Pemasaran vs Periklanan: Definisi, Persamaan dan Perbedaan.

Kebanyakan orang percaya bahwa pemasaran dan periklanan tidak lebih dari sinonim. Bagaimanapun, mereka berdua mempertahankan pelanggan, menggunakan data untuk membuat keputusan, dan memenangkan pelanggan baru melalui strategi kreatif.

Tapi sementara definisi ini sebagian benar, itu gagal dalam banyak hal.

Pemasaran dan periklanan tidak hanya memiliki pendekatan, tujuan, dan anggaran yang sama sekali berbeda, keduanya memiliki dampak unik pada audiens target mereka. Misalnya, iklan yang buruk dapat membuat calon pelanggan menjauh dari suatu merek. Pemasaran yang buruk, di sisi lain, dapat menyebabkan penelitian sembarangan yang memperumit keputusan periklanan di masa depan.

Mari kita periksa persamaan dan perbedaan antara pemasaran dan periklanan, termasuk panduan untuk definisi dan formatnya.




menentukan pemasaran

Pemasaran mencakup taktik yang menemukan, melibatkan, dan mempertahankan pelanggan. Kadang-kadang dilihat sebagai istilah umum yang menyarangkan banyak proses bisnis di bawah satu departemen. Sebagai contoh, media sosial, pemasaran kontendan riset pasar semuanya berada di bawah pemasaran.

Pemasaran mengambil pendekatan relasional untuk mempertahankan pelanggan. Alih-alih menangkap prospek satu kali untuk satu penjualan, pemasaran bekerja untuk memelihara dan mempertahankan hubungan melalui interaksi merek yang kuat, pengalaman pelanggan yang hebat, dan layanan pelanggan yang positif.

Jenis Pemasaran Utama

Karena pemasaran adalah istilah yang luas, pemasaran mencakup banyak strategi, fungsi, dan pertimbangan yang berbeda. Banyak dari ini berfokus pada audiens yang lebih besar dan bertujuan untuk memandu pelanggan melalui perjalanan pembeli terkait.

Salah satu yang paling populer adalah pemasaran masuk, strategi yang berpusat pada pelanggan yang memberikan nilai kepada pelanggan melalui gambar, video, blog, dan banyak lagi. Tujuannya adalah untuk melakukan percakapan yang bermakna tentang merek yang pada akhirnya dapat menghasilkan kesepakatan—walaupun hal itu dilakukan tanpa dorongan dan dorongan dari penjualan tradisional.

Taktik pemasaran masuk mencakup tugas-tugas seperti:

  • Pengoptimalan Mesin Pencari (SEO)
  • Postingan Media Sosial
  • email Pemasaran

Di ujung lain spektrum, pemasaran keluar mengacu pada proses menemukan prospek dari perspektif yang lebih langsung. Daripada membuat dan mendistribusikan konten yang mendorong orang ke bisnis Anda (alias pemasaran masuk), strategi keluar mengirim pesan ke khalayak luas untuk melibatkan mereka dalam merek Anda.

BACA JUGA:   Bagaimana cara mengakses dan mengaktifkan SIM Toolkit di perangkat Android? -

Beberapa taktik keluar yang paling umum meliputi:

  • tempat radio
  • pemasaran acara
  • Jangkauan Dingin

Pemasaran vs Periklanan: Bagaimana Perbedaannya?

tentukan iklan

Periklanan adalah fungsi pemasaran yang mempromosikan pesan merek tertentu dengan sejumlah uang. Ini terutama berfokus pada singular panggilan untuk bertindak, seperti “beli sekarang” atau “telepon sekarang”. Iklan juga dapat digunakan untuk membangun kesadaran merek, mengikuti tren, atau menceritakan sebuah kisah.

Periklanan kurang berfokus pada hubungan dan lebih pada menarik perhatian. Ini adalah bentuk komunikasi satu arah yang tidak memungkinkan interaksi apa pun dari audiens. Setelah iklan menarik prospek, terserah pada tim pemasaran untuk memeliharanya dan mempertahankannya dari waktu ke waktu.

Jenis Periklanan Utama

Periklanan dapat dibagi menjadi dua kategori: periklanan digital dan periklanan tradisional. Sementara satu hanya dapat diamati melalui layar, yang lain hadir di dunia nyata.

  • Iklan digital membuat iklan melalui media digital – aplikasi game, situs web berita, media sosial, kotak masuk email, atau platform lainnya. Ini adalah bentuk iklan yang hampir ada di mana-mana yang digunakan oleh semua merek besar.
  • Periklanan tradisional menggunakan format cetak, termasuk papan reklame, slip pengiriman, dan iklan surat kabar. Tujuan utamanya adalah untuk menyebarkan pesan yang diterima secara umum kepada khalayak luas untuk menciptakan kesadaran akan produk, layanan, dan merek.

Ingatlah bahwa kedua pendekatan perlu diintegrasikan untuk menarik jumlah prospek tertinggi. Dengan berbagai macam saluran distribusi pilihan, menggunakan iklan tradisional dan digital bersama-sama memastikan semua audiens memiliki kesempatan untuk mendengar pesan Anda.

bagaimana iklan berbeda dari pemasaran

Bagaimana pemasaran dan periklanan serupa

Baik fitur pemasaran maupun periklanan digunakan untuk mencapai misi yang sama. Mari kita jelajahi beberapa kesamaan yang mereka bagikan di seluruh merek dan industri.

tujuan

Tujuan utama dari kampanye pemasaran dan periklanan adalah untuk menghasilkan pendapatan. Ini termasuk menangkap prospek, mendorong lebih banyak pembelian, dan mengumpulkan paling banyak penayangan dan duta merek. Keduanya sering bekerja dengan media digital dan menggunakan konten dan peristiwa terkini untuk keuntungan mereka.

BACA JUGA:   Varian India Tecno Spark 8P dengan RAM 7GB dan teknologi fusi memori -

strategi

Pemasaran dan periklanan sama-sama berfokus pada prinsip-prinsip utama promosi penjualan. Semua orang bekerja untuk membuat dan menyaring pesan yang paling masuk akal bagi audiens Anda dan meningkatkan hasil akhir Anda.

Komponen emosional, logis dan kreatif digunakan untuk menciptakan insentif yang meyakinkan untuk langkah selanjutnya.

riset

Data adalah bagian besar dari strategi pemasaran dan periklanan. Keduanya biasanya mengembangkannya sendiri dan bekerja sama untuk melakukan triase metrik dan melacak hasil positif.

Selain itu, riset pemasaran dan periklanan memiliki banyak indikator kinerja utama (KPI) yang penting. Ini termasuk:

Biaya

Baik pemasaran maupun periklanan mengambil persentase yang signifikan dari anggaran tahunan. Menurut statistik terbaru, biaya rata-rata pemasaran e-niaga berada di antara keduanya 7% dan 12%. Ini termasuk biaya iklan yang dimasukkan ke dalam anggaran pemasaran untuk merek e-niaga yang lebih kecil.

Selain itu, proses pemasaran dan periklanan membutuhkan waktu dan tenaga. Meskipun jenis pekerjaan tidak sering sama, upaya yang diperlukan untuk hasil positif pasti akan sama.

Bagaimana pemasaran dan periklanan berbeda

Semua bentuk periklanan adalah fungsi pemasaran, tetapi tidak semua strategi pemasaran memenuhi syarat sebagai periklanan. Mari kita periksa perbedaan utama mereka secara lebih rinci.

proses backend

Pemasaran mengambil banyak pekerjaan yang biasanya tidak diperhatikan. Melacak hasil kampanye, menemukan influencer, dan menyegmentasikan audiens hanyalah bagian dari harapan hariannya.

Periklanan adalah proses membawa pekerjaan back-end ke cahaya dengan memasukkan semuanya ke dalam paket kecil yang rapi. Tujuan utamanya adalah mengikuti peta jalan yang dibuat oleh departemen pemasaran yang lebih besar.

Anggap saja sebagai jalan satu arah versus jalan satu arah. Pemasaran bekerja untuk menciptakan percakapan dua orang antara merek dan konsumen. Di sisi lain, iklan lebih tentang menciptakan pesan yang berbicara ke dari pada Dengan penonton.

BACA JUGA:   Poco meluncurkan smartphone F4 5G pada 23 Juni: Lihat spesifikasi dan harga

Fokus Penelitian Utama

Departemen pemasaran menghabiskan waktu berjam-jam untuk meneliti, melacak, dan melacak semua kampanye pemasaran perusahaan. Ini mencakup strategi masuk dan keluar, serta format digital atau tradisional.

Riset periklanan hanya berfokus pada kampanye periklanan. Ini memungkinkan mereka untuk menggali lebih dalam konten, penerimaan, dan KPI produk akhir mereka, yang membantu memandu keputusan di masa mendatang. Mereka juga dapat melaporkan temuan mereka ke departemen pemasaran, yang bertindak sebagai dasar untuk semua data dan metrik.

total anggaran

Rata-rata, biaya departemen periklanan jauh lebih mahal daripada departemen pemasaran. Sebagian besar proses pemasaran hanya memerlukan pekerjaan atau data internal, sedangkan iklan keluar (misalnya iklan cetak) diperlukan tambahan modal.

Perlu diingat bahwa biaya ini sangat bervariasi. Merek yang hanya menjalankan satu atau dua kampanye iklan per bulan dapat berbelanja hanya $400– yang berarti departemen pemasaran mereka akan menghabiskan sebagian besar anggaran mereka.


Apakah bisnis Anda membutuhkan pemasaran dan periklanan?

Pemasaran dan periklanan bukanlah istilah yang dapat dipertukarkan. Namun, satu tidak dapat digunakan tanpa yang lain untuk membuat dampak nyata pada bisnis Anda.

Sejujurnya, perusahaan yang hebat membutuhkan cabang pemasaran dan periklanan untuk menjadi sukses. Meskipun pemasaran adalah departemen pengumpulan yang hebat untuk berbagai proses, periklanan sangat penting untuk membuat bisnis Anda terekspos di lingkungan yang berbeda. Keduanya harus diterapkan bersama-sama untuk memberi dampak pada merek Anda.

Pengetahuan yang baik tentang perbedaan antara pemasaran dan periklanan adalah langkah pertama yang baik ke arah ini. Dengan memanfaatkan kedua strategi bisnis, Anda diperlengkapi dengan baik untuk tumbuh dengan harapan pelanggan yang berubah.




Apakah Anda ingin tahu lebih banyak?