What is the European Central Bank?

Dalam artikel ini Anda akan belajar:

  • Singkatan dari European Central Bank – ECB
  • Peran ECB dalam sistem keuangan dan moneter
  • Apakah ECB mencetak uang?
  • Hubungan antara ECB dan Eurogroup
  • Bagaimana ECB memengaruhi keputusan perdagangan dan investasi

Seperti namanya, Bank Sentral Eropa adalah bank sentral Eropa dan dikenal luas dengan singkatannya ECB. ECB bertanggung jawab untuk mengawasi sistem moneter dan perbankan di zona euro dan berada di puncak struktur perbankan.

Kesalahpahaman yang umum adalah bahwa ECB mencetak semua uang kertas euro yang beredar. Itu sebenarnya tugas bank sentral nasional seperti Banque de France atau Deutsche Bundesbank. Sementara ECB menciptakan uang ketika meminjamkan ke lembaga perbankan selama pembelian obligasi atau sekuritas hipotek, pertukaran ini dikreditkan secara elektronik dalam apa yang dikenal sebagai likuiditas.

Peran ECB dalam sistem keuangan dan moneter

UE adalah blok perdagangan tunggal terbesar di dunia, dan jutaan bisnis dan konsumen bergantung pada sistem keuangan yang sehat. Oleh karena itu, peran ECB dalam mengatur dan melestarikan nilai mata uang bersama sangatlah penting. Perhatian utama ECB adalah stabilitas harga dan pelestarian nilai EUR. Tujuan utamanya adalah menjaga inflasi tetap tumbuh sekitar 2 persen per tahun.

Bank sentral memiliki kekuatan untuk menetapkan pedoman suku bunga, yang diikuti oleh seluruh sektor perbankan – 5.963 bank – di 27 negara anggota UE, yang menjual layanan mereka kepada 341 juta konsumen di zona euro. ECB menetapkan tarif semalam yang digunakan bank untuk saling meminjamkan uang. ECB juga membayar tingkat bunga yang sama kepada bank-bank yang menyimpan dana cadangan di bank sentral.

Hubungan antara ECB dan Eurogroup

Eurogroup adalah kelompok informal dari semua menteri keuangan UE yang bertemu untuk membahas masalah keuangan dan ekonomi terbesar saat ini. Sebagai pengawas utama sektor perbankan dan keuangan, ECB bekerja sama dengan Eurogroup untuk menemukan solusi atas tantangan di pasar keuangan. Salah satu contohnya adalah krisis utang negara yang dimulai pada tahun 2009 ketika Yunani dan negara-negara Uni Eropa lainnya gagal membayar utang negara mereka.

Bagaimana ECB memengaruhi keputusan perdagangan dan investasi

ECB memiliki pengaruh besar atas keputusan perdagangan dan investasi dan keputusan suku bunganya dapat menggerakkan pasangan mata uang EUR tergantung pada keadaan. Suku bunga bank sentral yang lebih tinggi atau lebih rendah mempengaruhi berbagai pasar:

  • pasar komoditas
  • pasar forex
  • Hipotek dan pinjaman perusahaan
  • Investasi dalam saham
  • Ekspektasi saham bank dan laba per saham

Untuk alasan ini, pedagang dan investor mengikuti kebijakan moneter bulanan ECB dan keputusan suku bunga dengan cermat dan menggunakannya untuk memutuskan perdagangan valuta asing atau investasi pasar saham.

ECB dan berita bisnis

ECB menggunakan banyak istilah teknis dalam laporan bulanannya, mari kita uraikan.

kestabilan harga: ekspektasi tipikal harga harian yang dibayarkan oleh konsumen dan bisnis.

inflasi: tingkat di mana harga rata-rata barang dan jasa naik atau turun setiap tahun.

Pelonggaran Kuantitatif (QE): Juga dikenal sebagai program pembelian aset, di mana ECB membeli aset seperti obligasi korporasi dan bank selain obligasi pemerintah. Ketika ekonomi berada dalam resesi dan inflasi relatif rendah, bank sentral dapat menggunakan QE untuk mendukung sistem keuangan dan menghindari default utang.

cadangan mata uang: ECB mempertahankan kepemilikan besar cadangan devisa dan emas untuk mendukung tujuan kebijakan moneternya dan untuk menopang posisi keuangannya sendiri.

likuiditas: uang beredar.

Anda mungkin masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana ECB memengaruhi pasar perdagangan dan investasi. Webinar gratis Admirals memberikan banyak informasi tentang analisis berita perdagangan dan tuan rumah kami semuanya adalah pedagang dan investor berpengalaman.

Daftar hari ini!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, saran investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.

BACA JUGA:   As expected, the Bank of Canada raised key interest rate guidance