Cara memeriksa status aplikasi paspor Anda di India

Jika Anda berencana untuk bepergian ke luar negeri, paspor adalah suatu keharusan. Itu juga dianggap sebagai dokumen hukum untuk memverifikasi kewarganegaraan di tanah asing. Pengajuan paspor saat ini sangat mudah karena tersedia layanan online. Namun, jika Anda sedang menunggu paspor baru, Anda harus memeriksa status aplikasi Anda. Ini membantu Anda memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses. Ada beberapa cara untuk memeriksa status paspor Anda.

Anda dapat memeriksa status aplikasi Anda secara online hanya dalam beberapa langkah. Anda memerlukan informasi berikut:

  • Tanggal lahir
  • 15 digit nomor arsip paspor

Bagaimana cara memeriksa status paspor secara online?

Langkah 1: Kunjungi situs web resmi Passport Seva Portal dan pilih tab Lacak Status Aplikasi Anda.

Langkah 2: Pilih jenis paspor dari opsi yang tercantum di menu tarik-turun.

langkah 3: Sekarang masukkan tanggal lahir Anda dan 15 digit nomor file.

langkah 4: Ketuk “Status Lacak” dan status aplikasi Anda saat ini akan ditampilkan di layar.

Aplikasi mPassport Seva juga dapat digunakan di perangkat iOS dan Android Anda untuk melacak status aplikasi paspor Anda. Setelah mendaftar di aplikasi, Anda dapat mengakses pembaruan waktu nyata tentang status aplikasi Anda.

Bagaimana Cara Melacak Status Aplikasi Paspor Offline?

Anda dapat memeriksa status aplikasi paspor Anda secara offline menggunakan metode berikut:

Pusat Panggilan Nasional: Hubungi nomor bebas pulsa National Call Center 18002581800 untuk berbicara dengan perwakilan Layanan Warga dari jam 8 pagi hingga 10 malam. Layanan 24/7 IVRS (Automated Interactive Voice Response) juga dapat digunakan di luar jam kerja.

Tentang Helpdesk: Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang status aplikasi paspor Anda dengan mengunjungi Paspor Seva Kendra (PSK) atau menghubungi mereka melalui email.

BACA JUGA:   Infinix Hot 12 Play diluncurkan di India dengan chipset Unisoc T610

Dengan mengirim SMS: Untuk update status pada aplikasi paspor Anda, kirim SMS “STATUS FILE NUMBER” ke 9704100100 dari nomor ponsel Anda yang terdaftar (yang tertera pada formulir aplikasi paspor Anda).

catatan: Layanan SMS adalah opsi berbayar yang harus dipilih saat mengirimkan formulir aplikasi Anda.