Why is Bank of Japan Still Dovish Amid a Cast of Hawks?

Bank of Japan tampaknya menjadi yang terakhir di tengah kawanan elang yang terdiri dari Federal Reserve, Bank of England, Reserve Bank of Australia dan baru-baru ini Bank Sentral Eropa dan Bank Nasional Swiss.

Pertanyaannya adalah mengapa? BoJ telah terbiasa menghadapi deflasi dengan kebijakan moneter yang akomodatif selama bertahun-tahun sehingga akan membutuhkan waktu untuk fokus mereka beralih ke realitas baru. Mati rasa berbatasan dengan ekstrem. Pembelian obligasi Treasury 10,9 triliun yen oleh bank sentral baru-baru ini adalah yang terbesar dalam catatan dan menyimpang tajam dari keputusan Federal Reserve untuk mengakhiri pelonggaran kuantitatif. BoJ pada akhirnya dapat menambah inflasi dan membebankan biaya ke ekonomi Jepang, yang sekarang perlu dilakukan lebih baik untuk membenarkan peningkatan likuiditas.

Apakah BoJ mengelola risiko lebih baik daripada mitranya di AS? Tingkat inflasi di Jepang secara signifikan lebih rendah daripada di AS. Inflasi utama adalah 2,1 persen pada bulan April, relatif rendah dibandingkan dengan Amerika Utara, di mana harga minyak mentah telah mendorong biaya rantai pasokan. Data inflasi terbaru Jepang untuk bulan Mei akan dirilis pada 24 Juni ketika BoJ dapat mempertimbangkan skenario yang berbeda dan lebih berisiko.

BoJ perlu menyelesaikan tren ekonomi yang saling bertentangan: Inflasi yang lebih tinggi membutuhkan suku bunga yang lebih tinggi, tetapi pertumbuhan pasca-COVID yang lebih rendah membutuhkan kebijakan moneter yang akomodatif. Risalah bank sentral akan dirilis di kemudian hari dan memberikan lebih banyak wawasan tentang pola pikir saat ini.

Penjualan ritel Kanada

Berita bisnis dari Kanada dirilis hari ini dengan rilis Penjualan Ritel April. Penjualan ritel diperkirakan telah meningkat menjadi 0,8 persen dari nol dan kejutan apa pun dapat menggerakkan pasangan CAD. Inflasi di Kanada tinggi, yang berarti konsumen dapat membatasi pengeluaran mereka untuk barang-barang eceran. Penjualan ritel yang lebih lemah dapat merusak kinerja PDB secara keseluruhan, jadi penting untuk mengawasi laporan ini.

BACA JUGA:   Download Aplikasi Allo Bank versi Terbaru & Lama + Review

tingkat inflasi Inggris

Inggris merilis semua data CPI penting terbaru pada 22 Juni. Tingkat inflasi tahunan diperkirakan telah meningkat menjadi 9,1 persen di bulan Mei dari tingkat sebelumnya sebesar 9 persen di bulan April. Jika hasil aktual lebih tinggi dari yang diharapkan, pasangan mata uang GBP dapat mengalami volatilitas.

Tip cepat

Apa itu Risalah Bank Sentral?

Selain keputusan suku bunga utama dan pernyataan kebijakan moneter, bank sentral menerbitkan salinan notulen mereka yang mengungkapkan hasil diskusi tentang ekonomi. Pemikiran ekonomi saat ini merupakan faktor penting yang mempengaruhi keputusan kebijakan moneter di masa depan. Seringkali media dunia menangkap kata yang melambangkan pemikiran saat ini, seperti “sabar” (Australia) atau “meruncing” (AS).

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang analisis fundamental? Bergabunglah dengan webinar gratis kami!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, saran investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.

DAFTAR ISI