Microsoft merilis Internet Explorer 27 tahun pada 15 April

Sorotan Utama

  • Microsoft telah mengumumkan penghentian Internet Explorer
  • Internet Explorer akan ditutup pada 15 Juni setelah 27 tahun layanan
  • Microsoft Edge akan menggantikan Internet Explorer

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Internet Explorer, browser tertua Microsoft. Setelah 27 tahun mengabdi, IE dijadwalkan pensiun pada 15 Juni 2022. Search Browser dirilis pada tahun 1995 sebagai add-on Windows 95. Namun, kemudian dimasukkan dalam paket secara gratis.

Internet Explorer, yang dikenal sebagai browser pencarian “OG”, mengalami lonjakan popularitas yang besar pada tahun 2003 sebelum tidak lagi disukai karena browser baru memasuki pasar. Namun, perusahaan belum merilis pembaruan besar atau versi baru Internet Explorer sejak 2016. Microsoft Internet Explorer 11 dirilis pada 2013 dan merupakan versi terakhir dan terakhir perusahaan.

Menurut Microsoft, dukungan luas untuk mesin pencari yang menua akan berakhir pada 15 Juni 2022. Raksasa teknologi itu mengumumkan akhir dari Internet Explorer dengan mengklaim bahwa Microsoft Edge adalah masa depan mesin pencari di Windows 10.

Microsoft Edge akan menggantikan Internet Explorer

Microsoft Edge, browser berbasis Chromium, akan menggantikan Internet Explorer. Perusahaan telah mendesak orang untuk beralih ke browser Edge karena “lebih cepat, lebih aman, dan lebih modern” daripada Internet Explorer.

Aplikasi desktop Internet Explorer 11 akan terpengaruh oleh penghentian penggunaan Internet Explorer pada beberapa versi Windows 10. Juga, itu tidak akan tersedia di Windows 11. Namun, setelah 15 Juni 2022, Internet Explorer akan terus bekerja pada Windows 7 ESU, Windows 8.1 dan semua versi Windows 10 LTSC Client, IoT, dan Server.

Ikon Internet Explorer tetap berada di menu Mulai, tetapi mengklik salah satunya akan membawa Anda ke Microsoft Edge, yang memiliki desain yang lebih ramah pengguna.

BACA JUGA:   10 Twibbon Links HUT Kota Medan ke 432 Tahun 2022, Klik Disini

Mengapa Microsoft mengakhiri Internet Explorer?

Salah satu penyebabnya adalah berkurangnya basis pengguna Internet Explorer. Meskipun browser mencapai puncak penggunaan 95% pada tahun 2003, gagal mempertahankan dominasinya karena jumlah pengguna menurun dengan cepat.

Alasan lain adalah persaingan sengit di pasar dari browser yang bersaing. Banyak browser baru keluar, menjanjikan kecepatan internet yang lebih cepat, antarmuka pengguna yang lebih baik, dan kinerja yang lebih lancar.