Rupee Strengthens on RBI Interest Rate Hike

Rupee terapresiasi terhadap USD di tengah berita bahwa Reserve Bank of India menaikkan suku bunga repo ke tingkat yang lebih tinggi dari perkiraan 4,9 persen versus 4,8 persen exp dan 4,4 persen sebelumnya.

Inflasi di ekonomi terbesar ketiga di dunia naik menjadi 7,9 persen pada April, jauh di atas target 4 persen yang ditetapkan oleh pembuat kebijakan India.

Langkah hawkish RBI tepat waktu karena mata uang pasar berkembang seperti India menghadapi mata uang utama seperti USD dan GBP. Mata uang ini telah memperoleh kekuatan setelah bulan berturut-turut pengetatan moneter, menghukum INR.

Apa artinya ini bagi perekonomian India? Dalam hal pertukaran mata uang dan perdagangan, INR berada di sisi yang lebih lemah dari nilai tukar. Di sisi positifnya, ini membuat barang dan jasa dalam negeri India menjadi kompetitif. Di sisi lain, ada lebih banyak arus keluar modal karena perusahaan dan individu mengkonversi rupee mereka dan menyimpan tabungan mereka dalam mata uang asing seperti USD untuk melindungi dari melemahnya INR. Selain itu, barang-barang impor seperti BBM dan barang konsumsi kurang terjangkau. Bepergian ke luar negeri dan membeli barang asing lebih sulit ketika mata uang domestik lebih lemah dari mata uang lainnya.

Akankah kenaikan suku bunga RBI mendukung rupiah? Mungkin, setidaknya dalam jangka pendek. Prospek ekonomi India relatif optimis, dengan Gubernur Shaktikanta Das memperkirakan tingkat pertumbuhan 7,2 persen untuk tahun penuh 2021-2022. Agar rupee terus menguat terhadap USD, pertumbuhan ekonomi perlu tetap berada di jalur yang diharapkan dan RBI dapat memutuskan untuk menaikkan suku bunga repo lagi dalam waktu dekat.

Sebagian besar ekonomi, termasuk India, sedang berjuang melawan inflasi yang disebabkan oleh harga minyak mentah yang tinggi, yang didorong oleh konflik di Ukraina. Ketergantungan India pada impor bahan bakar asing membebani ekonomi, dan pada saat penulisan, harga minyak mentah spot masih jauh di atas $100 per barel.

BACA JUGA:   A Week in the Market: Interest Rates and Chinese Statistics (11 – 15 July) - R Blog

Lihat kalender Admirals Forex untuk acara perdagangan lainnya.

Tip cepat

Apa itu INR?

INR adalah kode mata uang Rupee India, unit mata uang nasional India. Diklasifikasikan sebagai ekonomi industri baru, mata uang mengambang India didukung oleh pertumbuhan PDB sekitar 7 persen per tahun.

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.