Cara Membuat Kalender Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis Anda (2022)

Kampanye pemasaran yang sukses seperti pertunjukan Broadway yang hebatitu tidak terjadi secara kebetulan. Merek perlu menyelaraskan seluruh tim mereka, memenuhi tenggat waktu yang mendesak, dan melakukan pemeriksaan kualitas pada semua jaminan dengan baik sebelum tirai dibuka.

Dan bertentangan dengan kepercayaan populer, tidak ada banyak keberuntungan yang terlibat sama sekali.

Bersiaplah untuk kampanye pemasaran yang hebat melibatkan perencanaan yang cermat, perhatian terhadap detail dan terkadang sedikit peramalan. Anda tidak dapat mencegah tenggat waktu atau hambatan yang tidak terduga memengaruhi upaya pemasaran Anda, tetapi Anda dapat bisa Buat kalender pemasaran terperinci yang menetapkan sasaran, taktik, dan solusi yang dapat dicapai untuk setiap kampanye yang Anda jalankan.

Mari kita lihat lebih dekat inti dan baut dalam membuat kalender pemasaran e-niaga, serta beberapa alat yang dapat membantu menyederhanakan prosesnya.




Apa itu kalender pemasaran?

apa itu kalender pemasaran

Dokumen yang berisi rencana terperinci untuk kampanye pemasaran tertentu disebut kalender pemasaran. Spreadsheet, database, atau spreadsheet ini digunakan untuk melacak aktivitas, tenggat waktu, dan tujuan yang digunakan untuk suatu proyek dalam jangka waktu tertentu. Misalnya, beberapa kalender pemasaran merencanakan kampanye selama satu tahun penuh, sementara yang lain menjelaskan siklus triwulanan, bulanan, atau mingguan.

Pada akhirnya, tujuan dari kalender pemasaran adalah untuk menyajikan secara visual detail proyek pemasaran yang akan datang dan tempatnya di garis waktu perusahaan.

Cara menetapkan sasaran untuk kalender pemasaran

Kalender pemasaran tidak boleh dibuat dalam ruang hampa. Sasaran yang jelas harus mendasari setiap kampanye yang Anda tambahkan, di samping sasaran terperinci dan KPI yang menentukan keberhasilan secara keseluruhan. Dengan kata lain, tujuan diperlukan bagi pemasar untuk memahami apa yang coba dicapai oleh kampanye merekadan bagaimana berpindah dari A ke B dengan paling efektif.

Namun, menetapkan sasaran untuk kampanye di kalender Anda mungkin tidak selalu mudah. Penting untuk mengetahui apa yang Anda inginkan sebelumnya untuk melindungi diri Anda dari jebakan tak terduga, yang dapat membantu Anda tetap lebih gesit di pasar. Di atas segalanya, Anda menginginkan tujuan yang CERDIK: spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan dan tepat waktu.

Mulailah dengan beberapa pertanyaan eksplorasi:

  1. Kampanye mana yang memiliki tenggat waktu yang sulit dan mana yang tidak?
  2. Di mana Anda dapat membuat ruang fleksibel yang disengaja di garis waktu?
  3. Bagaimana Anda bisa menciptakan koherensi yang disengaja antara setiap tujuan?

Ingatlah bahwa tujuan tidak sama dengan taktik. Setelah Anda tahu persis hasil seperti apa yang Anda inginkan dari setiap kampanye (sasaran), Anda dapat mulai meletakkan batu loncatan yang akan membawa Anda ke sana lebih cepat (taktik).

BACA JUGA:   8 Ide Bisnis Unik yang Menonjol (2022)

Bagaimana cara membuat kalender pemasaran?

Cara membuat kalender pemasaran: 5 tips

Sekarang setelah Anda memiliki tujuan, saatnya untuk mulai membangun struktur kalender pemasaran Anda. Mari kita lihat lebih dekat lima langkah yang diperlukan untuk membuat sistem kerja.

1. Tetapkan kerangka waktu Anda

Seberapa jauh Anda ingin melacak kampanye pemasaran Anda? Apakah Anda memerlukan kalender terpisah untuk periode waktu individual? Semakin cepat Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, semakin cepat Anda dapat mulai membuat spreadsheet yang berfungsi sebagaimana dimaksud.

Sebagian besar perusahaan mulai merencanakan kampanye pemasaran mereka dalam tiga interval:

  • Perencanaan untuk bulan ini memungkinkan Anda untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan kebutuhan sambil tetap selangkah lebih maju dari permainan.
  • Memilih perencanaan triwulanan memungkinkan Anda beradaptasi dengan perubahan batasan anggaran sambil juga merencanakan kampanye pemasaran yang lebih besar.
  • Kalender satu tahun dapat menempatkan Anda selangkah lebih maju dari kompetisi, tetapi ingat bahwa rencana jangka panjang itu juga bisa lebih tidak fleksibel.

Pastikan untuk mendiskusikan ekspektasi Anda mengenai timeline dengan semua pihak dalam proses perencanaan, termasuk tim penjualan dan mitra eksternal Anda.

2. Pilih saluran favorit Anda

Langkah-langkah untuk membuat kalender pemasaran: Pilih saluran Anda

Tidak semua saluran atau aktivitas sosial perlu ditambahkan ke kalender pemasaran Anda. Pikirkan baik-baik tentang platform yang perlu direncanakan sebelum menempatkan mereka di papan Anda. Lebih sedikit saluran memberi Anda lebih banyak ruang untuk mengelompokkan aktivitas berdasarkan kategori, sementara menambahkan lebih banyak dapat memberikan visibilitas yang sedikit lebih baik.

Temukan keseimbangan yang menyenangkan untuk kalender pemasaran utama Anda atau buat kalender terpisah untuk saluran pemasaran individu. Ingat: tujuannya adalah aksesibilitas, bukan informasi rumit yang tidak perlu. Sesuaikan strategi Anda.

3. Ciptakan fleksibilitas jangka panjang

Peluang muncul di tempat yang paling anehdan sering pada menit terakhir. Saat merancang kalender pemasaran Anda, pastikan untuk menyisakan ruang untuk fleksibilitas yang sangat dibutuhkan. Buat rencana ketika segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang diharapkan, atau kembangkan sistem checks and balances:

  • Miliki rencana cadangan untuk kampanye yang lebih besar
  • Beri ruang tenggat waktu yang cukup untuk membuat perubahan
  • Siapkan Konten Tambahan (Berjaga-jaga)

Saat Anda menghabiskan lebih banyak waktu di kalender pemasaran Anda, Anda akan mulai melihat ketidakfleksibelan sebelum berdampak negatif pada laba Anda. Dalam kedua kasus, Membuat kalender yang fleksibel adalah cara yang pasti untuk menghindari kehilangan tujuan Anda.

4. Pilih jenis kampanye Anda

Tidak semua kampanye dibuat sama. Saat merencanakan, Anda harus membagi aktivitas pemasaran Anda menjadi: jenis kampanye individu.

Untuk sebagian besar bisnis, ini pada dasarnya melibatkan salah satu dari lima simpul:

  • Tindakan: kupon, penjualan, atau diskon apa pun yang menarik perhatian publik
  • Isi: Memublikasikan konten ke dunia yang mempromosikan merek Anda
  • Kontes: Berjuang untuk pengikut baru, prospek, atau perhatian viral melalui gratis
  • Produk: Peluncuran barang atau jasa baru
  • kesadaran: Buat kelompok sasaran sadar akan merek, produk, atau nilai Anda
BACA JUGA:   Berlangganan YouTube Premium gratis saat Anda membeli smartphone Xiaomi ini

Ingatlah bahwa tujuan kampanye pemasaran adalah membuat serangkaian pesan multimedia seputar satu topik. Pastikan semua sasaran pemasaran Anda selaras dengan sasaran dan kampanye yang sama, menawarkan sentuhan Anda suara merek dalam cerita yang menyeluruh.

5. Tetapkan tingkat kepentingan

    Tidak semua aktivitas pemasaran Anda sama pentingnya. Beberapa kampanye, konten, dan peluncuran produk mengambil kursi belakang, sementara aktivitas top-line lainnya memiliki tenggat waktu yang lebih ketat dan hasil yang lebih penting untuk kesuksesan merek Anda.

    Untuk menetapkan tingkat kepentingan pada konten Anda dapat membuat tim Anda tetap terhubung dan pada akhirnya membantu menyelesaikan tugas dan tugas sebelum tenggat waktu. Ini dapat dilakukan dengan entri kode warna atau penomoran menggunakan sistem berbasis tier.

    Saat ini, sebagian besar pemasar membagi kampanye mereka menjadi salah satu dari tiga tingkatan:

    1. Langkah 1: Kampanye yang mutlak diperlukan untuk merek Anda disetel ke tingkat kepentingan tertinggi. Apa pun yang terkait dengan peluncuran produk baru, promosi besar, atau acara besar kemungkinan akan berakhir di daftar ini.
    2. Peringkat 2: Konten ini kemungkinan akan memerlukan perencanaan selama seminggu atau lebih dan dapat mencakup laporan pemasaran, kampanye kesadaran merek, dan banyak lagi. Aturan praktis? Konten tingkat menengah memerlukan beberapa kolaborasi dalam organisasi.
    3. Tingkat 3: Menjalankan kampanye pemasaran ini dapat memakan waktu sedikit atau tidak sama sekali. Contoh umum aktivitas Tingkat 3 adalah memposting foto bermerek atau memublikasikan konten musiman.

    Tidak cukup lapisan di sini untuk mengakomodasi alur kerja Anda? Jangan ragu untuk menambahkan tingkat kepentingan keempat atau kelima jika itu lebih sesuai dengan bisnis Anda.

    Pilih tumpukan teknologi kalender pemasaran yang sesuai dengan semua tujuan Anda. Anda dapat mengayunkan pagar dengan alat yang terperinci atau siap untuk perusahaan, atau membuatnya tetap sederhana dengan platform yang menyediakan semua dasar-dasarnya. Itu pilihanmu!

    Dengan mengingat hal itu, berikut adalah beberapa alat untuk membantu Anda memulai:

    Google Spreadsheet

    Alat Kalender Pemasaran Terbaik: Google Spreadsheet

    Jika Anda mencari kesederhanaan, Google Spreadsheet adalah tempat yang bagus untuk memulai. Mirip dengan Microsoft Excel, alat canggih ini memungkinkan banyak pengguna untuk berkolaborasi pada dokumen yang sama. Tambahkan bagan, ubah tanggal, dan buat lembar terpisah untuk berbagai jenis kampanye pemasaran.

    Meskipun Google Spreadsheet gratis untuk penggunaan pribadi, akses untuk tim yang lebih besar memerlukan paket bisnis ($6 per bulan per pengguna).

    utara yang sebenarnya


    Perusahaan e-commerce yang lebih besar sering mengandalkan perangkat lunak perusahaan seperti: utara yang sebenarnya. Platform kompleks ini memungkinkan Anda membuat kalender pemasaran terperinci dengan bagan visual, garis waktu, dan fitur bawaan lainnya. Ada juga beberapa integrasi yang mempercepat proses entri data, termasuk Google Analytics.

    Perlu diingat bahwa ini adalah alat yang paling mahal dalam daftar. Setelah uji coba gratis 14 hari, TrueNorth mulai dari $99 per bulan.

    Trello

    Alat kalender pemasaran tahap awal: Trello

    Penyelenggara visual Trello bekerja dengan baik untuk kalender pemasaran tahap awal. Platform ini menawarkan beberapa template (termasuk Kalender Pemasaran) untuk memulai sesuatu dengan kaki kanan. Buat kampanye individual di bawah setiap kartu atau tetapkan kolom terpisah untuk tugas individual. Kartu ini dapat dilihat sebagai kolom saja atau dalam format kalender.

    Perhatikan bahwa Trello menawarkan paket gratis untuk papan pribadi, serta paket berbayar untuk tugas yang lebih kompleks. Paket penetapan harga yang fleksibel ditingkatkan tanpa banyak masalah, yang dapat membantu untuk merek yang lebih baru.

    Manfaatkan sumber daya Anda dengan penceritaan yang fleksibel

    Membuat kalender pemasaran untuk toko e-niaga Anda hanyalah setengah dari perjuangan. Sekarang Anda harus mulai menambahkan tujuan pemasaran yang berharga dan bermakna yang memenuhi kebutuhan bisnis dan harapan pelanggan. Tanyakan pada diri Anda, “Apakah kampanye ini akan memberikan hasil yang diinginkan?” “Apakah materi tambahan ini menceritakan kisah kita secara efektif?” Kumpulkan semua sumber daya yang diperlukan untuk membangun sistem yang paling cocok untuk Anda.

    Ingat: kalender pemasaran Anda harus fleksibel dan berwawasan luas, beradaptasi dengan perubahan acara, tren, dan penundaan. Ini mungkin merupakan fondasi yang kuat, tetapi tidak boleh menghalangi perubahan atau kemajuan. Bersiaplah untuk menyesuaikan pendekatan Anda dari waktu ke waktu dan carilah teknologi atau tip baru untuk menyempurnakan kalender Anda lebih jauh.

    Jadi tentukan sendiri tenggat waktu. Tambahkan catatan dan tujuan terperinci. Yang terpenting, pastikan konsistensi dengan proyek dan kampanye Anda. Pada akhirnya, kalender pemasaran Anda akan menjadi bagian yang kuat dan berpengaruh dari perangkat pemasaran AndaAnda hanya perlu memulainya




    Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?