Ingin menjadwalkan email di Gmail? Berikut cara melakukannya

Gmail saat ini adalah salah satu layanan email yang paling banyak digunakan di dunia. Raksasa teknologi ini terus meluncurkan fitur baru untuk membuat aplikasi lebih menarik dan ramah pengguna. Salah satu fitur penting tersebut adalah penjadwalan email, yang memungkinkan pengguna menjadwalkan dan mengirim email pribadi dan kantor. Keadaan ini dapat muncul ketika Anda perlu menghubungi seseorang yang berada di zona waktu yang berbeda dari Anda, atau perlu mengingatkan orang tentang suatu peristiwa yang akan berlangsung pada waktu tertentu.

Google memungkinkan Anda untuk menjadwalkan email dengan memilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk dikirim. Menjadwalkan email dapat membantu Anda mengelola alur kerja Anda dan kolega Anda. Juga, prosesnya hanya membutuhkan beberapa klik. Mari kita lihat cara menjadwalkan email di Gmail. Prosesnya bekerja kira-kira sama di desktop dan di aplikasi seluler Android dan iOS.

Langkah-langkah untuk menjadwalkan email di Gmail di desktop

Prosedur menjadwalkan email di Gmail menggunakan browser web desktop adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Buka Gmail dan masuk ke akun Anda.

Langkah 2: Ketuk tombol Tulis di kiri atas layar.

langkah 3: Tulis email Anda. Setelah selesai menulis email, klik panah bawah di samping Kirim. Klik Jadwalkan Pengiriman.

langkah 4: Sekarang atur tanggal dan waktu pengiriman khusus dengan mengklik “Pilih tanggal dan waktu”.

Langkah-langkah menjadwalkan email di Gmail di seluler

Sedangkan untuk aplikasi seluler Gmail, alih-alih menggunakan menu tarik-turun seperti yang kami lakukan di versi online desktop, Anda harus menekan ikon tiga titik di sudut kanan atas. Prosesnya sama di mana-mana. Anda dapat dengan mudah menjadwalkan email di ponsel dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

BACA JUGA:   OnePlus 10R 5G seharga Rs 34.999: Bagaimana cara mendapatkannya?

Langkah 1: Buka Gmail di ponsel Anda.

Langkah 2: Klik tombol Tulis di kanan bawah layar.

langkah 3: Tulis email Anda. Setelah selesai menulis email, ketuk ikon Lainnya di sudut kanan atas layar.

langkah 4: Ketuk “Jadwalkan siaran” dan pilih waktu yang diinginkan menggunakan “Pilih tanggal dan waktu”.