Lelang Spektrum 5G di India: Semua yang harus Anda ketahui tentangnya

Persaingan di sektor telekomunikasi akan kembali meningkat seiring rencana Grup Adani untuk meluncurkan layanannya. Faktanya, Kementerian Telekomunikasi telah mengumumkan bahwa Adani Data Networks, Vodafone-Idea, Bharti Airtel dan Reliance Jio telah menyatakan minat mereka dalam lelang spektrum 5G yang akan datang.

“Permohonan telah diterima dari … penawar untuk berpartisipasi dalam lelang tahun 2022 untuk hak pakai spektrum pada pita 600 MHz, 700 MHz, 800 MHz, 900 MHz, 1800 MHz, 2100 MHz, 2300 MHz, 2500 MHz, 3300 MHz dan 26 GHz ,” kata Departemen Telekomunikasi (DoT).

Secara khusus, DoT menjual frekuensi dalam 10 band, seperti B. Pita 26GHz, 600MHz, 700MHz, 800MHz, 900MHz, 1800MHz, 2100MHz, 2300MHz, 2500MHz, dan 3300MHz.

Bagi yang belum tahu, lelang spektrum dijadwalkan pada 26 Juli dan diperkirakan akan terjadi persaingan ketat untuk beberapa pita spektrum karena operator telekomunikasi yang ada mulai memperluas atau memperkuat posisinya.

Grup Adani di sektor telekomunikasi

Perkembangan ini dikonfirmasi oleh Grup Adani yang menyatakan telah mengajukan lelang frekuensi 5G. Perusahaan juga mengeluarkan pernyataan, mengatakan, “Ketika India bersiap untuk meluncurkan layanan 5G generasi berikutnya melalui lelang ini, kami adalah salah satu dari banyak aplikasi yang berpartisipasi dalam proses penawaran terbuka,” kata Adani Group.

“Kami berpartisipasi dalam lelang spektrum 5G untuk menyediakan solusi jaringan pribadi bersama dengan peningkatan keamanan siber di bandara, pelabuhan dan logistik, pembangkit listrik, transmisi, distribusi, dan berbagai operasi manufaktur,” tambah pernyataan itu. Ini jelas berarti Grup Adani tidak berniat meluncurkan layanan telekomunikasi di dalam negeri.

Adani Group: Persaingan di sektor telekomunikasi bisa meningkat

Di sisi lain, beberapa perusahaan pialang dan analis percaya Grup Adani kemungkinan akan meningkatkan persaingan dalam lelang, yang mengharapkan tanggapan yang blak-blakan.

BACA JUGA:   Tecno Pova 3 India dimulai di peta; Situs mikro Amazon mengonfirmasi layar 90Hz, baterai 7000mAh -

“Kami melihat aliran berita ini negatif bagi perusahaan telekomunikasi yang ada karena meningkatkan persaingan dalam penawaran lelang yang akan datang serta peluang jangka panjang untuk menargetkan bisnis,” kata BofA Securities dalam sebuah pernyataan.

“Namun, karena Grup Adani mengecualikan penawaran layanan mobilitas konsumen, kami yakin partisipasinya dalam lelang spektrum 5G akan dibatasi pada pita 3,5GHz dan 26GHz untuk penyediaan layanan jaringan 5G untuk bisnis swasta, kata Credit Suisse.

Pita spektrum dan ketersediaan

Perlu dicatat bahwa pemerintah diharapkan menerima 4,5 lakh crore melalui lelang spektrum. Selain itu, diharapkan peluncuran layanan akan dimulai pada Agustus atau September.

Selain itu, layanan ini diharapkan akan tersedia di 13 kota pada awalnya, termasuk Chennai, Gandhinagar, Pune, Gurugram, Delhi, Jamnagar, Hyderabad, Lucknow, Mumbai, Ahmedabad, Chandigarh, Bengaluru dan Kolkata. Namun, pada akhir 2022, jumlah itu kemungkinan akan meningkat menjadi antara 20 dan 25 kota, menurut DoT.

Postingan Lelang Spektrum 5G di India: Semua yang Harus Anda Ketahui tentangnya muncul pertama kali di Berita & Ulasan Smartphone Terbaru | Baca berita teknologi terbaru | GizBerikutnya.