shoptimize interview

Platform SaaS Berbasis Langganan untuk Bisnis E-niaga D2C –

Digitalisasi mencapai puncaknya di anak benua India. Dengan penekanan pemerintah India pada peningkatan layanan online di negara tersebut, merek teknologi juga menggunakan segala kemungkinan untuk membantu perkembangan tersebut. Di antara merek-merek yang membentuk struktur bisnis SaaS di India adalah Shoptimize.

Startup berbasis langganan yang bertujuan untuk menyediakan toko serba ada untuk membantu bisnis e-commerce D2C modern meningkatkan pendapatan dan skala bisnis. Dalam wawancara eksklusif dengan Giznext, Mangesh Panditrao, CEO dan salah satu pendiri Shoptimize, memberikan wawasan yang jelas tentang operasi, visi, dan aspek masa depan merek tersebut.

Apa sebenarnya Shoptimize itu? Tinjauan singkat tentang layanan yang Anda tawarkan.

Shoptimize adalah startup Software as a Service (SaaS) berbasis langganan yang membantu bisnis mengelola pertumbuhan digital mereka. Perusahaan menyediakan layanan online kepada merek e-commerce D2C untuk mengelola dan mempromosikan bisnis mereka di ruang online.

Aplikasi Shoptimize

Pendiri perusahaan mengatakan: “Kami adalah toko serba ada untuk semua kebutuhan e-commerce D2C. Melalui platform pertumbuhan Shoptimize dan program akselerator kami, kami membantu merek menskalakan bisnis mereka. Kami memungkinkan merek untuk menumbuhkan penjualan e-niaga mereka di seluruh siklus hidup – mulai dari akuisisi dan konversi hingga retensi pelanggan.”

Bagaimana ide merancang layanan seperti itu muncul?

Menurut CEO Shoptimize, visi perusahaan untuk melayani bisnis e-commerce D2C berkembang dengan booming di pasar online. Merek mampu melihat kemungkinan yang belum dijelajahi yang dapat dieksploitasi dengan teknologi AI (Kecerdasan Buatan).

Panditrao mengutip: “Kami menemukan potensi di pasar e-commerce D2C dan menyadari bahwa teknologi dan AI dapat dimanfaatkan untuk menciptakan pengalaman belanja online yang lebih baik. Investor kami mendukung konsep ini dan begitulah perjalanan kami dimulai.”

Analisis data adalah salah satu tugas terbesar yang harus ditangani merek pada tahap awal untuk meningkatkan layanannya. Merek telah memasukkan strategi untuk meningkatkan keterampilannya dengan analisis data dan mengelola kesepakatan merek D2C dengan mudah.

Pendiri perusahaan menambahkan: “Selama perjalanan ini, kami telah belajar bahwa pengambilan keputusan berdasarkan data adalah kunci sukses dalam menghadapi persaingan yang meningkat di industri D2C. Bahkan ketika ada banyak data yang tersedia, menganalisisnya dan menemukan tindakan yang berarti untuk mendorong pertumbuhan membutuhkan keterampilan yang sangat khusus dan teknologi mutakhir. Itulah sebabnya kami menciptakan Platform Pertumbuhan Shoptimize untuk membantu merek mengidentifikasi ratusan peluang ini dan menerapkannya dalam skala besar.

Tantangan apa yang Anda atasi dalam fase pengembangan? Apa yang membantu merek?

Kami bertanya kepada merek tantangan apa yang mereka alami dalam beberapa hari pertama. Menanggapi hal ini, kesadaran merek bersama dengan penargetan orang atau perusahaan yang tepat adalah tugas utama di samping analisis data.

“Saat kami memulai, tantangan awal kami adalah menciptakan kesadaran merek akan pentingnya memiliki saluran D2C khusus. Tantangan yang lebih besar untuk merek-merek ini nantinya adalah bagaimana mengukurnya dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan dalam menghadapi persaingan yang ketat.”

Menemukan orang dan merek yang tepat (termasuk investor) adalah faktor lain yang menantang di hari-hari awal Shoptimize menjalankan bisnis. “Karena industri D2C relatif baru di India, kami telah berjuang untuk menemukan talenta berpengalaman, tetapi mengingat pertumbuhan saat ini, kami memiliki kumpulan talenta yang sangat baik.”

Pandemi juga memainkan peran penting dalam kesuksesan merek. Itu karena pasar online melihat lonjakan besar dalam basis penggunanya selama pandemi. “Di sinilah Shoptimize telah berinvestasi secara signifikan, menciptakan model pertumbuhan berulang untuk merek melalui platform pertumbuhannya. Sementara industri ini sudah mendapatkan momentum, pandemi mempercepat perubahan ini dan secara signifikan meningkatkan bisnis kami.”

Apa itu program Akselerator Shoptimize dan bagaimana program itu membantu merek tumbuh?

Program Shoptimize Accelerator adalah program eksklusif khusus undangan yang dirancang untuk membantu merek konsumen mencapai pertumbuhan penjualan yang eksponensial. Ini adalah kekuatan pendorong utama di balik Shoptimize. Program ini didasarkan pada model kemitraan bagi hasil. Tulang punggung program ini adalah platform pertumbuhan.

Shoptimize juga menawarkan dukungan pemasaran digital yang mencakup seluruh biaya pengeluaran iklan. Ini membantu mengurangi beban modal kerja untuk merek, memungkinkan merek untuk berinvestasi dalam inventaris, inventaris, dan kepuasan pelanggan.

Merek-merek dalam program ini mengalami pertumbuhan 300% dari bulan ke bulan. Selain itu, merek tersebut telah mengalami peningkatan sekitar 55% dalam rasio konversi situs web selama musim liburan terakhir. Shoptimze saat ini memiliki lebih dari 100 pedagang di platform.

Bagaimana pertumbuhan Anda sejak Anda didirikan?

Shoptimize diluncurkan kembali pada tahun 2012 untuk membantu merek meningkatkan kehadiran dan pertumbuhan digital mereka. Shoptimize telah tumbuh dan berkembang sejak awal. Platform pertumbuhan dan program akselerator telah memperluas layanan merek untuk membantu industri meraih peluang yang tepat dan meningkatkan bisnis D2C mereka.

Mr Panditrao menyatakan, “Kami memulai Shoptimize dengan dua individu yang sangat termotivasi dan telah berkembang menjadi lebih dari 100 anggota tim dan beberapa ratus pedagang aktif di platform.” Secara keseluruhan, perjalanan sembilan tahun sangat baik, dengan banyak peluang untuk pertumbuhan dan pembelajaran . Selanjutnya, kami bermaksud untuk memperluas di semua lini di tahun mendatang, ”tambahnya.

Apa keinginan masa depan Anda? Apakah Anda berencana untuk memperluas layanan Anda ke pasar internasional di masa depan?

Shoptimize berkantor pusat di Pune dan menawarkan layanan di tiga kota besar India lainnya termasuk Mumbai, Delhi dan Bengaluru. Berbicara tentang rencana pertumbuhan, Shoptimize mengungkapkan rencananya untuk memperluas layanan di Asia Tenggara di masa depan. Setelah kesuksesan awal di India, merek ini berfokus pada pertumbuhan 400-500% di pasar India. Kami berharap layanan Shoptimize juga tersedia di kota-kota lain di India.

Apa itu model pendapatan Shoptimize?

Shoptimize, sebuah perusahaan SaaS, membebankan biaya pengaturan/integrasi satu kali, biaya berlangganan bulanan berulang, dan komponen bagi hasil tambahan sebagai bagian dari model bisnis berbasis langganannya.

Model bisnis bagi hasil Shoptimize unik dengan caranya sendiri. Ini didasarkan pada tujuan dan layanan pelanggan dan bekerja untuk merek dan perusahaan.

Apa target audiens Anda? Bagaimana Anda berniat untuk berbicara dengan penonton India?

Saat ini, merek e-commerce D2C adalah audiens target utama Shoptimize di pasar India. Merek akan terus melayani sektor yang sama di masa depan.

Bisakah kita mengharapkan usaha baru dari Shoptimize segera?

Lanskap teknologi berubah sangat cepat dan ada banyak inovasi, baik itu di bidang pengalaman pengguna, perdagangan sosial, perdagangan percakapan, atau teknologi iklan. Itu sebabnya kami bertanya kepada pendiri perusahaan apa yang dapat kami harapkan dari Shoptimize di masa depan.

Sebagai tanggapan, Bapak Paditrao berkata, “Kami terus mengembangkan dan memperbarui platform pertumbuhan kami untuk memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang terus berubah.” Dia menambahkan bahwa merek dapat mengoptimalkan perjalanan konversi dengan model atribusi baru. Dengan membaca tanggal, mereka mendapatkan kejelasan yang lebih baik tentang kinerja masing-masing saluran akuisisi mereka.

BACA JUGA:   TV Android terbaik dengan Dolby Atmos untuk dibeli di India