membuat panduan gaya membuat suara merek Anda dapat diakses oleh semua orang di perusahaan.

Suara merek Anda memiliki kekuatan untuk terhubung dengan pelanggan, menciptakan visi, dan mendorong kesadaran publik untuk tahun-tahun mendatang. Dengan menemukan dan memformalkan struktur yang sesuai dengan karakter merek Anda, Anda dapat mengembangkan kepercayaan, nilai, dan nilai abadi yang benar-benar menonjol dari yang lain.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?