Apa itu fitur papan tulis Zoom? Berikut cara menggunakannya

Sebagian besar bisnis, tidak peduli seberapa besar atau kecil, mengandalkan teknologi untuk membuatnya tetap berjalan dengan lancar. Banyak layanan seperti Zoom membantu mempermudah proses ini. Aplikasi konferensi video memiliki fitur yang memberikan nuansa otentik pada pertemuan virtual. Salah satu alat yang ditawarkan Zoom untuk kerja tim yang terstruktur adalah fungsi papan tulis. Zoom Whiteboard adalah alat yang hebat untuk mengilustrasikan konsep. Tapi apa sebenarnya dan bagaimana kita bisa menggunakannya untuk konferensi online dengan rekan satu tim. Di bawah ini adalah rinciannya:

Apa itu papan tulis Zoom?

Zoom Whiteboard adalah fitur terbaru yang memungkinkan Anda berkolaborasi dengan orang lain melalui video. Kurang lebih seperti yang tersirat dari namanya. Sama seperti papan tulis fisik, papan tulis Zoom memungkinkan Anda mencoret-coret, menandai dokumen, dan membubuhi keterangan gambar. Itu dapat mengubah konferensi virtual apa pun menjadi sesi interaktif. Peserta dapat menggunakan papan tulis virtual untuk membuat catatan selama rapat. Setiap tim yang menggunakan Zoom dapat mengakses fitur papan tulis melalui Zoom Call, Zoom Room, atau Zoom Breakout Room.

Cara menggunakan papan tulis Zoom

Anda perlu memahami cara mengaktifkan dan menggunakan fitur papan tulis Zoom. Untuk referensi saja, Anda memerlukan Zoom versi 5.10.3 atau lebih baru untuk memulai Zoom Whiteboard. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk kedua proses ini:

Aktifkan fitur papan tulis Zoom

Jika Anda menggunakan akun perusahaan atau mengadakan rapat Zoom, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk mengaktifkan Papan Tulis Zoom:

Langkah 1: Masuk ke akun Zoom Anda dan pastikan Anda memiliki hak admin untuk mengedit pengaturan akun.

Langkah 2: Sekarang klik Manajemen Akun di menu navigasi.

BACA JUGA:   Cara Menyembunyikan Obrolan di WhatsApp Secara Permanen

langkah 3: Klik Pengaturan Akun.

langkah 4: Ketuk tab Rapat. Di bawah opsi In Meeting (Basic), Anda akan melihat tombol Whiteboard.

langkah 5: Nyalakan papan tulis.

langkah 6: Akan muncul popup konfirmasi. Klik Aktifkan untuk mengonfirmasi perubahan.

Gambar di papan tulis Zoom

Jika Anda perlu menulis atau menggambar sesuatu di papan tulis Zoom selama rapat, yang harus Anda lakukan adalah:

Langkah 1: Dari Panel Kontrol Zoom, pilih Bagikan Layar.

Langkah 2: Pilih tab Dasar.

langkah 3: Klik pada jendela papan tulis dan pilih Bagikan.

langkah 4: Setelah selesai dengan rapat, klik Berhenti Berbagi. Itu saja.