Inflation Readings Hang Over the GBP, CAD ahead of CPI releases

Pembacaan inflasi tergantung di atas GBP dan CAD hari ini karena Inggris dan Kanada merilis hasil IHK terbaru mereka.

Konsensus April untuk inflasi Inggris adalah 9% secara tahunan, dibandingkan dengan 7% di bulan Maret, tetapi proyeksi adalah probabilitas, bukan kepastian. Pasangan mata uang GBP dapat mengalami volatilitas jika hasil aktual lebih buruk dari yang diharapkan.

Pedagang dan investor mengharapkan perlambatan inflasi karena Bank of England memperketat kebijakan moneter. Jika inflasi terus meningkat, skenario ini mendukung kenaikan suku bunga lebih lanjut di Inggris. Ketika inflasi mereda, sikap hawkish BoE bisa membuahkan hasil.

Dalam kedua skenario, GBP sudah berada di bawah tekanan dari USD yang lebih kuat dan dapat menggunakan dukungan dari perlambatan inflasi. Jika inflasi lebih tinggi dari yang diharapkan, GBP dapat mengalami aksi jual karena kekhawatiran resesi adalah duri di sisi pasar FX.

Tingkat inflasi Kanada untuk bulan April mencapai 5,4 persen secara tahunan, dibandingkan dengan 5,5 persen di bulan Maret. Seperti GBP, CAD juga berada di bawah tekanan dari USD yang kuat.

“Faktor utama mungkin adalah kekuatan dolar AS, yang telah diuntungkan dari arus safe-haven saat perang Ukraina meletus dan kenaikan tajam dalam imbal hasil AS.” Toni Gravelle, wakil gubernur Bank of Canada.

Dalam berita perdagangan lainnya, harga minyak mentah spot tetap tinggi karena peristiwa geopolitik terus memicu kekhawatiran sisi penawaran. Kenaikan telah mendorong tolok ukur utama WTI dan Brent lebih tinggi selama 48 jam terakhir, menanggapi tanda bahaya dari ancaman sisi penawaran dari konflik di Ukraina, yang datang pada saat permintaan untuk perjalanan dan transportasi meningkat dengan cepat .

BACA JUGA:   The EUR, GBP and USD and monetary policy are in focus today

Harga emas spot berada dalam tren turun pada saat penulisan karena USD menjadi lebih menarik bagi pembeli safe-haven. Treasuries berdenominasi USD harus menawarkan hasil yang lebih tinggi dalam iklim kenaikan suku bunga.

Tetap up to date setiap hari dengan sesi perdagangan langsung pagi pedagang veteran Markus Gabel.

Berinvestasi dalam instrumen terbaik di dunia

Ribuan saham dan ETF di ujung jari Anda

MULAI INVESTASI

FAQ

Bagaimana angka inflasi mempengaruhi pergerakan mata uang?

Angka inflasi juga dikenal sebagai tolok ukur indeks harga konsumen (IHK).

Mereka mempengaruhi pergerakan mata uang ketika mereka lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya. Biasanya, bank sentral menargetkan tingkat inflasi tahunan sebesar 2 persen untuk mendorong stabilitas harga. Ketika harga memanas selama periode pertumbuhan ekonomi, gubernur bank sentral cenderung menaikkan suku bunga untuk menjaga inflasi terkendali. Ketika suku bunga naik, mata uang lokal dapat terapresiasi karena investor dan pedagang menyerap aset seperti obligasi dalam mata uang tersebut. Meningkatnya permintaan mata uang sering kali berarti bahwa nilai mata uang meningkat.

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, saran investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.