Lenovo Tab P11 Plus vs OPPO Pad Air vs Realme Pad

Pasar tablet Android sedang booming secara besar-besaran di pasar India. Segmen ini diisi dengan tablet terjangkau dan tablet premium. Tren terbaru adalah merek smartphone yang menawarkan tablet yang berfokus pada pengguna dengan harga terjangkau. OPPO dan Lenovo adalah merek terbaru yang akan menyegarkan katalog tablet Android mereka di tanah air dengan perangkat baru. OPPO bersiap meluncurkan tablet OPPO Pad Air, sementara Lenovo siap meluncurkan Tab P11 Plus di Tanah Air.

Baik OPPO Pad Air dan Lenovo Tab P11 Plus yang akan datang akan dirilis sebagai tablet Android kelas menengah di India. Karakteristik kedua tablet tersebut sudah dikenal sejak diumumkan di pasar internasional. Kami telah membandingkan tablet terbaik yang tersedia di pasar dalam hal perangkat keras dan harga untuk memudahkan Anda memutuskan pembelian berikutnya.

Pada artikel ini, kami membandingkan dua tablet mendatang yaitu OPPO Pad Air dan Lenovo Tab P11 Plus dengan salah satu tablet kelas menengah paling populer di tanah air bernama Realme Pad. Manakah dari tablet yang akan datang atau yang sudah ada yang harus Anda pertimbangkan sebagai pembelian tablet berikutnya? Baca artikel perbandingan ini untuk mempelajari:

Lenovo Tab P11 Plus Vs OPPO Pad Air Vs Realme Pad: Perbandingan Spesifikasi Layar

Tablet Android Lenovo Tab P11 Plus kelas menengah akan diluncurkan di India dengan layar besar 11 inci. Jenis layar yang digunakan oleh tablet Lenovo mendatang adalah LCD IPS standar, yang menawarkan resolusi layar 2K 1200 x 2000 piksel dan rasio layar-ke-tubuh 81,8 persen. Layar tablet Lenovo mendukung kecerahan puncak 400 nits, yang membuat visibilitas layak di bawah sinar matahari langsung.

BACA JUGA:   OPPO K10 5G dengan chipset Dimensity 810 tiba di India; Harga yang ditetapkan di bawah Rp. 20.000

OPPO Pad Air akan diluncurkan dengan layar 10,3 inci yang sedikit lebih kecil, yang juga akan menjadi panel IPS LCD yang mirip dengan Lenovo Tab P11 Plus dan Realme Pad. Layar OPPO Pad Air juga mendukung resolusi layar 2K 1200 x 2000 piksel dan kerapatan piksel 225 PPI. Panel OPPO Pad Air juga mendukung tingkat kecerahan puncak 360 nits, yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Lenovo Tab P11 Plus.

Realme Pad menawarkan spesifikasi tampilan yang identik dengan OPPO Pad Air dan Lenovo Tab P11 Plus. Tipe layarnya IPS LCD tapi ukuran layar disini 10,4 inci. Layar Realme Pad juga mendukung resolusi layar 2K 1200 x 2000 piksel dan memiliki kecerahan puncak 360 nits. Jenis dan fitur tampilan hampir serupa di ketiga tablet yang tercantum di atas. Namun, jika Anda membutuhkan ukuran layar yang lebih besar dan panel yang lebih cerah, Lenovo Tab P11 Plus adalah pilihan yang lebih baik.

Lenovo Tab P11 Plus Vs OPPO Pad Air Vs Realme Pad: Manakah yang Menawarkan Perangkat Kamera Lebih Baik?

Di sektor kamera, Lenovo Tab P11 Plus mengungguli dua model lainnya yakni Realme Pad dan OPPO Pad Air. Lenovo Tab P11 Plus hadir dengan sensor kamera utama 13 megapiksel di bagian belakang yang mendukung AF (auto focus). Sensor kamera belakang tablet Lenovo dapat merekam video pada 1080p@30fps. Pengaturan ini akan menangkap gambar yang jelas di siang hari bolong, sementara pengalaman foto cahaya rendah akan layak. Pada dua model lainnya, OPPO Pad Air juga akan debut dengan kamera belakang tunggal. Ini akan menampilkan kakap 8 megapiksel di bagian belakang yang juga mampu merekam video 1080p pada 30fps. Tablet Realme Pad juga dilengkapi kamera belakang 8MP yang sama dengan OPPO Pad Air, yang merekam video 1080p pada 30fps.

BACA JUGA:   Spesifikasi Oppo Reno 8 Lite, Reno 8 dan Reno 8 Pro bocor

Soal selfie kakap, Lenovo Tab P11 Plus diharapkan memiliki kamera 8MP untuk selfie. Sensor yang sama dikemas dalam Realme Pad untuk potret diri. Namun, OPPO Pad Air memiliki sensor 5MP yang lebih kecil untuk selfie dan video chat. Jika melihat data sheet, Lenovo Tab P11 Plus memiliki keunggulan dibandingkan dua model lainnya dalam hal fotografi.

Lenovo Tab P11 Plus Vs Realme Pad Vs OPPO Pad Air: Prosesor, Konfigurasi, UI

Lenovo Tab P11 Plus akan debut di pasar India dengan prosesor octa-core Helio G90T. Ini adalah prosesor mid-range, gaming-centric yang didasarkan pada proses manufaktur 12nm dan dikombinasikan dengan GPU Mali-G76 MC4 untuk menghasilkan grafik yang intens dengan mulus. Tablet terbaru Lenovo Tab P series dikabarkan akan tersedia dengan RAM hingga 6GB dan kapasitas penyimpanan internal 128GB.

Di sisi lain, OPPO Pad Air diperkirakan akan dikirimkan dengan chipset octa-core Snapdragon 680. Prosesor 4G dari Qualcomm ini didasarkan pada proses TSMC 6nm dan fitur dukungan GPU Adreno 610 untuk semua grafis. OPPO Pad Air hadir dengan opsi RAM 4GB dan 6GB. Kapasitas penyimpanan tablet OPPO anggaran mendatang juga akan mencapai 128GB, mirip dengan Tab P11 Plus.

Terakhir, tablet Realme Pad menggunakan chipset MediaTek Helio G80 octa-core. Ini juga merupakan prosesor game berbasis manufaktur 12nm dengan dukungan GPU Mali-G52 MPU. Anda dapat mengharapkan pengiriman daya yang serupa pada ketiga tablet Android dalam daftar ini.

Berbicara tentang firmware, baik Lenovo Tab P11 Plus dan Realme Pad menampilkan OS Android 11 yang lebih lama dengan UI khusus. Sebaliknya, OPPO Pad Air hadir dengan sistem operasi Android 12 yang lebih baru dengan antarmuka Color OS khusus.

BACA JUGA:   Teaser Resmi Realme Pad X 5G Mengonfirmasi Layar 2K, Pengisian Cepat 33W

Lenovo Tab P11 Plus Vs Realme Pad Vs OPPO Pad Air: kapasitas baterai, pengisian cepat

Lenovo Tab P11 Plus ditenagai oleh unit baterai 7.700mAh yang mendapat dukungan pengisian cepat 20W. Realme Pad hadir dengan unit baterai 7.100 mAh. Tablet ini memiliki kemampuan pengisian cepat 18W. OPPO Pad Air memiliki baterai dan kecepatan pengisian cepat yang sama dengan tablet Realme, yakni baterai dengan kapasitas 7.100 mAh dan dukungan pengisian cepat 18W.

Lenovo Tab P11 Plus Vs Realme Pad Vs OPPO Pad Air: Mana yang Bagus?

Dari ketiga model tersebut, Lenovo Tab P11 Plus sedikit lebih baik dari segi perangkat keras. Khususnya, kamera, baterai, dan spesifikasi pengisian cepat. Dengan tablet Lenovo dan OPPO Pad Air yang belum diluncurkan secara resmi di pasar India, sulit untuk memprediksi mana dari ketiganya yang menawarkan nilai uang terbaik di segmennya.