Eurozone Inflation Goes Red ahead of ECB Lagarde’s Speech

Inflasi zona euro mencapai rekor tertinggi 8,1 persen di bulan Mei. Berita itu muncul menjelang pidato Presiden ECB Christine Lagarde hari ini. Akankah bank sentral dapat mempertahankan sikap dan retorika dovishnya, atau akankah ada bukti bahwa pedoman suku bunga akan berubah lebih cepat dari yang diharapkan? ECB diperkirakan akan mengakhiri suku bunga negatif pada bulan September, tetapi mengingat kenaikan tajam dalam inflasi, pengetatan moneter dapat dimulai lebih awal.

Apa yang menghentikan ECB menaikkan suku bunga sekarang? Prospek pertumbuhan yang lemah karena konflik di Ukraina membebani sentimen dan investasi menjadi perhatian utama. Selain itu, EUR yang lebih lemah relatif menguntungkan untuk ekspor dan penjualan Zona Euro, menjadikannya kompetitif. Begitu suku bunga di Eropa mulai naik, mata uang tersebut kemungkinan akan terapresiasi terhadap mata uang lain, yang mengarah ke harga barang dan jasa yang lebih tinggi di atas inflasi yang sudah panas.

pertumbuhan di Jerman

Jerman merilis penjualan ritel tahunan untuk bulan April, yang diperkirakan akan naik menjadi 4 persen di bulan April dari minus 2,7 persen di bulan Maret. Kejutan apa pun bisa menggerakkan pasangan mata uang EUR.

pertumbuhan di Cina

Pertumbuhan suram di China telah mencengkeram sentimen pasar di Asia dalam perdagangan semalam. Ekonomi terbesar kedua di dunia itu melambat pada Mei karena penguncian COVID-19 membebani produksi pabrik. Harga minyak mentah spot sedikit mereda karena berita tersebut, tetapi sisi positifnya bisa ikut berperan pada tanda berikutnya dari perubahan haluan ekonomi China.

pertumbuhan di AS

Sekarang giliran AS untuk menunjukkan apakah akan tetap berada di jalur pertumbuhan cepat atau beralih ke jalur lambat dengan rilis IMP Manufaktur ISM untuk bulan Mei. Indikator ini diperkirakan telah turun ke 54,5 di bulan Mei dari 55,4 di bulan April dan kejutan yang tidak menyenangkan dapat menggerakkan pasangan mata uang USD.

BACA JUGA:   ECB July Interest Rate Hike Outlook Expected in Lagarde’s Speech

PDB Australia meningkat

Australia baru saja mengumumkan bahwa PDB-nya tumbuh 3,3 persen per tahun, hasil yang lebih baik dari perkiraan. Namun, inflasi yang tinggi mendorong harga konsumen lebih tinggi dan RBA diperkirakan akan memicu kenaikan suku bunga lebih lanjut dalam waktu dekat.

Untuk menyelesaikan laporan perdagangan kami besok, 2 Juni, penggajian ADP diperkirakan akan naik menjadi 300 ribu di bulan Mei dari 247 ribu di bulan April.

Tip cepat

arti eceran

Angka penjualan eceran menunjukkan tingkat penjualan barang dan jasa kepada konsumen. Laporan diterbitkan setiap bulan dan signifikan di pasar perdagangan karena mencakup sekitar 70 persen dari pengeluaran konsumen dan angka-angka tersebut merupakan indikator kesehatan ekonomi yang akurat. Jika hasilnya tidak memenuhi harapan pedagang, mungkin ada pergerakan dalam mata uang yang relevan. Pada hasil yang lebih baik dari yang diharapkan mungkin ada minat beli dan pada hasil yang lebih buruk dari yang diharapkan, mata uang bisa dijual.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang analisis fundamental? Bergabunglah dengan webinar Laksamana!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.

DAFTAR ISI