Apa itu dan mengapa itu penting untuk bisnis Anda?

Akun tahunan sederhana. Bagi pemilik bisnis, mempelajari cara membuat dan melacaknya tidak pernah sepenting ini. Laporan tersebut tidak hanya mencatat data keuangan utama dalam jangka waktu tertentu, tetapi juga berpotensi untuk melihat tren, peluang potensial, dan ancaman yang sedang berlangsung sebelum memengaruhi laba Anda.

Tetapi untuk perusahaan rintisan kecil atau merek e-commerce yang sedang berkembang, laporan keuangan bisa tampak sangat menakutkan. Apa itu laporan keuangan dan bagaimana cara membuat dan menggunakannya dalam lingkungan e-niaga?

Untungnya, percakapan seputar laporan keuangan terdengar jauh lebih rumit daripada yang sebenarnya. Mari kita telusuri berbagai jenis laporan keuangan, manfaatnya, dan alat yang tersedia untuk membuat laporan keuangan Anda sendiri.




Apa itu laporan keuangan tahunan?

Laporan keuangan adalah jenis dokumen akuntansi yang berisi informasi keuangan sensitif dengan cara yang mudah dipahami. Semua aktivitas yang terkait dengan pendapatan, pengeluaran, atau arus kas Anda dicatat dalam tabel, bagan, atau laporan visual serupa.

Dalam industri e-commerce, ada banyak jenis orang yang mungkin bertanggung jawab atas laporan keuangan. Merek yang sangat kecil dapat mendelegasikan proses ini kepada pemiliknya, sementara perusahaan yang lebih besar dapat mengandalkan auditor atau akuntan untuk melakukan pekerjaan itu. Perusahaan lain mungkin memiliki profesional outsourcing atau pekerja lepas yang berspesialisasi hanya dalam pelaporan keuangan.

Sangat disarankan agar Anda menyiapkan laporan keuangan tahunan secara teratur. Lembaga kredit dan investor akan meminta dokumen keuangan ini untuk mendapatkan gambaran tentang kelayakan kredit Anda.

Manfaat dari akun tahunan


Penyusunan laporan keuangan menguntungkan perusahaan dari semua ukurandari perusahaan yang sedang berkembang menjadi perusahaan yang sedang berkembang. Dokumen keuangan ini akan memberikan informasi yang jelas dan ringkas yang akan digunakan untuk memacu tindakan, apakah menunjukkan penurunan laba atau menyoroti indikator pertumbuhan yang jelas. Mereka berperan penting dalam melindungi merek Anda dari kegagalan yang menyedihkan dengan membuat Anda tetap mengetahui apa pun yang mungkin memengaruhi bisnis Anda (dan dari mana masalah mungkin berasal).

Menggunakan laporan keuangan untuk bisnis Anda juga dapat membantu Anda:

  • Dapatkan uang dari pihak ketiga. Laporan keuangan yang bersih membuktikan apakah perusahaan Anda layak mendapatkan perhatian investor, crowd-source funding atau pinjaman bank.
  • Tetap dalam kepatuhan pajak. Tekanan dalam mengaudit bisnis Anda dapat dikurangi dengan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu yang menjawab pertanyaan mendesak apa pun.
  • Prognosis dan perencanaan masa depan. Dengan mengetahui bagaimana keuntungan Anda selama beberapa tahun terakhir, Anda mungkin dapat melihat musim sibuk atau tren produk yang akan lebih menguntungkan di masa depan.
BACA JUGA:   12 Aplikasi Saham Terbaik OJK yang Aman dan Terpercaya

Bergantung pada ukuran dan ruang lingkup bisnis Anda, laporan keuangan dapat digunakan untuk membuat laporan tahunan. Ini memberikan gambaran tentang keuntungan tahunan perusahaan Anda, yang mungkin atau mungkin tidak perlu untuk mempersiapkan tahun depan. Jika Anda adalah perusahaan publik, Anda adalah diwajibkan oleh hukum menyajikan laporan keuangan tertentu kepada pemegang saham.

Empat jenis utama laporan keuangan

Ada ribuan derajat berbeda yang digunakan di dunia modern. Namun, hanya tiga yang umumnya digunakan untuk perusahaan swasta, ditambah satu lagi untuk organisasi publik.

Menurut SEC, ini adalah laporan laba rugi, neraca, laporan arus kas dan laporan ekuitas. Mari kita periksa masing-masing secara lebih rinci.

bukti pendapatan

Laporan laba rugi adalah jenis laporan keuangan yang menghitung total pendapatan Anda untuk periode waktu tertentu. Ini dilakukan dengan mengurangi pengeluaran dan overhead Anda dari laba kotor Anda, seperti yang terlihat dalam contoh ini:

contoh laporan laba rugi

Laporan laba rugi biasanya disiapkan secara bulanan, triwulanan, atau tahunan. Tetapi bukan ide yang buruk untuk menyelesaikannya sebulan sekali untuk mendapatkan ide terbaik tentang pertumbuhan bisnis Anda.

Ingatlah bahwa laporan laba rugi harus menjadi laporan keuangan pertama yang diselesaikan dalam periode tertentu. Informasi yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai dasar untuk semua laporan lebih lanjut.

neraca keuangan

Neraca adalah laporan keuangan yang digunakan untuk mengukur nilai sebenarnya dari bisnis Anda. Dokumen tersebut menyeimbangkan pendapatan dan pengeluaran perusahaan Anda dengan membandingkan aset bisnis (barang, kendaraan, keuntungan, dll.) dengan kewajiban Anda (utang, pajak, saham). Jika angkanya masih hijau, nilai sebenarnya perusahaan Anda adalah positif. Jika tidak, bisnis Anda mungkin tertahan oleh utangnya.

Neraca pemilik usaha kecil yang khas mungkin terlihat seperti ini:

Contoh neraca

Semakin bisnis Anda dinilai positif, semakin banyak perhatian yang akan diterima dari bank, pemberi pinjaman, dan pemangku kepentingan. Dengan melacak aset dan kewajiban Anda dari waktu ke waktu, Anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang peluang keuangan di masa depan.

BACA JUGA:   Tubemate Apk Download Gratis Versi Terbaru dan Lama 2022

laporan arus kas

Lebih dari 82% bisnis gagal karena keterampilan manajemen arus kas yang buruk. Mengandalkan laporan arus kas membantu mencegah sebagian dari krisis ini dengan memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan yang objektif dan jelas.

Laporan arus kas usaha kecil rata-rata tidak perlu rumit, seperti yang ditunjukkan oleh contoh template ini:

Contoh laporan arus kas

Dilakukan dengan benar, laporan arus kas ini secara akurat menunjukkan jumlah uang yang mengalir ke dan dari merek spesifik Anda. Ini memungkinkan Anda membuat keputusan yang objektif tentang pengeluaran apa yang harus dikurangi dan pendapatan yang akan digunakan— akumenuju keuntungan yang lebih besar pada kuartal berikutnya.

Pernyataan Ekuitas

Jika Anda adalah perusahaan publik, Anda harus memberikan pernyataan ekuitas. Tujuan dari pernyataan ini adalah untuk memberi tahu pemegang saham tentang perubahan nilai merek Anda. Mirip dengan neraca, ekuitas positif menunjukkan kesehatan yang sangat baik dan pertumbuhan yang kuatsesuatu yang sangat ingin dipantau oleh pemegang saham.

Berikut adalah contoh bagaimana pernyataan ekuitas untuk perusahaan Anda mungkin terlihat seperti:

Pernyataan Ekuitas

Ingatlah bahwa beberapa merek memilih untuk memasukkan laporan ekuitas di neraca mereka daripada membuat laporan yang sama sekali baru. Sekali lagi, ini sangat tergantung pada ukuran bisnis Anda dan kebutuhan uniknya.

Transaksi e-niaga tidak perlu lagi dibuat dengan kertas dan pensil. Di era teknologi, ada banyak jenis alat yang dapat Anda andalkan untuk menghasilkan laporan keuangan Anda dengan cepat, bersih, dan profesional.

  • Microsoft Excel (atau Google Spreadsheet) adalah cara yang bagus untuk memulai. Kamu bisa mengunduh Templat lembar kerja keuangan Shopify untuk memulai atau fokus pada templat lain yang dapat diunduh untuk membuat hidup Anda lebih mudah.
  • platform seperti Buku Cepat dan Buku Segar memungkinkan Anda untuk mengawasi aktivitas keuangan rutin Anda. Namun, perlu diingat bahwa platform ini mungkin tidak menawarkan semua yang Anda caritermasuk fitur dan integrasi.
  • Visionnd memungkinkan pengguna untuk secara instan membuat laporan arus kas, laporan laba rugi, dan neraca. Tetapi berhati-hatilah: ini akan merugikan Anda.

Jika Anda masih tidak nyaman menyiapkan laporan keuangan sendiri, ketahuilah bahwa bekerja dengan akuntan sewaan atau akuntan di daerah Anda juga dapat diterima. Pastikan Anda memilih seorang ahli dengan waktu, bakat, dan pengalaman yang Anda butuhkan untuk berhasil.

BACA JUGA:   19 Aplikasi Download Video Youtube Gratis dan Tanpa Iklan

Tingkatkan laporan keuangan Anda dari waktu ke waktu

Yang benar adalah bahwa setiap orang di industri e-commerce modern memiliki kemampuan untuk membuat laporan keuangan. Berbekal banyak alat dan sumber daya, mudah untuk plug-and-play untuk membuat laporan untuk tim internal dan eksternal.

Kesulitan sebenarnya hari ini adalah bagaimana mengoptimalkan kesepakatan tersebut atau menemukan cara untuk menggunakannya untuk kesuksesan yang lebih besar. Ada perbedaan besar antara baik dan hebat, dan laporan keuangan yang kurang memuaskan dapat membatasi pertumbuhan bisnis Anda.

Saat merek e-niaga Anda terus tumbuh dan matang, lakukan apa yang Anda bisa:

  • Sederhanakan proses sebanyak mungkin dengan teknologi dan alat
  • Identifikasi peluang pertumbuhan dengan memetakan tren dengan data yang divisualisasikan
  • Bekerja dengan profesional pelaporan keuangan, seperti akuntan publik bersertifikat, untuk mendapatkan bantuan

Kunci untuk menghasilkan laporan keuangan yang sukses, akurat, dan optimal adalah terus-menerus mencari cara untuk meningkatkan. Seiring bisnis Anda terus berkembang, selami proses pelaporan pernyataan untuk menemukan peluang baru sekarang dan di masa depan.

Pertanyaan yang sering diajukan tentang laporan keuangan

Mengapa laporan keuangan penting?

Menyusun laporan keuangan penting untuk melacak dan memahami kesehatan keuangan bisnis Anda. Deklarasi ini juga memainkan peran penting dalam mengelola pajak, menangani audit, dan mengamankan pendanaan eksternal.

Apa empat laporan keuangan dasar?

  1. laporan laba rugi
  2. laporan arus kas
  3. neraca keuangan
  4. Pernyataan Ekuitas

Bisakah seorang akuntan menyusun laporan keuangan?

Ya, seorang akuntan memenuhi syarat untuk menyiapkan laporan keuangan. Anda juga dapat menggunakan CPA atau menyiapkan laporan keuangan sendiri.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?