RBA Hikes Official Cash Rate, Joins Global Hawks

Reserve Bank of Australia (RBA) adalah bank sentral terbaru yang menaikkan perkiraan suku bunganya, bergabung dengan elang global setelah Reserve Bank of New Zealand (RBNZ) menaikkan suku bunga kebijakannya menjadi 2% dari 1,5% pada akhir Mei.

RBA menaikkan suku bunga resmi (OCR) sebesar 0,5 persen, lebih tinggi dari yang diharapkan 0,35 persen. Kejutan memicu pergerakan dalam pasangan AUD/USD, yang telah menjadi sorotan dengan persaingan radikal yang dapat mengatur nada dalam jangka pendek hingga menengah. Inflasi di Australia naik menjadi 3,75 persen pada bulan Maret, mendorong RBA untuk menghentikan retorikanya tentang kesabaran dan mulai bertindak.

Investor dan pedagang cenderung tidak menyukai kejutan dan sikap RBA dapat membuat pasar Asia yang sudah rentan terhadap tren bearish bingung di tengah kekhawatiran resesi global dan tekanan geopolitik dari Ukraina. Suku bunga yang lebih tinggi di sektor perbankan dapat meredakan inflasi, tetapi juga mengurangi investasi di seluruh perekonomian karena akses ke kredit menjadi lebih mahal. ASX menunjuk ke bawah dalam perdagangan premarket pada saat penulisan.

Salah satu pendorong utama ketidakpastian adalah minyak mentah. Harga minyak mentah spot telah menunjukkan sedikit tanda perlambatan kenaikan mereka, memberikan tekanan pada sektor-sektor ekonomi dari manufaktur hingga perjalanan. Dengan asumsi pandemi COVID-19 mereda, aktivitas ekonomi global harus terus tumbuh seiring dengan permintaan bahan bakar.

Harga emas spot mulai naik di minggu kedua bulan Juni setelah relatif stabil di bulan Mei, kemungkinan terkait dengan pelemahan USD baru-baru ini. Itu bisa berubah minggu depan tergantung pada keputusan suku bunga Federal Reserve AS. Federal Reserve AS diperkirakan akan menaikkan perkiraan suku bunga sebesar 0,5 persen pada bulan Juni dan Juli sebelum kemungkinan jeda pada bulan September.

BACA JUGA:   Global Stocks Rise on Bargain Buying but China COVID Woes Weigh

Laporan NFP menunjukkan bahwa AS menambahkan 390.000 pekerjaan pada Mei, yang berarti Federal Reserve mungkin melihat alasan untuk menaikkan suku bunga lebih dari 0,5 persen pada Juni. Lagi pula, tingkat inflasi baru-baru ini 8,1 persen, dan hanya ketakutan akan pertumbuhan karena pandemi dan konflik Ukraina yang mencegah bank sentral menjadi lebih ketat.

Tip cepat

Berapa Official Cash Rate (OCR) RBA?

OCR adalah pedoman suku bunga RBA untuk sektor perbankan. Bank-bank sentral memandu perbankan dan sektor keuangan yang lebih luas dengan suku bunga pinjaman antar bank semalam utama mereka. Ketika tingkat kebijakan RBA berada di wilayah positif, bank mendapatkan lebih banyak pinjaman semalam ke bank lain. Mereka juga menghasilkan lebih banyak pinjaman ritel dan menawarkan suku bunga tabungan yang lebih tinggi. OCR menjalankan berbagai produk keuangan terkait bunga seperti obligasi, rekening tabungan, pinjaman bisnis, dan hipotek.

Bergabunglah dengan webinar Laksamana gratis untuk mempelajari lebih lanjut tentang perdagangan dan investasi!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, saran investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.