Bearish Sentiment Roars Across Equities Ahead of Fed Decision

Sebelum keputusan suku bunga Federal Reserve pada 12 Desember.

S&P berada di wilayah pasar beruang, mendorong aksi jual di pasar saham Asia pada awal minggu perdagangan. Saham AS terpukul oleh hambatan inflasi setelah data harga konsumen AS untuk Mei mencapai tertinggi baru 40 tahun di 8,6 persen.

Tentu saja, mengingat retorika dovish Fed, investor dan pedagang menyimpulkan bahwa Federal Reserve kemungkinan akan menaikkan perkiraan suku bunga setidaknya 0,5 persen, dengan kemungkinan kenaikan 0,75 persen. Sementara pengetatan moneter akan membantu mengendalikan inflasi, itu kemungkinan akan berarti kredit yang lebih mahal untuk bisnis dan rumah tangga sambil mengurangi pengeluaran konsumen. Suku bunga yang lebih tinggi dengan latar belakang kondisi ekonomi yang lebih lemah juga dapat menyebabkan risiko gagal bayar kredit.

USD naik karena sentimen safe-haven sementara harga emas spot berkorelasi terbalik berada di bawah tekanan. Untuk semua pembicaraan tentang resesi AS, sisi negatif dari kenaikan suku bunga adalah kemungkinan peningkatan hasil di pasar obligasi dan tabungan.

Inggris hari ini merilis data ketenagakerjaan terbaru meskipun serangkaian kondisi ekonomi yang sulit. Tingkat pengangguran ILO untuk tiga bulan yang berakhir April adalah 3,8 persen, dibandingkan dengan pembacaan sebelumnya sebesar 3,7 persen. Tingginya biaya hidup dan kenaikan suku bunga dapat merusak investasi di pasar tenaga kerja Inggris pada saat pemulihan dari dampak COVID-19 sangat penting.

Di antara berita perdagangan lainnya, laporan Indeks Sentimen Ekonomi ZEW Jerman dirilis hari ini. Indeks diperkirakan akan berada di level minus 27,5 versus hasil sebelumnya di minus 34,3. Laporan yang lebih baik dari yang diharapkan dapat mendukung EUR, tetapi jika hasil aktual lebih buruk dari yang diharapkan, EUR dapat berada di bawah tekanan lebih besar.

BACA JUGA:   Eurozone PMI Growth Ticks Down Ahead of ECB July Rate Decision

Akhirnya, laporan Indeks Harga Produsen (PPI) AS hari ini dapat menentukan nada untuk USD. Survei ini diperkirakan akan meningkat menjadi 0,8 persen di bulan Mei, dibandingkan dengan 0,5 persen di bulan April. Laporan tersebut diawasi lebih ketat dari biasanya mengingat kondisi inflasi di ekonomi terbesar dunia itu.

Tip cepat

Apa itu PPI AS?

Indeks Harga Produsen (PPI) adalah indikator utama inflasi grosir dalam harga yang dibayarkan kepada produsen dan penyedia layanan. “Memimpin” dalam pengertian ini tidak berarti penting, artinya indikator dapat memberi tahu kita ke arah mana inflasi bergerak. Indikator utama dapat diinterpretasikan untuk kemungkinan dampak di masa depan dan indikator tertinggal diinterpretasikan untuk dampak saat ini.

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, nasihat investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.