In this article, learn a quick overview of currency correlations

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan gambaran lengkap tentang:

  • Pasangan mata uang utama yang berkorelasi positif
  • Pasangan mata uang utama yang berkorelasi negatif
  • Mengapa pasangan mata uang berkorelasi negatif atau positif
  • Bagaimana analisis fundamental dan teknis bekerja sama

Korelasi mata uang adalah analisis teknis statistik yang dapat memberikan wawasan kepada pedagang tentang bagaimana pasangan mata uang bergerak di antara atau melawan satu sama lain.

Korelasi positif terlihat ketika pasangan mata uang bergerak ke arah yang sama. Mereka berkisar dari 0 hingga 1 dan digambarkan sebagai berkorelasi kuat atau berkorelasi lemah tergantung di mana mereka berada di sepanjang rentang.

Korelasi negatif terlihat ketika pasangan mata uang bergerak berlawanan arah. Mereka berkisar dari -1 hingga 0. Pasangan mata uang berkorelasi negatif digambarkan sebagai kuat atau lemah tergantung di mana mereka berada dalam kisaran tersebut.

Rentang penuh korelasi mata uang adalah dari minus 1 hingga plus 1 dan dapat dinyatakan sebagai koefisien -0,90 atau sebagai persentase -90%. Catatan peringatan: dalam kondisi pasar tertentu, seperti B. volatilitas yang tidak biasa, mungkin ada penyimpangan dari korelasi rata-rata.

Mengapa pasangan mata uang berkorelasi negatif atau positif?

Secara umum, ada berbagai alasan untuk korelasi mata uang negatif dan positif, termasuk:

  • Hubungan ekonomi dan aliran mata uang antar negara
  • Hubungan Anda dengan USD, mata uang yang paling banyak diperdagangkan di dunia
  • Divergensi kebijakan moneter antara mata uang nasional
  • Mata uang kutipan dari satu pasangan mata uang adalah mata uang dasar dari pasangan mata uang lainnya

Titik pertemuan analisis teknis dan fundamental

Ada tumpang tindih antara analisis teknis menggunakan statistik dan grafik dan analisis fundamental menggunakan berita dan sentimen. Karena berita perdagangan yang menggerakkan pasar sering kali memicu pergerakan pasangan mata uang, hubungan antara analisis fundamental dan analisis teknis patut untuk dilihat lebih dekat.

Mari kita mulai dengan penjelasan tentang pasangan mata uang yang berkorelasi dan tidak berkorelasi, dan kemudian melihat skenario bagaimana mereka akan bereaksi selama acara berita perdagangan yang menggerakkan pasar.

Contoh pasangan mata uang yang berkorelasi positif

EURUSD dan GBPUSD biasanya dipandang sebagai pasangan mata uang yang berkorelasi positif, terkait dengan hubungannya dengan USD dan hubungan perdagangan dan moneter antara UE, Inggris, dan AS.

Contoh pasangan mata uang berkorelasi negatif

EURUSD dan USDCHF biasanya berkorelasi negatif, perhatikan bahwa harga kutipan dari pasangan mata uang pertama adalah harga kesepakatan dari pasangan mata uang kedua.

Poin kunci dalam contoh ini adalah kekuatan USD. Dalam skenario di mana USD lebih kuat terhadap EUR, pasangan EURUSD akan jatuh. Sebaliknya, jika USD naik terhadap CHF, pasangan USDCHF akan naik, yang mengarah ke korelasi negatif antara EURUSD dan USDCHF.

Contoh berita perdagangan pergerakan pasar

Mari kita lihat kembali contoh korelasi positif antara EURUSD dan GBPUSD dan masukkan ke dalam skenario berita perdagangan. Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan suku bunga (berita perdagangan) dan USD menguat terhadap EUR dan GBP (reaksi pasar). Akibatnya, EURUSD dan GBPUSD jatuh dan menunjukkan korelasi positif.

Ambil contoh korelasi negatif antara EURUSD dan USDCHF menggunakan skenario berita perdagangan yang sama. Keputusan suku bunga Federal Reserve menghasilkan USD yang lebih kuat, yang berarti EURUSD tenggelam dan USDCHF naik dan menunjukkan korelasi negatif.

Tingkat korelasi antara pasangan mata uang bervariasi, tidak tetap, jadi yang terbaik adalah memeriksa status korelasi saat ini sebelum menggunakan konsep ini dalam perdagangan Anda.

Untuk menyimpulkan tinjauan umum kami tentang korelasi mata uang, hubungan antara pasangan mata uang selalu berubah dan dapat digunakan untuk menginformasikan keputusan perdagangan setelah Anda memiliki cukup pengalaman. Untuk pemahaman yang lebih mendalam tentang topik ini dan bagaimana topik ini digunakan dalam perdagangan, lihat sumber daya tambahan dari Laksamana.

Lebih banyak sumber daya

Pengukur Kekuatan Mata Uang Forex – Indikator teknis untuk pedagang (admiralmarkets.com)

Webinar: Korelasi Mata Uang untuk Pemula | Sorotan Perdagangan

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang analisis fundamental? Bergabunglah dengan webinar gratis kami!

Webinar perdagangan gratis

Bergabunglah dengan webinar langsung yang diselenggarakan oleh pakar perdagangan kami

DAFTAR GRATIS

Materi ini tidak mengandung, dan tidak boleh ditafsirkan sebagai, saran investasi, rekomendasi investasi, tawaran atau ajakan transaksi apa pun dalam instrumen keuangan apa pun. Harap dicatat bahwa analisis perdagangan semacam itu bukanlah indikator yang dapat diandalkan untuk kinerja saat ini atau di masa depan karena keadaan dapat berubah seiring waktu. Sebelum membuat keputusan investasi, Anda harus meminta saran dari penasihat keuangan independen untuk memastikan Anda memahami risikonya.

BACA JUGA:   Fiat Currency: All One Needs to Know - R Blog