Cara mengubah hobi menjadi bisnis dalam 6 langkah mudah

Anda mungkin pernah mendengar pepatah lama, “Lakukan apa yang Anda sukai dan Anda tidak akan bekerja sehari pun dalam hidup Anda.” Terlepas dari seberapa benar itu, tentu ada gunanya menikmati pekerjaan Anda. Dan kabar baiknya adalah sebagai penghobi, Anda mungkin bisa mencapai tujuan gaya hidup ini.

Apakah Anda suka menghabiskan waktu berjam-jam di toko membuat furnitur, merajut sambil menonton TV atau mengantri di DMV, atau membuat sabun dan lilin wangi, mungkin Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi bisnis.

Dalam artikel ini kita akan melihat beberapa di antaranya hobi paling sederhana untuk menghasilkan uang, apa yang harus dipertimbangkan sebelum Anda terjun, dan bagaimana membangun bisnis Anda. Kami memiliki semua tips pemula yang Anda butuhkan untuk memulai ke arah yang benar.




Dari hobi menjadi bisnis dalam 6 langkah

Ubah hobi Anda menjadi bisnis dalam 6 langkah mudah

Sebagai penghobi, Anda mungkin tidak tahu harus mulai dari mana dari sudut pandang bisnis. Untungnya kami di sini untuk memandu Anda.

Pertama, validasi potensi hobi Anda dengan melakukan penelitian untuk melihat apakah ada permintaan untuk apa yang Anda tawarkan dan apakah itu akan menambah nilai di pasar. Kedua, putuskan apakah hobi Anda akan menjadi satu sambilan atau perusahaan penuh waktu. Anda juga bertanya pada diri sendiri apakah hobi itu berkelanjutan sebagai bisnis – dapatkah itu bertahan selama beberapa tahun?

Jika prospek awal menggembirakan, lakukan langkah-langkah berikut untuk mengubah hobi Anda menjadi bisnis:

1. Pilih model bisnis Anda

Pertama, tentukan jenis bisnis apa yang ingin Anda jalankan. Model bisnis mana yang Anda pilih bergantung pada sejumlah faktor, seperti:

  • preferensi kerja: Apakah Anda ingin bertanggung jawab untuk memproduksi produk Anda dan menjalankan bisnis Anda secara mandiri? Atau apakah Anda ingin seseorang membantu Anda dengan aspek tertentu dalam menjalankan bisnis baru Anda, mis. B. mengelola persediaan atau keuangan?
  • Produksi: Apakah Anda akan mengalihdayakan bagian-bagian dari proses produksi, mengelola produksi sendiri, atau menjual barang atau jasa jadi?
  • saluran penjualan: Apakah Anda menjual online, secara langsung, atau keduanya?

menulis rencana bisnis dapat membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini. Ini juga dapat membantu Anda menentukan hal-hal seperti jadwal peluncuran, dana yang dibutuhkan, dan persyaratan tambahan lainnya.

BACA JUGA:   Cara menyembunyikan Terakhir dilihat, foto profil, status dari kontak yang dipilih -

2. Tetapkan merek Anda

Selanjutnya Anda membutuhkan sebuah merek. Sebuah merek membedakan Anda dari penghobi yang berubah menjadi pengusaha dan memastikan Anda dapat terhubung dengan audiens target Anda.

Merek yang baik lebih dari sekedar nama dan logo perusahaan. Merek Anda harus mencerminkan nilai, sejarah, kepribadian, dan visi Anda untuk masa depan. Beberapa aset branding yang perlu Anda kembangkan antara lain:

  • suara merek (kepribadian yang Anda gunakan dalam konten Anda)
  • Panduan visual (font branding, warna, gambar, dll.)
  • Nilai merek (apa yang Anda perjuangkan)

Setelah Anda membuat aset ini, gunakan aset tersebut secara konsisten di semua saluran (dari email ke media sosial hingga kemasan produk) untuk mendapatkan pengakuan konsumen.

Buat merek untuk hobi

3. Jelajahi opsi pembiayaan

Jika bisnis Anda dimulai sebagai hobi, kemungkinan besar Anda sudah memiliki banyak peralatan yang dibutuhkan untuk membuat produk Anda. Namun, Anda mungkin memerlukan dana untuk meningkatkan beberapa mesin dan peralatan sehingga Anda dapat menangani permintaan yang meningkat.

Biaya pasti yang terkait dengan bisnis baru Anda akan bergantung pada jenis bisnis yang ingin Anda bangun. Misalnya, jika Anda seorang instruktur tari yang ingin mengemas rutinitas Anda ke dalam kelas virtual, ingatlah bahwa Anda memiliki biaya di muka untuk kamera dan peralatan pencahayaan.

Meskipun bisnis hobi biasanya didanai oleh pendirinya, dalam beberapa kasus Anda mungkin memerlukan hibah, pinjaman, atau pinjaman usaha kecil sumber modal untuk mendanai pembelian Anda. Cara lain untuk mengumpulkan dana adalah dengan: a kampanye penggalangan dana, tetapi untuk melakukannya, Anda perlu memberi gambaran kepada orang-orang tentang kontribusi mereka sebelum mereka memberikan donasi. Presentasi PowerPoint harus melakukan pekerjaan dengan baik.

4. Optimalkan ruang kerja dan proses Anda

Mengubah hobi Anda menjadi pekerjaan sering kali berarti membuat tempat kerja dan proses Anda seefisien mungkin. Meskipun sweater rajut pada awalnya mungkin terasa nyaman di sofa Anda, itu mungkin bukan cara yang paling efisien untuk memproduksi produk Anda secara massal.

Lihatlah ruang kerja Anda saat ini dan lihat apakah ada yang bisa Anda tambahkan untuk menskalakan operasi Anda. Mungkin Anda dapat berinvestasi dalam peralatan tambahan untuk meningkatkan produktivitas manufaktur. Mungkin Anda bisa mengubah aliran ruang kerja Anda untuk memenuhi kebutuhan ventilasi dan keamanan. Buat perubahan yang sesuai untuk memastikan Anda dapat tumbuh dan mendapat untung.

BACA JUGA:   Neo Plus Penghasil Uang Asli Review + Cara Daftar Lengkap

5. Pilih saluran penjualan Anda

Dengan proses produksi yang disederhanakan, Anda siap untuk mulai meningkatkan pendapatan. Saat ini ada sejumlah saluran distribusi yang dapat dipilih. Anda bisa mulai dengan itu Membuat situs web Anda sendiridi mana Anda dapat meng-host produk Anda dan memiliki kontrol penuh atas daftar email dan eksposur merek Anda.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memperluas jangkauan Anda dengan menjual di pasar populer yang terkait dengan hobi Anda. Sebagai contoh, Etsy sangat ideal untuk menjual barang-barang buatan tangan sambil Udemy sangat bagus untuk pembuat konten pendidikan. TikTok adalah titik awal bagi beberapa penghobi yang beralih merek — dan sekarang Anda bisa Jual di TikTok langsung melalui Shopify.

Saluran penjualan TikTok Shopify

Saluran penjualan yang tepat dapat membantu Anda menargetkan pembeli yang tepat, meskipun anggaran pemasaran Anda kecil.

6. Luncurkan dan promosikan merek Anda


Akhirnya, saatnya untuk memulai bisnis Anda. Buat postingan pengumuman agar semua orang tahu bahwa Anda mengubah hobi menjadi bisnis. Jika Anda telah menerima dukungan dari keluarga dan teman sebagai perajin, mulailah dengan pendukung tersebut untuk membangun merek baru Anda dari mulut ke mulut.

Anda juga dapat menawarkan langganan email sebelum peluncuran resmi Anda untuk menghasilkan buzz dan menumbuhkan pengikut dan daftar Anda. Perhatikan bahwa ada beberapa taktik pemasaran organik untuk penghobi yang berubah menjadi pengusaha dengan anggaran yang lebih kecil.

Hobi yang bisa dijadikan bisnis

1. Menulis

Menulis dan menerbitkan secara online berpotensi menjadi bisnis penuh waktu. Anda dapat memulai blog Anda sendiri dan menjual ruang iklan dengan memilih niche dan membangun audiens dari waktu ke waktu.

2. Memasak

Memasak adalah salah satu hobi yang bisa Anda ubah menjadi bisnis dengan berbagai cara Menjual bahan makanan sendiri untuk turun ke jalan dengan bisnis truk makanan.

BACA JUGA:   3 Cara Membuat Nickname Nama Kosong FF dengan Mudah

3. Musik

Ada beberapa cara Anda dapat menghasilkan aliran pendapatan dari hasrat Anda terhadap musik. Misalnya, Anda dapat merekam lagu Anda sendiri dan menjualnya di situs web atau platform Anda SoundCloud. Ide lain adalah membuat ketukan atau sampel yang dapat digunakan podcaster dalam outro mereka.

4. Berkebun

Berkebun adalah hobi yang bisa membuat Anda lebih sehat, bahagia, dan kaya. Kamu bisa jual hasil panen yang kamu tanam berdasarkan langganan atau untuk pembelian satu kali. Anda juga dapat menjual alat berkebun untuk membantu pelanggan Anda mengejar hasrat mereka sendiri untuk berkembang.

5. Kerajinan DIY

Apakah Anda suka bekerja dengan tangan Anda? Ada banyak hal yang dapat Anda buat dan jual: perhiasan, sabun, lilin, bom mandi, dan banyak lagi. Teman dan anggota keluarga Anda dapat menjadi pelanggan pertama dan pendukung terbaik Anda.

6. Fotografi

Meskipun Anda bisa menjadi fotografer lepas, pertimbangkan untuk menjual foto Anda sebagai stok foto atau cetakan untuk pekerjaan sampingan yang lebih terukur. Lihat panduan kami cara jual foto online untuk melihat lebih dalam tentang cara memonetisasi gambar Anda.

Hobby yang bisa dijadikan bisnis

Bangun karier yang Anda cintai

Mengubah hobi menjadi bisnis mungkin tampak menakutkan, terutama jika Anda belum pernah memulai bisnis sebelumnya. Tapi jangan khawatir. Setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang langkah-langkahnya, ini semua tentang terus belajar dan berkembang dari hari ke hari.

Tip terpenting yang bisa kami berikan adalah: Jangan takut gagal. Lakukan yang terbaik, tetap berpikiran terbuka dan Anda mungkin akan terkejut dengan apa yang Anda temukan.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?