Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7

Perbandingan Spesifikasi Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7

Pasar tablet ponsel India berkembang pesat dengan model-model baru. Banyak merek membanjiri ruang ini dengan perangkat murah. Dan Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang di saku Anda untuk memiliki tablet penuh fitur akhir-akhir ini. Apalagi jika Anda ingin membeli tablet Android dengan refresh rate tinggi, chipset dan baterai bertenaga. Baru-baru ini, ada tren peningkatan merek smartphone untuk merilis tablet yang terjangkau namun berteknologi maju.

Beberapa wajah familiar yang telah merambah ke segmen tablet adalah Lenovo, Xiaomi, Realme, OPPO dan Vivo. Bahkan Nokia telah menandai kehadirannya di ruang tablet dengan opsi ramah saku. Nokia T20 adalah salah satu model yang baru saja tiba di pasar India.

Ini adalah salah satu pesaing terkuat untuk Realme Pad, yang juga merupakan tablet Android kelas menengah. Ada beberapa pemain di Sub-Rs. 15.000 kategori tablet bersama keduanya. Namun, Samsung Galaxy Tab A7.

Kami memahami bahwa dengan begitu banyak pilihan yang tersedia di pasar, memilih model yang sempurna untuk kebutuhan spesifik dapat menjadi tugas. Namun, tablet Android di atas adalah beberapa tablet terbaik untuk dipertimbangkan jika Anda memiliki anggaran terbatas tetapi tetap tidak ingin berkompromi dengan kualitas. Jadi, di antara Realme Pad, Nokia T20, atau Samsung Galaxy Tab A7 mana yang paket lengkap untuk dibeli? Artikel perbandingan ini akan membantu Anda memutuskan.

Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7: Spesifikasi Tampilan

Dimulai dengan Nokia T20, ini adalah tablet terjangkau yang dapat dibeli seharga Rs. 15.499 melalui toko online di tanah air. Tablet Android dengan harga terjangkau ini hadir dengan layar besar berukuran 10,4 inci yang merupakan panel IPS LCD. Layar Nokia T20 memiliki resolusi layar 2000 x 1200 piksel dan kerapatan piksel 224 PPI. Layar besar memiliki lapisan anti gores dan kecerahan puncak 400 nits.

tablet realme pad

Parameter tampilan Realme Pad tidak jauh berbeda dengan Nokia T20. Ukuran layar di sini juga 10,4 inci dan tipe panelnya IPS-LCD. Resolusi layarnya juga sama dengan tablet Nokia, yakni 1200 x 2000 piksel.

BACA JUGA:   Perbandingan OPPO Pad Vs Lenovo Tab P11 Plus Vs Xiaomi Pad 5 Tablet

Namun, kecerahan puncak tablet Realme Pad sedikit lebih rendah dari Nokia T20 pada 360 cd/m². Ini memengaruhi visibilitas perangkat di luar ruangan, tetapi tidak terlalu banyak.

Samsung Galaxy Tab A7 juga memiliki layar besar berukuran 10,4 inci. Namun, Samsung telah memilih panel TFT untuk tablet Android murahnya. Selebihnya fitur-fiturnya sama dengan tablet Realme Pad dan Nokia T20, di mana resolusinya 1200 x 2000 piksel sedangkan kerapatan pikselnya 224ppi.

Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A6: chipset, perbedaan konfigurasi

Tablet Nokia T20 dirancang untuk konsumen yang memiliki anggaran terbatas. Tablet Android ini ditenagai oleh prosesor octa-core Unisoc T610. Dirancang untuk perangkat seluler anggaran, chipset ini mampu menangani semua tugas dasar dengan mudah.

samsung_galaxy_tab_A7

Chipset Unisoc tablet Nokia dipasangkan dengan GPU Mali-G52 MP2 yang menangani grafis. Tablet ini tersedia dengan konfigurasi RAM 3GB/4GB dan kapasitas penyimpanan asli hingga 64GB. Ini juga memiliki dukungan kartu microSD tambahan untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan.

Realme Pad memiliki sedikit keunggulan dibandingkan Nokia T20 dengan chipset kelas menengah yang berfokus pada game. Realme telah menggunakan prosesor Helio G80 MediaTek untuk memberi daya pada Realme Pad. Chipset octa-core ini dilengkapi dengan GPU Mali-G52 MC2 untuk membuat grafis intens dengan mulus.

Realme Pad menggunakan kapasitas RAM hingga 6 GB untuk multitasking. Opsi penyimpanan yang tersedia adalah dual, yakni 64 GB ad 128 GB. RAM dan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi merupakan faktor lain yang membuat Realme Pad menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan tablet Nokia.

Tablet terjangkau yang hadir di Samsung Galaxy Tab A7 ini dilengkapi dengan chipset Qualcomm yang menjadikannya pilihan utama untuk segmen pengguna yang luas. Galaxy Tab A7 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 662, yang didasarkan pada proses manufaktur 11 nm dan menawarkan dukungan GPU Adreno 610 untuk grafis.

BACA JUGA:   Realme GT Neo 3T Debut Secara Global dengan Chipset Snapdragon 870 dan Pengisian Cepat 80W -

Chipset octa-core dipadukan dengan RAM hingga 4GB dan konfigurasi penyimpanan 64GB. Dalam hal konfigurasi, Realme Pad adalah yang terbaik dari semuanya. Namun, umpan balik kinerja baik pada ketiga tablet saat penggunaan umum hingga sedang diperlukan.

Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7: Perbandingan Perangkat Keras Kamera

Pindah ke perangkat keras pencitraan, Nokia T20 menawarkan pengaturan dasar. Tablet anggaran ini dilengkapi dengan kamera 8 MP di bagian belakang. Kamera utama mendukung fungsi AF (fokus otomatis) dan dapat merekam video dalam 1080p pada 30 fps. Pengaturan ini cocok untuk fotografi umum. Output terbaik di siang hari bolong.

Tablet Realme Pad dilengkapi perangkat keras kamera belakang yang sama dengan Nokia T20. Seperti tablet Nokia, tablet Android terjangkau ini dilengkapi dengan kamera 8 megapiksel yang merekam video pada 1080@30 fps.

Samsung Galaxy Tab A7 juga memiliki hardware kamera yang sama dengan dua tablet lainnya. Dilengkapi juga dengan kamera utama 8 MP yang dilengkapi dengan AF (auto focus). Seperti dua tablet lainnya, kamera belakang tablet Samsung murah ini dapat merekam video 1080p@30fps.

Hal yang sama berlaku untuk kamera selfie. Perangkat kerasnya sama untuk Nokia T20 dan Samsung Galaxy Tab A7. Kedua tablet tersedia dengan kamera depan 5 megapiksel untuk mengambil foto selfie dan panggilan video. Namun, jika Anda membutuhkan selfie kakap yang lebih baik, Realme Pad adalah model yang tepat. Ini memiliki kamera potret diri 8 megapiksel yang juga dapat merekam video 1080p pada 30 fps.

Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7: versi Android, kapasitas baterai

Versi firmware pada Nokia T20 dan Realme Pad sama. Kedua tablet Android yang terjangkau datang standar dengan sistem operasi Android 11. Namun, Realme Pad hadir dengan UI Realme kustom yang sudah diinstal sebelumnya.

BACA JUGA:   Perkiraan tanggal peluncuran, harga, spesifikasi

Sebaliknya, Samsung Galaxy Tab A7 hadir dengan OS Android 10 yang sudah ketinggalan zaman. Namun, itu dapat diupgrade ke OS Android 11. Antarmuka OneUI 3.1 sudah diinstal sebelumnya pada tablet Samsung.

Adapun pengaturan baterai, tablet Nokia T20 menarik bahan bakar melalui unit baterai 8.200mAh yang sangat besar. Kapasitas baterainya yang besar didukung dengan pengisian cepat 15W. Realme Pad memiliki unit baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan Nokia T20. Ini dilengkapi dengan unit baterai 7.100 mAh.

Sementara kapasitas baterai lebih rendah, tablet Realme menebusnya dengan menawarkan dukungan pengisian daya 18W yang sedikit lebih cepat. Samsung Galaxy Tab A7 mengemas baterai 7.040mAh, yang merupakan yang terkecil di antara yang lainnya. Kecepatan pengisian cepat sama dengan tablet Nokia yaitu 15W.

Nokia T20 Vs Realme Pad Vs Samsung Galaxy Tab A7: Harga, Beli Yang Mana?

Nokia T20 dapat dibeli dengan harga Rs. 15.499 sedangkan Realme Pad hadir dengan harga mulai Rs. 15.999. Samsung Galaxy Tab A7 adalah varian paling mahal di lot ini dengan harga mulai dari Rs 17.850 (via Amazon). Ketiga tablet Android ini cocok dengan harganya. Namun, Realme Pad adalah pilihan terbaik jika Anda membutuhkan kamera selfie yang lebih baik atau kecepatan pemuatan yang lebih cepat.