Growth of Nasdaq 100 stock index in bull market from 2009 through 2020

Bull Market: Characteristic and Trading Principles – R Blog

Artikel ini dikhususkan untuk pengertian pasar pertukaran: apa itu, kekhasannya dan bagaimana menggunakannya untuk perdagangan.

Apa itu pasar banteng?

Bull market adalah situasi di pasar keuangan ketika harga pasar tumbuh stabil dan investor sangat optimis. Istilah ini lebih umum digunakan untuk pasar saham, tetapi akan berlaku sama untuk obligasi, real estat, mata uang, komoditas, dan bidang keuangan lainnya.

Istilah “pasar bull” menggambarkan periode waktu yang lama ketika sebagian besar saham tumbuh dengan mantap dan indeks saham dengan percaya diri memperbarui harga tertinggi. Dengan kata lain, ada tren naik jangka panjang di pasar: harga tertinggi dan terendah baru secara teratur ditetapkan lebih tinggi dari yang sebelumnya. Biasanya, pasar bull berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun.

Sepanjang sejarah, pasar saham global telah melewati beberapa periode seperti itu. Yang terpanjang dimulai tepat setelah krisis hipotek AS 2008 dan berakhir dengan pandemi COVID-19 pada 2019. Selama tahun-tahun itu, indeks saham Nasdaq 100 tumbuh lebih dari 800%, sementara beberapa saham populer naik lebih dari 1.000%. .

Pertumbuhan indeks saham Nasdaq 100 di pasar bull dari 2009 hingga 2020
Pertumbuhan indeks saham Nasdaq 100 di pasar bull dari 2009 hingga 2020

Karakteristik pasar banteng

Situasi di pasar keuangan seperti itu sering menyertai siklus pertumbuhan ekonomi global. Ini adalah waktu yang paling menjanjikan bagi investor karena perusahaan dan bisnis biasanya membukukan pendapatan yang stabil dan tingkat pengangguran tetap rendah. Pada saat seperti itu, orang bersedia membelanjakan dan berinvestasi lebih banyak, dan keuntungan pasar saham meningkat.

Karakteristik utama dari pasar banteng:

  • Pertumbuhan harga aset yang berkelanjutan. Dalam konteks pasar saham, ini berarti pertumbuhan indeks pasar dan harga saham. Setelah sedikit koreksi, harga saham dan indeks berusaha untuk naik lagi dan secara teratur memperbarui harga tertingginya.
  • Laporan ekonomi positif. Pasar banteng biasanya terjadi ketika ekonomi mulai tumbuh setelah krisis atau sudah kuat. Suku bunga berada di sisi yang rendah, PDB tumbuh, pengangguran turun dan perusahaan melaporkan keuntungan yang meningkat.
  • Permintaan melebihi penawaran. Ketika ekonomi tumbuh dan tingkat pengangguran rendah, investor mencari untuk membeli dan menahan saham dengan harapan harga mereka akan naik. Sebuah pasar muncul yang memiliki lebih banyak pembeli yang ingin membeli saham daripada penjual.
  • Pelaku pasar yang optimis. Ketika pasar saham dan indeks ekonomi naik, investor menjadi lebih percaya diri. Mereka lebih optimis dan bahkan menafsirkan berita buruk sebagai pergerakan sementara yang dapat menawarkan harga yang lebih baik untuk dibeli pada koreksi.

Bagaimana cara berdagang di pasar bull

Ketika sebagian besar harga aset naik, lebih mudah untuk menghasilkan keuntungan daripada ketika pasar tidak pasti. Jadi, inilah beberapa strategi populer untuk berdagang di pasar bull.

Beli dan simpan

Ini adalah cara paling populer untuk berinvestasi di pasar bull: investor membeli aset dan menahannya selama mungkin sampai ada tanda-tanda bahwa tren naik akan berakhir. Strategi-strategi ini memungkinkan posisi dipegang untuk waktu yang sangat lama – dari beberapa bulan hingga tahun. Semakin lama pasar tumbuh, semakin banyak keuntungan yang dapat diperoleh investor dari aset mereka.

Jika investor membeli saham, dia juga mendapat untung dari pertumbuhan harga dan dividen dari penerbit. Oleh karena itu, sekuritas dengan pembayaran dividen tinggi paling menarik bagi pembeli.

Strategi ini juga menggunakan indeks saham populer: mereka membantu diversifikasi investasi karena terdiri dari banyak saham dari perusahaan yang berbeda.

Strategi beli dan tahan untuk indeks S&P 500
Strategi beli dan tahan untuk indeks S&P 500

Beli dengan perbaikan

Koreksi adalah periode singkat ketika tren global berbalik. Bahkan di pasar bull, aset tidak hanya tumbuh: ada koreksi ke bawah secara berkala, setelah itu tren kenaikan global berlanjut.

Investor yang memiliki modal cukup, mengawasi kemunduran dan membeli dengan harga bagus. Strategi ini didasarkan pada gagasan bahwa pasar bull kemungkinan besar akan berlanjut dan lebih banyak pembelian akan membawa lebih banyak keuntungan.

Strategi buy on correction untuk saham Alphabet Inc. (GOOGL).
Strategi buy on correction untuk saham Alphabet Inc. (GOOGL).

perdagangan ayunan

Swing trading adalah metode perdagangan jangka pendek di mana pedagang membeli atau menjual dan menahan posisi terbuka selama beberapa hari atau minggu. Biasanya perdagangan didasarkan pada analisis teknis dan indikator. Di pasar bull, tujuan dari swing trading biasanya untuk menangkap gelombang yang tumbuh dan mengambil keuntungan tepat waktu setelah koreksi ke bawah dimulai.

Strategi perdagangan ayun untuk Indeks Dow Jones
Strategi perdagangan ayun untuk Indeks Dow Jones

intinya

Pasar bull adalah masa keemasan bagi investor: harga aset terus meningkat dan semua pelaku pasar optimis. Seseorang dapat memperoleh keuntungan yang baik dengan membeli aset dan menahannya sampai aset tersebut tumbuh.

Namun, harus jelas bahwa pembalikan dan akhir dari pasar bull sulit diprediksi, jadi aturan manajemen risiko harus diikuti dengan sempurna.

Bahan disiapkan oleh

Trading di pasar keuangan sejak 2004. Pengetahuan dan pengalaman yang dia peroleh merupakan pendekatannya sendiri terhadap analisis aset, yang dengan senang hati dia bagikan dengan pendengar webinar RoboForex.

BACA JUGA:   A Week in The Market: The US FOMC meeting, and inflation data from Europe and Australia (25.07–29.07) - R Blog